Cara Menghemat Bensin Motor Matic

Tips ampuh dalam menghemat bahan bakar pada motor matic agar tidak mudah boros

Cara Menghemat Bensin Motor Matic – Praktis dan efektif adalah dua hal pokok yang menjadi kelebihan dari motor matic. Sehingga, tak ayal bilamana kendaraan bertransmisi otomatis tersebut menjadi lirikan banyak masyarakat di Indonesia.

Namun, satu masalah umum yang sering dikeluhkan oleh para pengguna kendaraan matic ini adalah soal borosnya bahan bakar.

Padahal, sebenarnya motor matic saat ini sudah dilengkapi sistem injeksi yang sepantasnya akan lebih irit dalam konsumsi bahan bakar.

Cara Menghemat Bensin Motor Matic

Dengan kata lain, ada potensi kesalahan yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar pada motor matic menjadi cepat boros atau habis.

Nah, di sinilah letak pentingnya kita untuk mencari tahu cara menghemat bensin motor matic supaya jadi jauh lebih efisien dan hemat. Sehingga, pengeluaran untuk membeli bahan bakar pun bisa lebih ditekan.

Terkait atas hal tersebut, ada beberapa tips jitu untuk menghemat konsumsi bahan bakar pada motor bertransmisi otomatis ini. Bagaimana caranya?

Mari, kita simak bersama ulasan lengkap dari cara menghemat bensin motor matic yang akan Mas Sena rangkum dalam langkah-langkah penghematan di bawah ini.

Cara Menghemat Bensin Motor Matic

Adalah hal penting bagi para pemilik motor matic untuk memahami cara berkendara yang tepat supaya bahan bakarnya menjadi lebih hemat. Berikut ini adalah beberapa cara menghemat bensin motor matic yang perlu untuk Anda kenali dan pahami.

Cara Menghemat Motor

Hindari Terlalu Sering Melakukan Pengereman Mendadak

Pertama-tama, cara menghemat bensin motor matic yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan meminimalisir atau menghindari pengereman secara mendadak.

Kecepatan berkendara sangat berpengaruh sekali pada konsumsi bahan bakar yang daya butuhnya tinggi. Apalagi, ketika dilakukan pengereman mendadak setelah melaju dengan kecepatan tinggi.

Ini justru akan membuat konsumsi daya bahan bakar pada kendaraan motor matic Anda menjadi cepat boros.

Oleh sebab itu, hindari penggunaan rem secara mendadak. Salah satunya dengan cara mencegah ngegas dalam tempo yang terlalu cepat.

Kurangi Menarik Gas secara Dadakan

Selain pengereman yang mendadak, cara menghemat bensin motor matic bisa dilakukan dengan menghindari atau mengurangi pengegasan secara mendadak.

Tak bisa dipungkiri bahwa sistem pada motor matic memiliki kinerja transmisi otomais. Dimana, secara otomatis, gigi perseneling akan berubah pada saat rpm berada pada level tertentu.

Maka dari itu, jika Anda berkendara dengan menarik gas motor secara mendadak, selain bisa merusak seker, tentu saja juga akan membuat besaran keluaran bahan bakar yang harus dikeluarkan pun bertambah besar.

Karenanya, sangat disarankan untuk menarik gas pada handle motor secara bertahap dengan kondisi kecepatan yang stabil. Sehingga, konsumsi bahan bakarnya pun menjadi lebih hemat dan efiisen serta tidak terbuang cuma-cuma.

Hindari Pemanasan Mesin Motor dalam Waktu Lama

Memanaskan mesin motor pada kendaraan skutik memang menjadi hal penting yang perlu dilakukan pada saat motor akan digunakan. Biasanya, memanaskan mesin ini dilakukan saat pagi hari.

Namun, ternyata memanaskan motor matic dalam kurun waktu yang lama, akan banyak bensin yang terbuang secara sia-sia.

Bukan tanpa alasan, sebagai kendaraan matic, tentu saja motor matic ketika dipanaskan harus diberdirikan dengan standar dua yang mana pada saat memanaskan mesin, ban belakang akan memutar sedikit ke depan yang merupakan dampak/efek daripada putaran mesin itu sendiri.

Ibaratnya, motor tersebut berjalan di tempat yang sangat berpotensi membuang bahan bakar.

Sehingga, disarankan untuk memanaskan motor matic hanya dalam waktu kurang lebih selama 5 menit saja. Dengan demikian maka Anda bisa menghemat lebih banyak bensin atau bahan bakar.

Tips Hemat Bahan Bakar Pada Motor Matic

Cek dan Bersihkan Komponen Filter Udara

Kemudian, cara menghemat bensin motor matic yang lain adalah dengan selalu melakukan pengecekan dan pembersihan pada bagian filter udara.

Karena, komponen yang satu ini ternyata memiliki pengaruh dalam soal efisiensi konsumsi bahan bakar pada kendaraan matic Anda.

Bukan tanpa sebab mengingat dalam prosesnya, jika filter udara sangat kotor dan banyak sekali debu maka akan memicu penyumbatan udara ketika masuk dalam sistem pembakaran melalui saluran intake.

Dengan demikian maka jusru bakal banyak sekali bahan bakar yang terbuang dengan begitu saja.

Oleh sebab alasan itu, sangat diperlukan sekali pengecekan secara rutin dan pembersihan berkala pada komponen filter udara ini demi penggunaan bahan bakar yang lebih efisien dan efektif tentunya.

Komponen Pengapian Harus dalam Keadaan Normal

Di sisi lain, Anda juga wajib memastikan bahwa komponen pada sistem pengapian dari motor matic Anda dalam kondisi yang prima.

Hal ini merupakan cara menghemat bensin motor matic terbaik, khususnya bagi motor yang masih menggunakan karburator.

Mengapa demikian? Sudah barang tentu dikarenakan bahwa dalam proses sistem pengapian yang bermasalah dapat memengaruhi aktivitas pembakaran bensin. Artinya, konsumsi bensinnya pun akan banyak berpengaruh pada sistem pengapian ini.

Semakin tidak beres maka pengapian menjadi kurang tepat guna yang memicu konsumsi bahan bakar yang kurang sempurna dan sia-sia.

Begitu pula sebaliknya, jika semakin baik kondisi komponen pengapian dengan demikian maka akan semakin efisien pula penggunaan bahan bakar.

Namun, sekali lagi ini dikhususkan untuk motor matic yang masih menggunakan karburator.

Cek dan Pastikan Tekanan Angin Ban Sudah Sesuai

Perlu Anda pahami bahwa kondisi tekanan udara atau angin pada ban motor matic Anda juga ternyata berpengaruh pada efisiensi bahan bakar.

Nah, untuk itu, cara menghemat bensin motor matic yang perlu dilakukan adalah dengan memastikan bahwa kondisi tekanan angin pada ban sudah sesuai.

Dengan kata lain bahwa kondisi tekanan ban di sini harus sedan dan tidak kempes. Karena, kurangnya tekanan udara pada ban menyebabkan mesin motor harus bekerja lebih keras untuk memutar ban.

Dalam kondisi seperti itu, sudah barang tentu akan banyak membutuhkan tenaga dan konsumsi bahan bakar secara lebih besar.

Maka dari itu, usahakan untuk membuat tekanan angin dalam kondisi sedang, tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu kempes.

Dengan demikian, setidaknya akan membuat kinerja mesin menjadi lebih ringan mengingat tekanan angin pada ban motor dalam kondisi yang pas dan sesuai.

Cara Menghemat Energi Bensin

Tak hanya itu saja, selain beberapa cara di atas, ternyata cara menghemat bensin motor matic yang perlu Anda pahami adalah dengan memilih bahan bakar yang kadar oktannya sesuai.

Maksudnya, sesuaikan kadar oktan bahan bakar dengan sistem kinerja mesinnya. Semakin sesuai dan tinggi kadar oktannya maka pembakaran pun menjadi sempurna dan konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih hemat.

Namun, dalam penyesuaian ini, akan lebih baik disesuaikan dengan tahun produksi tahun motor matic itu. Dimana, jika produksi tahun 2009 misalnya maka pada masa itu, mesin motor matic disesuaikan dengan oktan Premium dan Pertalite. Sehingga, kedua bahan bakar ini bisa menjadi pilihan.

Sedangkan, untuk produksi tahun-tahun baru ini, penggunaan Pertamax yang memiliki kadar okta lebih tinggi lebih direkomendasikan karena spesifikasi mesinnya disesuaikan dengan oktan tersebut.

Nah, demikian tadi ulasan lengkap mengenai beberapa cara menghemat bensin motor matic. Semoga tips ini bisa membawa manfaat untuk teman-teman sekalian. Sampai jumpa.

Bagan