Cara Mengkilapkan Body Motor Sampai Kinclong tanpa Noda

Langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk mengkilapkan body motor sampai kinclong tanpa noda dengan mudah dan murah.

Cara Mengkilapkan Body Motor – Sepeda motor menjadi salah satu barang yang menemani kegiatan kita sehari – hari, dari matahari terbit sampai langit kembali menghitam.

Oleh karena itu, kemungkinan body motor tersebut dipenuhi dengan noda – noda yang membuat tidak mengkilap sangatlah besar.

Selama ini, mungkin di pikiran teman – teman cara mengkilapkan body motor sampai kinclong tanpa noda membutuhkan biaya yang mahal, seperti halnya orang yang pergi ke salon.

Cara Mengkilapkan Body Motor

Namun, tanpa kita sadari bahwa body sepeda motor dapat mengkilap kembali dengan perawatan atau penanganan benda – benda yang berada di sekitar kita, yang tentunya murah dan mudah didapatkan.

Lalu, bagaimana cara mengkilapkan body motor sampai kinclong tanpa noda ini secara efektif? Tenang saja, Mas Sena akan memberikan tips dan trik yang dapat teman – teman aplikasikan dalam motor kesayangan anda.

Cara Mengkilapkan Body Motor

Hindari Menggunakan Detergen

Mungkin detergen memiliki kemampuan efektif dalam urusan membersihkan pakaian sampai kinclong, tanpa noda sekalipun.

Namun, tampaknya fungsi dari detergen tersebut tidak dapat digunakan untuk menghilangkan noda yang berada di permukaan body motor.

Hal ini dikarenakan detergen dapat membuat warna cat permukaan body motor menjadi pudar.

Terlebih, detergen yang mengandung senyawa – senyawa seperti NaOh (Sodium Hidroksida), HCl (Acid Hidroklorida), dan KOH (Potassium Hidroksida) yang sangat memungkinkan menghilangkan cat yang berada di body motor.

Oleh karena itu, Mas Sena sarankan agar teman – teman menghindari menggunakan detergen untuk mengkilapkan body motor sampai kinclong tanpa noda.

Hindari Terkena Sinar Matahari dalam Waktu Lama

Sinar matahari yang memiliki kandungan ultraviolet dapat berdampak kurang baik bagi body motor.

Hal ini dibuktikan dengan motor yang terkena sinar matahari dalam waktu lama akan memiliki warna body yang memudar.

Selain itu, suhu panas yang diakibatkan oleh sengatan sinar matahari dapat mengakibatkan pernis cat motor menjadi retak – retak.

Oleh karena itu, sebagai cara untuk menjaga body motor tetap mengkilap Mas Sena sarankan agar teman – teman memilih tempat parkir yang teduh bagi motor kesayanagan teman – teman semua.

Cuci Motor Setelah Kehujanan

Motor yang digunakan dalam kondisi hujan sebaiknya langsung dicuci untuk tetap menjaga kilap body motor agar kinclong tanpa noda.

Cara Mengkilapkan Body Motor Yang Kusam

Hal ini dikarenakan air hujan dapat membuat permukaan – permukaan motor menjadi lebih mudah berkarat apabila tidak langsung dicuci. Hal ini dikarenakan air hujan tersebut mengandung senyawa asam nitrat.

Dalam hal ini, Mas Sena tekankan kepada teman – teman agar tidak mengelap body motor setelah kehujanan. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan goresan – goresan dalam permukaan motor yang diakibatkan debu – debu yang terbawa air hujan.

Oleh karena itu, sebagai solusi untuk mengkilapkan body motor sampai kinclong tanpa noda Mas Sena sarankan untuk langsung cuci motor setelah kehujanan.

Cuci Motor Secara Rutin

Mencuci motor secara rutin dapat efektif membuat body motor mengkilap tanpa noda.

Hal ini dikarenakan dengan mencuci motor secara rutin, debu – debu dan kotoran yang menempel di permukaan body motor tidak menumpuk dan membuat kusam.

Dalam hal ini, Mas Sena menyarankan teman – teman untuk mencuci motor secara rutin sebanyak 1 – 2 kali seminggu.

Keringkan Motor Setelah Dicuci

Setelah mencuci motor, baik karena kehujanan atau secara rutin dilakukan, sebaiknya teman – teman keringkan motor kesayangan teman – teman sampai tidak ada air yang tersisa.

Hal ini dikarenakan adanya air – air yang tersisa di permukaan body motor dapat mengakibatkan munculnya bercak – bercak yang dapat membuat warna motor menjadi pudar.

Gunakan Kompon

Kompon yang memiliki bentuk seperti gel atau pasta terbukti ampuh dalam menghilangkan goresan – goresan kecil yang berada di body motor.

Body Motor Kinclong Secara Alami

Cara mengkilapkan body motor sampai knclong tanpa noda dengan menggunakan kompon adalah menggosok body motor teman – teman dengan kompon secara beberapa kali.

Dalam hal ini, kompon yang dioleskan ke permukaan yang terdapat goresan tidak usah banyak – banyak, sedikit saja sudah cukup. Hal ini dikarenakan penggunaan kompon yang terlalu banyak dapat membuat cat motor mengelupas.

Setelah kompon tersebut dioleskan ke body motor, selanjutnya teman – teman menggosok body motor tersebut menggunakan kain yang lembut secara memutar.

Setelah goresan – goresan tersebut hilang, dapat teman – teman ulang lagi agar body motor menjadi kinclong.

Untuk teman – teman yang masih penasaran dimanakah kita dapat mendapatkan kompon ini, Mas Sena sarankan untuk pergi ke toko bangunan atau toko cat terdekat.

Gunakan Beeswax

Selain dapat digunakan untuk produk – produk kecantikan, beeswax memiliki fungsi yang efektif dalam mengkilapkan body motor sampai kinclong tanpa noda dengan hasil yang tidak diragukan lagi.

Terlebih lagi, banyak produk – produk yang digunakan untuk perawatan body motor yang di dalamnya memiliki kandungan beeswax.

Oleh karena itu, Mas Sena memiliki saran untuk menggunakan beeswax sebagai cara mengkilapkan body motor sampai kinclong tanpa noda.

Gunakan Minyak Goreng

Mungkin teman – teman berpikiran bahwa menggunakan minyak goreng untuk mengkilapkan body motor sampai kinclong tanpa noda adalah cara yang kurang masuk di nalar.

Namun siapa sangka, minyak goreng ini dapat mengkilapkan body motor. Dalam hal ini, teman  teman dapat menggunakan minyak goreng setelah teman – teman mencuci motor.

Hal ini dikarenakan tidak ada fungsinya apabila minyak goreng yang telah kalian oleskan ke bagian body motor kemudian terkena air.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengkilapkan body motor menggunakan minyak goreng adalah menggosok bagian – bagian yang bernoda, terutama yang memiliki motif kulit jeruk dengan bantuan kain kering halus yang bersih.

Mas Sena ingatkan bahwa minyak goreng yang dapat digunakan untuk mengkilapkan body motor adalah minyak goren yang masih baru, bukan yang bekas.

Gunakan Minyak Kayu Putih

Selain minyak goreng, minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk mengkilapkan body motor sampai kinclong tanpa noda.

Langkah – langkah yang dapat dilakukan dengan cara mengelap seluruh permukaan body motor menggunakan kain kering yang lembut dan bersih.

Setelah itu, oleskan minyak kayu putih ke dalam kain, kemudian gosok body motor secara perlahan.

Lapisi Body Motor dengan Skotlet

Melapisi seluruh body motor dengan menggunakan skotlet atau stiker transparan dapat menjaga permukaan body motor tetap mengkilap.

Cara Mengkilapkan Body Motor Dengan Kit

Dengan penggunaan skotlet ini, body motor akan terlindungi dari goresan – goresan maupun sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh sengatan sinar matahari.

Selain itu, penggunaan skotlet dalam body motor juga dapat membuat motor kesayangan teman – teman lebih enak dan menarik dipandang.

Hanya saja, perlu biaya yang tidak sedikit untuk melapisi seluruh bagian body motor dengan menggunakan skotlet.

Dalam hal ini, teman – teman perlu menyiapkan mahar sebesar Rp 300.000 sampai dengan Rp 500.000 yang tergantung dengan jenis motor.

Demikian tips dan trik yang dapat Mas Sena bagikan mengenai cara mengkilapkan body motor sampai kinclong tanpa noda dengan menggunakan barang – barang di sekitar kita yang mudah dan murah didapatkan.

Semoga, dengan tambahan informasi ini motor kesayangan teman – teman tetap mengkilap dan enak dipandang maupun digunakan.

Bagan