Cara Mengkilapkan Cat Motor yang Kusam

Tips jitu untuk membuat bodi motor menjadi lebih mengkilap dan tidak kusam

Cara Mengkilapkan Cat Motor – Tak bisa dipungkiri bahwa penampilan sepeda motor memang menjadi salah satu hal yang perlu mendapat perhatian dari si pemilik.

Tentu saja, perhatian terhadap kondisi penampilan pada bodi motor menjadi ini adalah hal yang tak bisa dilepaskan saja. Sehingga, diperlukan perawatan untuk memelihara penampilan sisi eksterior.

Salah satunya yakni cara mengkilapkan cat motor yang tampak kusam. Terutama pada beberapa motor yang sudah dipakai dan berumur. Jadi, meskipun sudah lama tentu saja penampilan bodi motor masih bisa tampak mulus seperti baru jika tahu cara perawatannya.

Cara Mengilapkan Cat Motor

Di sinilah letak pentingnya Anda memahami cara mengkilapkan cat motor agar penampilan bodinya menjadi terkesan lebih fresh dan tampak terawat.

Lalu bagaimana sih cara untuk membuat bodi motor menjadi mengkilap dan baru? Tentu saja, akan Mas Sena jelaskan langkah-langkahnya.

Namun, sebelum kita menginjak terkait cara mengkilapkan cat motor, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah bodi agar tidak mudah kusam.

Cara Mencegah Bodi Motor Kusam

Berikut di bawah ini adalah cara mencegah bodi motor kusam yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi intensitas usia cat motor supaya lebih tampak bersih.

Mencegah Cat Motor Kusam

Hindari Terik Sinar Matahari Langsung

Pertama, cara mencegah bodi motor agar tidak kusam adalah dengan menghindari motor dari paparan terik matahari langsung.

Jika terlalu lama terkena langsung sinar matahari yang mengandung ultraviolet, tentu nantinya akan merusak lapisan cat motor.

Umumnya, kondisi seperti ini terjadi saat Anda memarkirkan kendaraan Anda. Maka dari itu, usahakan untuk memarkirkan motor di tempat yang teduh supaya cat motor tidak mudah kusam karena efek cahaya ultraviolet dari matahari.

Sering Bilas dengan Air Bersih

Kemudian, cara mencegah bodi motor kusam adalah dengan secara rutin untuk membilas motor dengan air bersih.

Jangan gunakan sabun detergen atau sabun lain karena akan memudarkan warna cat bodi motor. Maka dari itu, cukup bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain kanebo, terutama di saat musim hujan.

Cuci Motor dengan Shampoo Khusus

Di sisi lain, Anda juga harus rutin mencuci motor Anda paling tidak seminggu sekali dengan menggunakan shampo khusus untuk mencuci motor.

Hal ini merupakan tindakan atau upaya dari cara mencegah bodi motor kusam. Karena, shampo khusus motor dirancang dengan bahan yang memang ditujukan untuk membersihkan bodi cat pada motor.

Namun, berhati-hatilah dalam penggunaan shampo pencuci motor. Hindari shampo yang memiliki kandungan Hcl (acid hidrochloride), NaOH (sodium hidroksida) dan KOH (potassium hidroksida). Mengingat, bahan-bahan tersebut memiliki efek yang kurang bagus dan bisa mengikis lapisan cat motor Anda.

Gunakan Skotlet Full Bodi

Di samping itu, cara mencegah bodi motor kusam bisa Anda lakukan dengan memasang skotlet atau stiker transparan.

Langkah ini dinilai cukup efektif untuk melapisi bodi motor agar terhindar dari goresan dan terik sinar matahari yang membuat bodi mudah kusam.

Maka dari itu, penggunaan skotlet di sini bisa Anda terapkan sebagai langkah pencegahan cat pada bodi motor supaya tidak mudah kusam dan memudar.

Cara Mengkilapkan Cat Motor

Setelah kita mengetahui cara pencegahan warna kusam pada motor, selanjutnya Mas Sena akan berbagi tips atau cara mengkilapkan cat motor yang terlanjur berwarna kusam. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Cara Mengkialpak Bodi Motor Permanen

Menggunakan Bahan Minyak Kayu Putih

Siapa sangka, ternyata minyak kayu putih yang biasa untuk minyak bayi bisa digunakan sebagai bahan untuk menerapkan cara mengkilapkan cat motor.

Hal ini memang agak aneh namun langkah penggunaan minyak telon atau kayu putih seperti ini memang cukup efektif.

Caranya pun cukup mudah dan simple. Salah satunya yakni pastikan dulu bahwa bodi motor tidak ada debu atau kotoran yang lengkep.

Setelah itu, oleskan minyak kayu putih pada kain yang halus dan bersih. Oleskan kain tersebut pada bagian cat motor, terutama yang tampak kusam atau lecet.

Jika sudah, diamkan sejenak dan lap lagi dengan kain halus dan kering. Coba, bedakan tampilan bodi motor sebelum dan sesudah dioleh minyak kayu putih ini.

Tambahan, untuk pengaplikasian minyak kayu putih ini, usahakan pengaplikasiannya tidak terkna matahari langsung atau di lokasi yang beratap agar kandungan minyak putih tidak menguap saat dioleskan ke bodi motor. Sehingga, daya kilapnya menjadi tidak hilang.

Tentu saja, penampilannya akan tampak jauh lebih mengkilap dari sebelumnya. Cara ini cukup mudah untuk Anda terapkan sendiri dalam kurun waktu 2 minggu atau sebulan sekali saja.

Menggunakan Minyak Goreng

Lalu, cara mengkilapkan cat motor selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak goreng yang biasa digunakan untuk memasak.

Tentu saja, minyak goreng di sini adalah minyak yang baru, bukan minyak goreng bekas pakai.

Dimana, cara untuk mengaplikasikan minyak goreng cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Hanya saja, penggunaannya disarankan hanya khusus pada bagian cat motor yang tampak kusam saja.

Pertama, cuci dahulu motor dengan air bersih lalu keringkan dengan kain kanebo sampai benar-benar kering.

Kemudian, oleskan sedikit minyak goreng pada kain yang lembut, kering dan bersih. Oleskan pada bagian bodi motor yang catnya tampak sudah mulai kusam, khususnya cat yang motifnya sudah mulai tidak rata atau seperti kulit jeruk.

Ingat, untuk penggunaan minyak goreng ini sebaiknya sedikit saja dan tidak usah terlalu banyak karena jika kebanyakan justru akan membuat debu mudah menempel ketika nantinya digunakan untuk berkendara.

Gunakan Kompon

Selain itu, kompon juga menjadi bahan terbaik yang bisa digunakan sebagai cara mengkilapkan cat motor yang mulai terkesan kusam.

Biasanya, bentuknya berbentuk seperti gel atau pasta dan umumnya dijual di toko bangunan.

Untuk menghilangkan baret halus atau warna cat motor yang mulai pudar, Anda harus menggosok body motor dengan kompon beberapa kali dengan menggunakan kain lembut secara memutar. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memoleskan sedikit kompon pada bodi motor.

Jka sudah maka gunakan cairan poles untuk mengkilapkan semua bagian motor. Namun, hati-ati dalam menggunakan kompon ini. Mengingat, bila penggunaannya terlalu banyak maka justru akan membuat cat banyak yang terkelupas.

Maka dari itu, untuk penggunaan bahan kompon ini ditujukan hanya untuk beberapa bagian bodi yang benar-benar kusam saja.

Cara Mengilapkan Bodi Motor Matic Yang Kusam

Nah, itulah tadi beberapa tips mengenai cara mengkilapkan cat motor yang sudah mulai kusam dan pudar.

Dimana, beberapa langkah di atas bisa Anda pilih salah satu saja yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, tentu saja cara terbaik untuk membuat cat pada bodi motor tetap awet tentunya dengan melakukan pencegahan yang rutin seperti yang telah Mas Sena sampaikan di atas.

Nah, Mas Sena kira sampai di sini dulu ulasan mengenai cara mengkilapkan cat motor. Semoga saja bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sampai berjumpa lagi di lain kesempatan.

Bagan