Cara Menghilangkan Bercak Putih pada Body Motor

Tips ampuh mengatasi noda berupa bercak putih atau white spot pada bodi/cover motor secara efektif

Tips Mengatasi Bercak Putih di Bodi Motor – Sebagai salah satu kendaraan yang serbaguna dan multi fungsi, tentu saja motor menjadi pilihan bagi banyak orang.

Meski demikian, tentu Anda tak bisa melepaskan sisi penampilan bodi pada motor. Artinya, harus ada perawatan serius mengenai soal tampilan bodi fisiknya.

Karena, walaupun tidak berpengaruh pada sisi performa namun jika bodinya tidak terawat maka akan membuat penampilannya pun kurang menarik. Apalagi, jika ada bercak putih yang sering dialami oleh para pemilik kendaraan bermotor.

Bercak putih seperti ini tentu saja bukan muncul begitu saja. Melainkan dikarenakan bodi yang terkena air hujan namun tidak segera dibilas atau dibersihkan sehingga menguap dan mengering yang mana memicu tumbuhnya waterspot yang sangat mengganggu penampilan bodi motor.

Cara Menghilangkan Bercak Putih Pada Body Motor

Ini tentu saja merupakan dampak dari kurangnya perawatan motor saat musim hujan yang menyebabkan munculnya bercak seperti noda yang sangat sulit dihilangkan.

Lantas, bagaimana jika sudah terlanjur? Jangan khawatir kawan, tentu semua itu ada solusinya.

Nah, terkait solusi, berikut Mas Sena akan membantu teman-teman untuk mengatasi masalah bercak tersebut. Dimana, akan dirangkum dalam topik cara menghilangkan bercak putih pada body motor yang efektif dan bisa Anda lakukan secara mandiri.

Tips Mengatasi Bercak Putih Bodi Motor

Di sini, kita akan menelaah secara lengkap dan jelas bagaimana tips atau cara mengatasi noda bercak putih yang membandel pada permukaan bodi motor.

Menghilangkan Waterspot Bodi Motor

Gunakan Minyak Kayu Putih

Siapa sangka, ternyata minyak kayu putih merupakan salah satu bahan yang sangat efektif untuk mengatasi noda bercak putih atau waterspot pada bodi motor.

Langkah ini terinspirasi dari penggunaan minyak kayu putih untuk membersihkan layar smartphone yang biasa dilakukan di konter-konter hp.

Dimana, ternyata cara ini juga bisa diterapkan untuk menghilangkan bercak noda putih akibat air hujan di permukaan bodi motor.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu meneteskan sedikit minyak putih ke permukaan kain yang lembut dan bersih.

Lalu, bagian lap yang terkena tetesan minyak tadi, diusap pada beberapa bagian atau titik tertentu pada permukaan bodi motor yang terkena bercak putih tersebut.

Usap dengan gerakan memutar disertai sedikit tekanan. Lakukan beberapa kali sampai noda hilang.

Bersihkan Noda Bercak Bodi Motor dengan Cuka

Di sisi lain, langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bercak putih di bodi motor adalah dengan menggunakan cairan cuka.

Bahan dapur yang satu ini memang memiliki kandungan magnesium sekaligus kalsium yang sangat tinggi. Dimana, efeknya mampu menghilangkan noda membandel.

Cuka biasanya digunakan para pelukis untuk menghilangkan cat kering pada kanvas. Nah, dari situ, tentu saja cuka bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada bodi motor.

Nah, untuk penerapannya sendiri terbilang tidak terlalu rumit. Anda cukup mencampurkan cuka dalam porsi yang sama dengan air biasa dengan perbandingan 1:1.

Contohnya, bila Anda menggunakan cuka sebanyak 500 ml maka air yang digunakan juga 500 ml. Aduk sampai tercampur semua.

Lalu, untuk langkah selanjutnya, Anda bisa merendam spon yang ada di dalam campuran tersebut.

Jika sudah, gunakan spon yang terendam air cuka dan air biasa tadi untuk mengusap bagian permukaan bodi motor yang terkena noda waterspot. Biarkan dulu sampai mengering.

