Cara Menghilangkan Karat pada Mobil

Beberapa langkah atau tips jitu menghilangkan sekaligus menghilangkan karat pada mobil

Cara Menghilangkan Karat pada Mobil – Karat pada mobil tentu menjadi momok yang cukup menyebalkan bagi sebagian besar orang. Namun, mau tak mau, karat pada mobil akan datang menghampiri pada bagian mobil, terutama yang berbahan logam.

Wajar saja mengingat seiring waktu karena logam di baliknya terpapar udara dan kelembaban maka secara proses kimiawi akan mengalami oksidasi atau korosi yang berupa karat.

Meski demikian, tentu ada beberapa tindakan pencegahan yang efektif. Seperti dengan melakukan perawatan pada bagian-bagian berbahan logam yang berpotensi memicu timbulnya karat, seperti dengan memasang anti karat tambahan. Tetapi, bagaimana jika sudah terlanjur?

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil

Tentu saja ada cara menghilangkan karat pada mobil yang bisa Anda lakukan sendiri secara mandiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Ini tentu menjadi tips dalam dunia otomotif yang sangat bermanfaat bagi Anda yang mobilnya terkena karat.

Karena, prinsip dari penerapan cara menghilangkan karat pada mobil sama dengan mengatasi karat pada benda lain yang berbahan logam.

Mau tahu? Yuk, kita simak bersama saja ulasan dari Mas Sena yang akan berbagi tips mengenai bagaimana cara menghilangkan karat pada mobil.

Cara Menghilangkan Karat pada Mobil

Menerapkan cara menghilangkan karat pada mobil sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Hanya dengan perlakuan sederhana, Anda bisa mengatasi mobil yang mulai berkarat. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Menghilangkan Noda Karat Pada Cat Mobil

Menghilangkan Karat Mobil dengan Cuka

Bahan yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan cara menghilangkan karat pada mobil adalah dengan menggunakan cuka.

Hal ini dikarenakan bahwa cuka mengandung zat berupa asam sitrat atau asam asetat yang sangat efektif sekali menghilangkan karat yang diakibatkan proses korosi pada bagian mobil yang berbahan logam.

Untuk mempraktekannya, Anda perlu menyiapkan cuka, air bersih, sikat, dan lap halus. Setelah itu, bongkar bagian mobil yang terkesan karat. Jika memungkinkan, Anda bisa merendam bagian mobil yang terkena karat tersebut dalam cairan cuka yang sudah dicampur dengan air.

Perendaman bisa dilakukan dalam kurun waktu 2 hari. Namun, jika tampaknya masih belum hilang, Anda bisa merendamnya lagi lebih dari 2 hari.

Jika perendaman dirasa sudah cukup maka usahakan untuk membersihkan bagian yang berkarat dengan air cuka dan sikatlah bagian yang berkarat sampai bersih. Lalu, berishkan dengan lap bersih yang lembut.

Langkah ini dirasa efektif untuk menghilangkan karat pada bagian mobil yang berbahan logam.

Mengatasi Karat pada Mobil dengan Jeruk Nipis atau Lemon

Selanjutnya, bahan yang bisa dijadikan sebagai praktek dalam cara menghilangkan karat pada mobil adalah dengan menggunakan buah lemon atau jeruk nipis.

Cara ini dirasa efektif mengingat kandungan dalam buah lemon atau jeruk nipis hampir sama dengan cairan cuka yang begitu ampuh mengatasi karat pada mobil.

Untuk penerapannya cukup mudah. Pertama, taburi dulu bagian yang berkarat dengan garam dapur sampai merata. Diamkan sejenak sekitar 2 menit.

Kemudian, rendam dalam air perasan jeruk nipis atau air lemon selama kurang lebih sehari saja.

Jika sudah maka gosok bagian yang berkarat dengan menggunakan penggosok aluminium yang biasa digunakan untuk cuci pirin guna mengikis sisa-sisa karat yang masih menempel.

Akan tetapi, jika karat masih belum hilang, rendam lagi dengan takaran perasan jeruk nipis atau lemon yang lebih banyak agar karat mudah terkelupas.

Cara yang satu ini dirasa cukup mudah mengingat buah jeruk nipis dan lemon adalah bahan yang cukup mudah didapatkan di pasar buah.

