Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Motor

Rangkaian tips jitu dalam membersihkan karat akibat krosi di beberapa komponen motor

Cara Menghilangkan Karat pada Motor – Di musim hujan, tentu saja setiap kendaraan membutuhkan perawatan yang lebih intensif, tak terkecuali pada sepeda motor.

Karena, di saat musim hujan, beberapa komponen pada motor sangat berpotensi sekali memicu timbulnya korosi pada sebagian komponen. Khususnya pada bagian tertentu yang berbahan material besi.

Maka dari itu, perlu perawatan khusus ketika motor sering digunakan untuk berkemudi saat musim hujan tiba. Lantas, bagaimana jika kondisi motor sudah mulai muncul indikasi korosi atau karatan? Khususnya di beberapa bagian mesin motor yang terbuat dari besi.

Cara Menghilangkan Karat Pada Mesin Motor

Jika memang demikian maka ada beberapa langkah teknis mengenai cara menghilangkan karat pada motor yang bisa Anda lakukan jika memang kondisinya sudah mulai menunjukkan ada tanda tanda karatan.

Dimana, cara membersihkan motor dari karat ini terbilang cukup mudah dan efektif sehingga tak salah bila Anda mencobanya secara mandiri di rumah.

Lalu, bagaimana caranya? Semakin penasaran ya kawan?

Tak perlu khawatir, sebab dalam sesi pembahasan kali ini, tips otomotif dari Mas Sena akan berbagi info mengenai cara menghilangkan karat pada mesin motor.

Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Motor

Dalam penerapan teknisnya, ada beberapa langkah terpadu dan mudah dilakukan sebagai cara menghilangkan karat pada mesin motor. Di antaranya adalah sebagaimana yang akan diungkap di bawah ini.

Cara Membersihkan Karat Pada Motor

Bersihkan dengan Menggunakan Bahan Bakar Pertamax Plus

Siapa sangka, ternyata salah satu cara menghilangkan karat pada mesin motor yang cukup efektif yakni dengan menggunakan Pertamax Plus sebagai bahan pembersihnya.

Caranya pun cukup mudah dan tidak terlalu ribet. Anda hanya cukup mencampurkan Pertamax Plus dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Jika tidak ada minyak solar, tidak masalah, cukup menggunakan Pertamax Plus saja.

Jika sudah tecampur maka langkah selanjutnya adalah dengan mengoleskan campuran minyak solar dan Pertamax Plus (Pertamax Plus saja) tersebut pada bagian motor yang mulai menunjukkan adanya indikasi korosi atau karat.

Kemudian, gosok dengan menggunakan sikat seperti sikat gigi atau sikat kawat. Sikat sampai bersih dan karat mengelupas.

Lalu, lap dengan kain kering kemudian bilas menggunakan air bersih sampai bekas minyak atau Pertamax Plus tadi menghilang.

Memakai Oli Bekas

Tidak ada salahnya bagi Anda yang mencoba mencari cara menghilangkan karat pada mesin motor untuk menggunakan oli bekas sebagai bahan penghilangnya.

Karena, meskipun kondisi oli bekas sudah tak layak dan banyak menimbub berbagai kotoran namun kandungan dalam oli itu sendiri dinilai cukup efektif untuk membersihkan korosi pada beberapa komponen mesin motor.

Caranya juga tidak rumit. Yakni siapkan oli bekas pada wadah dan siapkan sikat kawat atau sikat gigi bekas.

Oleskan pada beberapa bagian komponen mesin motor yang terkena karat. Jika sudah terolesi semua secara merata, jangan langsung disikat dulu. Namun, hidupkan mesin motor selama 2 menit.

Langkah ini cukup efektif dalam menghilangkan karat melalui panas mesin motor, oli akan membantu meluruhkan karat pada motor.

Di satu sisi, pada bagian dalam seperti lubang knalpot juga bisa Anda bersihkan pula dengan oli bekas ini. Cukup mudah bukan?

Setelah dirasa semua karat sudah mengelupas maka langkah selanjutnya Anda tinggal menyikat bagian komponen mesin motor yang terolesi oli bekas tadi sampai bersih. Lalu bilas dengan air dan sabun agar oli bekas yang masih menempel bisa cepat hilang.

Bersihkan Karat Motor dengan Pembersih Porselin

Cara menghilangkan karat pada mesin motor yang bisa Anda lakukan yakni dengan menggunakan cairan pembersih porselin.

Kenapa? Untuk membersihkan kerak pada porselin saja bisa, tentu saja untuk menghilangkan karat pada mesin motor pun juga kemungkinan besar sangat bisa sekali/

Untuk langkah penggunannya yaitu Anda perlu mengoleskan cairan pembersih keramik atau porselin tersebut pada bagian motor yang sudah berkarat

Jika sudah maka diamkan beberapa saat dan gosoklah dengan sikat gigi bekas atau sikat kawat hingga karat benar-benar hilang.

Kemudian, bila karat sudah benar-benar hilang, Anda hanya cukup membilas bagian yang terkena karat tadi dengan air bersih sampai cairan keramik benar-benar hilang. Karena, sedikit sisa cairan saja maka akan memicu timbulnya kerak baru sebagai akibat dari endapan cairan pembersih porselin tersebut.

Maka dari itu, usahakan untuk tidak menggunakan pembersih keramik saat membersihkan area blok mesin karena akan berdampak kurang baik.

Anda hanya perlu menggunakan cairan ini pada beberapa bagian tertentu saja yang sekiranya aman dan tidak menimbulkan dampak buruk.

Bahan Untuk Menghilangkan Korosi Pada Mesin Motor

Hilangkankan Karat pada Motor dengan Pasta Gigi

Memang, belum begitu banyak hasil dari penggunaan pasta gigi sebagai cara menghilangkan karat pada mesin motor. Namun tidak ada salahnya jika langkah ini dicoba karena tidak menimbulkan dampak atau efek samping yang serius.

Untuk langkah pembersihannya juga sangat mudah sekali sehingga bisa dicoba di rumah.

Nah, pertama-tama, Anda harus mengoleskan pasta gigi di bagian beberapa komponen pada mesin motor yang berkarat. Kemudian, tunggulah sekitar 2 menit saja lalu segera gosok dengan kain lap atau sikat gigi bekas.

Hanya saja, cara penggunaan pasta gigi dalam membersihkan korosi seperti ini memang terbilang tidak instan. So, Anda tentunya perlu mencobanya hingga beberapa kali agar karat benar-benar hilang.

Meski demikian, tetap saja langkah ini merupakan salah satu cara terbaik dalam tips membersihkan karat atau korosi pada beberapa komponen sepeda motor.

Menggunakan Cuka sebagai Pembersih Karat Mesin Motor

Di sisi lain, cara membersihkan karat pada mesin motor yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan air cuka.

Sebagaimana kita tahu bahwa cuka merupakan cairan yang dikenal ampuh dalam urusan membersihkan lemak pula. Namun, ternyata cairan cuka bisa digunakan untuk membersihkan karatan pada motor.

Caranya juga tidak rumit. Anda hanya perlu meneteskan air cuka beberapa tetes pada lap kering. Kemudian, oles dan usapkan pada bagian atau komponen yang terkena karat tadi.

Jika sudah, diamkan sejenak sekitar 1 – 2 menit lalu sikat dengan menggunakan sikat gigi bekas maupun sikat kawat.

Lakukan hal ini berkali-kali jika karat masih sulit dihilangkan. Karena pada dasarnya air cuka akan berfungsi sebagai pembersih karat jika dilakukan berkali-kali, khususnya pada bagian yang terlanjut mengalami korosi parah. Bagaimana? Cukup mudah dan simple kan?

Tips Membersihkan Karat Motor

Nah, itulah beberapa langkah terbaik dari cara menghilangkan karat pada mesin motor yang sangat patut untuk Anda coba sendiri di rumah.

Selain beberapa langkah di atas, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan cairan tertentu yang khusus digunakan untuk membersihkan korosi. Namun, tak salah jika cara mudah dan murah di atas bisa Anda coba terlebih dahulu.

Agaknya sampai di sini dulu ya teman-teman ulasan tips otomotif ini. Mas Sena berharap semoga informasi mengenai cara menghilangkan karat pada mesin motor di atas bisa menjadi langkah alternatif yang efektif dan efisien dalam merawat kondisi motor Anda. Sekian dan sampai berjumpa kembali.

Bagan