Bila diyakini sudah mengering maka segera cuci dan bilas bodi motor Anda dengan air bersih. Biasanya, jika nodanya tidak tidak terlalu keras, umumnya cukup 1 kali proses saja sudah cukup untuk membersihkannya. Namun jika noda keras, biasanya akan butuh pengulangan beberapa proses.

Mencegah Bercak Putih Di Bodi Motor

Gunakan Cairan Khusus Pembersih Cat

Nah, langkah lain yang bisa Anda lakukan dalam penerapan cara menghilangkan bercak putih pada body motor adalah dengan menggunakan cairan yang memang khusus digunakan untuk membersihkan cat.

Anda bisa membelinya di beberapa toko cat. Pilih produk yang memiliki kualitas terbaik dan bisa digunakan untuk bodi motor.

Langkah ini dinilai sebagai cara yang efektif untuk memastikan bahwa permukaan body motor benar-benar terbebas dari noda bercak putih membandel akibat proses penguapan dari air hujan.

Maka dari itu, untuk Anda yang benar-benar ingin mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa menggunakan cara ini, yakni dengan cairan pembersih khusus.

Caranya cukup mudah. Tuangkan sedikit cairan pembersih cat ke spon. Lalu, dengan spon tersebut, usap bagian permukaan bodi motor dengan gerakan memutar sambil ditekan.

Jika sudah, tunggu sekitar 5 menit. Kemudian, bersihkan dengan cara dibilas dengan air bersih sampai cairan yang menempel hilang.

Hanya saja, harganya sedikit lebih mahal ketimbang menggunakan beberapa langkah alternatif lainnya.

Memakai Polisher

Bila berbagai cara di atas tidak memberikan dampak atau hasil sama sekali maka mau tak mau cara lain yang terakhir adalah dengan menggunakan pemoles khusus atau polisher.

Cara ini memang menjadi langkah paling efektif dalam menghilangkan noda yang terlanjur keras dan menempel lengket di permukaan bodi motor.

Nah, sayangnya Anda tidak bisa memakai langkah ini sendiri. Bawalah ke bengkel khusus atau bisa juga ke salon mobil untuk membersihkan noda pada permukaan bodi motor yang membandel tersebut dengan polisher.

Bersihkan dengan Sabun Pencuci Piring

Dalam langkah lain, Anda juga bisa mencoba untuk membersihkan permukaan bodi motor yang terkena bercak putih tersebut dengan menggunakan sabun pencuci piring.

Karena, pada umumnya sabun seperti ini memang dirasa memiliki kandungan yang kemungkinan besar bisa menghilangkan noda membandel sebagaimana peralatan dapur yang kotor.

Maka dari itu, tak ada salahnya Anda untuk mencobanya sesekali bilamana memang belum ada bahan-bahan yang telah Mas Sena sebutkan di atas.

Caranya pun juga sangat mudah. Karena, Anda bisa melakukannya bersamaan dengan mencuci motor.

Hal pertama tentu bilas dengan air bersih secara menyeluruh. Kemudian, gunakan sabun piring yang telah dicampur dengan air bersih lalu usapkan pada setiap permukaan bodi motor.

Khusus untuk bodi yang terkena bercak, Anda bisa menggunakan cairan pencuci piring langsung dan diusap ke permukaan tersebut lalu diusap-usap dengan air bersih sampai benar-benar bersih.

Jika sudah, bilas sampai sabun tidak tersisa di sela-sela bagian motor agar tidak memicu tumbuhnya jamur maupun noda sabun.

Mengatasi Bercak Putih Motor

Jika melihat beberapa cara di atas, tentu saja salah satu langkah yang mungkin paling mudah untuk Anda lakukan adalah dengan menggunakan cuka maupun sabun pencuci piring.

Mengingat, kedua bahan tersebut mudah didapatkan dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Sehingga, bisa diterapkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan noda seperti spot putih pada motor yang disebabkan karena air hujan.

Nah, itulah tadi beberapa langkah atau cara menghilangkan bercak putih pada body motor yang bisa Anda coba salah satu. Tentu saja, Mas Sena harap langkah ini bisa menjadi inspirasi yang bermanfaat untuk teman-teman pecinta otomotif semua dimanapun berada.

Bagan