Mengikis Karat pada Mobil dengan Baking Soda

Siapa sangka, ternyata baking soda juga menjadi bahan dapur yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan karat pada mobil. Bahan ini cukup efektif guna mengaplikasikan cara menghilangkan karat pada mobil.

Perlu diketahui bahwa baking soda memiliki kandungan bahan aktif yang mana sangat kuat dalam menghilangkan karat pada bagian mobil, khususnya yang berbahan logam.

Nah, untuk penerapan cara penggunaan baking soda guna menghilangkan karat pun sangat mudah.

Bukan tanpa alasan mengingat Anda hanya perlu mempersiapkan sikat atau lap khusus yang sudah dibasahi di dalam campuran air baking soda untuk menyikat atau menggosok bagian yang terkena karat di mobil sampai karatnya benar-benar hilang.

Langkah seperti ini bisa Anda pilih sebagai alternatif lain jika tidak ada jeruk nipis/lemon dan air cuka.

Cara Menghilangkan Karat Di Mesin Mobil

Mengecat Ulang Mobil

Mengecat ulang pada mobil adalah salah satu cara menghilangkan karat pada mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Langkah ini dirasa menjadi tips paling akhir jika memang karat tidak bisa dihilangkan dengan mudah.

Namun, konsekwensinya, Anda harus mengecat merata pada setiap bagian mobil agar tidak terjadi blepong. Tentu saja, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit jika pengecetan ini dilakukan.

Menghilangkan Karat dengan Penggunaan Dempul

Ini merupakan salah satu cara menghilangkan karat pada mobil yang bisa Anda lakukan juga.

Hanya saja, langkah perbaikan mobil dari karat seperti ini tentu memerlukan bantuan teknis dari tukang dempul. Sehingga, karat bisa dihilangkan dengan pendempulan seperti ini.

Hanya saja, tak berbeda jauh dengan pengecatan, tentu saja dibutuhkan dana yang tidak sedikit sekaligus waktu yang lebih lama.

Meski demikian, langkah seperti ini dirasa sudah cukup efektif untuk menunjang sekaligus memaksimalkan pembersihan karat pada mobil.

Pembersihan Karat Mobil dengan Sabun Pencuci Piring (Sunlight)

Selain itu, cara menghilangkan karat pada mobil yang bisa Anda lakukan yakni dengan mencucinya menggunakan sabun pencuci piring, seperti Sunlight atau Mama Lemon.

Kenapa? Karena, sabun pencuci piring memiliki kandungan bahan aktif yang tak berbeda jauh dengan kandungan pada bahan jeruk nipis maupun lemon.

Nah, untuk penerapannya pun cukup sederhana sebagaimana mencuci mobil seperti pada umumnya. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, saat pencucian menggunakan sabun, tambahkan sedikit garam dapur juga.

Penambahan garam dapur ini diharapkan mampu menambah daya pembersih dalam kandungan sabun pencuci piring. Sehingga, tanpa perlu merendamnya, karat bisa hilang secara maksimal.

Namun, hanya saja cara menghilangkan karat pada mobil ini dilakukan saat terjadi gejala awal yang mengindikasikan adanya karat karena korosi.

Cara Membersihkan Sasis Mobil

Di samping itu, perlu untuk dipahami bahwa selain beberapa cara menghilangkan karat pada mobil seperti yang telah diungkap di atas, agaknya Anda bisa melakukannya dengan cara menyikat menggunakan odol atau pasta gigi.

Karena, kandungan dalam pasta gigi cukup mampu berperan dalam membersihkan karat pada mobil. Ini tentu menjadi salah satu cara efektif yang mudah dan tidak terlalu sulit untuk diterapkan.

Tak sampai di situ saja, bahkan cara menghilangkan karat pada mobil sendiri pun bisa Anda lakukan dengan membawanya ke bengkel khusus bodi. Langkah ini adalah proses puncak jika memang benar-benar karat tidak bisa hilang dengan menggunakan bahan-bahan yang telah Mas Sena sebutkan di atas.

Nah, sampai di sini dulu ulasan mengenai cara menghilangkan karat pada mobil yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Semoga tips otomotif ini bisa jadi referensi yang bermanfaat. Sekian dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan