Cara Menghilangkan Jamur pada Cat Mobil

Kiat-kiat membersihkan jamur yang muncul pada cat mobil

Cara Menghilangkan Jamur pada Cat Mobil – Jamur yang muncul pada cat mobil tentu saja menjadi masalah bagi setiap pemilik mobil.

Bukan tanpa alasan, hadirnya jamur pada bagian bodi mobil tentu saja akan membuat tampilannya terlihat sangat kusam sehingga kurang menarik ketika dipandang.

Tentu saja, ini menjadi masalah tidak bisa disepelekan begitu saja mengingat jika dibiarkan begitu saja, jamur yang muncul di bagian bodi atau cat mobil bisa menyebar luas ke beberapa bagian.

Umumnya, jamur pada mobil ini dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya yakni karena adanya air yang menempel di bagian bodi namun tidak mengering sehingga memicu bercak putih sebagai indikasi tumbuhnya jamur.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Cat Mobil

Maka dari itu, diperlukan treatment sebagai langkah untuk mengatasi masalah jamur pada cat mobil ini agar tampilan eksteriornya kembali lebih bersih dan tampak mengkilap.

Nah, mengenai hal tersebut, Mas Sena akan berbagi cara untuk mengatasi jamur yang muncul di bagian bodi mobil tersebut.

Hanya saja, sebelum kita membahas cara menghilangkan jamur pada cat mobil tersebut, ada beberapa faktor penyebab yang memicu timbulnya jamur sebagai referensi untuk Anda ketahui.

Penyebab Jamur pada Bodi Mobil

Ada beberapa faktor yang memicu tumbuhnya jamur di bagian cat mobil. Antara lain adalah sebagai berikut.

Mengatasi Jamur Pada Bodi Mobil

Air Hujan yang Menempel

Penyebab yang sering menjadi pemicu timbulnya jamur pada cat bodi mobil adalah karena air hujan.

Karena, air hujan sendiri memiliki kandungan asam yang begitu tinggi yang diakibatkan karena adanya campuran debu dan polusi yang terserap oleh air hujan.

Ketika air hujan yang menempel pada mobil tidak dibersihkan atau dibilas maka dipastikan akan membuat cat pada mobil mobil ditumbuhi jamur yang membuat tampilannya tampak sangat kusam.

Sisa Air Bilasan

Selain karena air hujan, ternyata penyebab munculnya jamur pada mobil juga dipicu karena adanya air yang menempel di bagian bodinya.

Apalagi, bila kandungan TDS dalam air tersebut memiliki tingkat ppm yang tinggi, sudah barang tentu bakal memicu jamur yang tumbuh di area sekitar bodi yang terkena air tersebut.

Air di sini bisa saja dari air bilasan saat mencuci mobil namun tidak dikeringkan hingga sempurna sehingga menimbulkan kerak dan jamur.

Belum lagi dengan kandungan kaporit dalam air sumur yang cukup tinggi yang sangat berpotensi memicu tumbuhnya jamur hingga lumut. Ini tentu harus diperhatikan oleh para pemilik mobil untuk selalu menjaga cat mobil agar terhindari dari air supaya tidak menimbulkan jamur.

Cara Menghilangkan Jamur di Bodi Mobil

Berikut ini adalah langkah-langkah teknis sebagai cara menghilangkan jamur pada cat mobil yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Alat Dan Bahan Penghilang Jamur Bodi Mobil

Hilangkan Jamur Bodi Mobil dengan Alkohol

Cara pertama untuk membersihkan jamur yang muncul di cat pada bodi mobil adalah dengan menggunakan alkohol.

Bahan kimia yang satu ini diklaim sangat efektif untuk mencegah bahkan menghilangkan kerak dan jamur.

Untuk langkah-langkahnya, pertama-tama siapkan terlebih dahulu kain lembut dan alkohol 50% – 90%. Anda juga bisa menggunakan kapas sebagai pengganti kain.

Jika sudah, celupkan kain atau kapas tadi ke cairan alkohol. Pastikan cairan sudah menempel pada bagian kain.

Jika sudah, gosokkan di bagian atau area cat mobil yang tadinya terkena jamur. Gosok secara perlahan dengan gerakan memutar hingga jamur dapat hilang secara sempurna.

Bila sudah benar-benar bersih, segera lap bagian tadi dengan kain kering lembut dan bersih untuk menghilangkan bekas alkohol. Pastikan benar-benar tidak ada bekas cairan alkohol karena sangat berpotensi merusak cat jika menempel pada bagian cat.

Yang perlu diingat bahwa jangan sampai mengusap dengan air ketika sudah dibersihkan karena bisa memicu timbulnya jamur lagi.

Nah, untuk alkohol ini, Anda bisa menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol sebesar 70%.

Menghilangkan Noda Jamur Mobil dengan Pemutih Pakaian

Langkah lain sebagai cara menghilangkan jamur pada cat mobil adalah dengan menggunakan pemutih pakaian.

Ini merupakan trik yang sangat efektif untuk membersihkan jamur yang sudah lama menempel dan sulit dihilangkan.

Hal itu juga tak lepas dari kandungan disinfektan yang cukup tinggi pada pemutih pakaian sehingga bisa membunuh bakteri penyebab tumbuhnya jamur.

Sebagai langkah penerapannya, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu kain bersih dan pemutih pakaian. Bisa menggunakan Bayclean atau sejenisnya.

Kemudian, celupkan sedikit saja dari bagian kain tadi pada pemutih pakaian tersebut. Ingat, cairan pemutih pakaian ini dikenal memiliki bau yang sangat tajam. Sehingga, disarankan untuk tidak banyak-banyak mencelupkannya.

Selanjutnya, gosokkan kain yang telah terkena cairan pemutih tadi khusus di area bodi mobil yang terkena jamur. Gosokkan dengan gerakan memutar tanpa tekanan karena biasanya dalam waktu singkat, jamur-jamur yang sudah menempel akan rontok seketika.

Bila sudah, segera bilas area yang dibersihkan tadi menggunakan air bersih. Pastikan tidak ada bekas cairan pemutih pakaian yang menempel karena ini merupakan cairan keras yang bila terlalu lama menempel di bodi mobil justru akan merusak cat mobil itu sendiri.

Nah, jika sudah selesai, keringkan dengan menggunakan kanebo sampai benar-benar kering dan tidak ada bekas air bilasan.

Membersihkan Jamur di Cat Mobil dengan Air Tembakau

Di sisi lain, cara lain yang juga cukup efektif untuk menghilangkan jamur pada bagian bodi bisa dengan menggunakan air tembakau.

Caranya cukup mudah, pertama Anda siapkan saja satu genggam tembakau dari rokok lalu rendam di dalam air sekitar 20 menit. Pastikan air yang digunakan untuk merendam tembakau tersebut benar-benar bersih.

Setelah itu, gunakan air rendaman tembakau tadi untuk membersihkan area bodi mobil yang terkena jamur dengan menggosoknya menggunakan busa.

Lakukan berulang sampai jamur benar-benar hilang dan rontok. Langkah ini memang dirasa lebih lama dibandingkan dengan cairan pemutih pakaian. Namun, lebih aman karena bersifat organik yang tak akan merusak cat mobil.

Bila jamur sudah tidak tampak alias hilang, bilas dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan kain kanebo. Ingat, jangan keringkan langsung di bawah sinar matahari karena justru akan memicu masalah lain, seperti kerak misalnya dikarenakan kandungan air sumur yang mengandung kaporit.

Tips Mengatasi Jamur Pada Cat Mobil

Nah, selain cara menghilangkan jamur pada bagian bodi mobil di atas, Anda juga bisa melakukan langkah preventif atau pencegahan untuk meminimalisir timbulnya jamur.

Seperti dengan hindari memarkir di bawah terik matahari langsung. Atau, segera membilas mobil dengan air bersih setelah terkena air hujan. Langkah ini jauh lebih efektif untuk menekan tumbu atau timbulnya jamur yang biasanya dipicu karena air hujan.

Tentu saja, dengan memahami beberapa langkah di atas, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan jamur pada cat mobil ini di rumah.

Nah, kiranya sampai di sini dulu ulasan terkait tips perawatan pada cat bodi mobil agar terhindar dari jamur. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Bagan