Cara Merawat Aki Mobil Supaya Awet dan Tahan Lama

Cara merawat aki mobil dengan langkah yang benar lebih awet dan tidak mudah tekor

Cara Merawat Aki Mobil – Aki mobil menjadi salah satu dari sekian komponen yang keberadaannya sangat penting. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik mobil, perlu mengetahui cara merawat aki mobil yang benar agar lebih awet.

Selain lebih awet, perawatan aki pada mobil ini sangat perlu dilakukan sebagai langkah pemeliharaan rutin guna menjaga kondisi aki supaya kondisi mobil tetap prima.

Cara Merawat Aki Mobil

Di sisi lain, perlunya memahami cara merawat aki mobil dengan baik ini tak lepas dari fungsinya sebagai penyuplai daya listrik bagi komponen-komponen yang tersemat pada mobil.

Bukan tanpa alasan mengingat ketika aki mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sudah barang tentu akan mengurangi kenyamanan pengendara mobil. Ini semakin mempertegas bahwa fungsi aki sendiri memang berpengaruh besar pada performa mobil.

Nah, dalam hal ini, ada beberapa tips mengenai langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk merawat aki pada mobil. Hanya saja, sebelumnya Mas Sena ingin menyampaikan informasi mengenai fungsi aki mobil yang perlu diketahui.

Fungsi Aki Mobil

Berikut ini adalah pentingnya fungsi aki mobil yang patut dipahami.

Cara Merawat Aki Mobil Supaya Awet

Sebagai Komponen Penyimpan Energi.

Secara umum, fungsi aki mobil adalah media untuk menyimpan energi listrik. Dimana, ketika mesin dalam kondisi mati maka aki adalah komponen utama yang bertugas menyuplai energi listrik.

Sementara itu, ketika mesin dalam kondisi hidup maka sistem pengisian secara otomatis nantinya berfungsi menggantikan fungsi aki sebagai penyedia energi listrik. Energi listrik ini pun digunakan untuk mengisi energi aki.

Suplai Energi pada Starter

Ini tak lepas dari sistem kerja aki pada mobil. Pasalnya, energi yang disimpan dalam aki nantinya akan memberikan aliran suplai listrik yang kemudian disalurkan ke starter.

Jadi, semisal energi listrik pada aki habis atau soak maka akan berpengaruh pada performa mobil ketika mesin mulai dinyalakan.

Komponen Penyuplai pada Sistem Pengapian

Selanjutnya, fungsi aki pada mobil juga berperan dalam proses pengapian. Bila terindikasi ada permasalahan di sektor pengapian, sudah barang tentu performa mobil tidak dapat berjalan secara normal.

Oleh sebab alasan itu, tentu sebaiknya jangan menyepelekan untuk selalu melakukan perawatan aki secara baik dan benar.

Sumber Tenaga bagi Kelistrikan Lampu maupun AC

Selain itu, lampu pada mobil membutuhkan tenaga dari aki agar terus menyala. Maka dari itu, tak heran jika keberadaan aki di sini sangat penting agar lampu tetap dalam kondisi menyala, apalagi ketika dikendarai di malam hari.

Di sisi lain, fungsi aki mobil juga diperlukan untuk mengoperasikan AC. Jika aki dalam kondisi rusak atau tekor maka sudah barang tentu kestabilan udara dalam kabin akan terganggu karena AC tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Cara Merawat Aki Mobil

Setelah memahami fungsi aki pada mobil, selanjutnya akan Mas Sena jelaskan beberapa langkah atau cara merawat aki mobil yang benar.

Cara Merawat Aki Mobil Agar Tahan Lama

Selalu Cek Kondisi Aki dan Cairan Elektrolit di Dalamnya

Perawatan aki mobil yang pertama yakni dengan selalu melakukan pengecekan secara rutin kondisi aki.

Secara rinci, cara mengetahui kondisi aki pada mobil bisa dengan menggunakan Batterry Load Tester yang mana merupakan alat indikator untuk mengetahui kapasitas daya yang ada dalam aki tersebut.

Jika sudah berkurang dayanya maka diharuskan untuk mentranfer daya pada aki. Anda bisa melakukan ini di bengkel resmi atau bengkel khusus aki mobil.

Selain itu, cara merawat aki mobil yang perlu dilakukan yakni dengan mengecek kondisi cairan elektrolit pada aki. Ini khusus untuk mobil dengan jenis aki basa. Bila kondisi cairan sudah berada di bawah batas normal, disarankan untuk sesegera mungkin untuk diisi kembali.

Cek Kondisi Terminal Aki pada Mobil

Perlu diketahui bahwa kondisi terminal pada aki mobil juga menjadi komponen penting untuk dicek.

Karena, bagian ini sering muncul jamur karat, hingga posisinya yang longgar. Jika didiamkan maka kondisi ini akan sangat memicu mudah rusaknya aki mobil.

Nah, jika muncul jamur atau endapat kotoran maka sebaiknya segera dibersihkan. Bisa dengan menggunakan air panas sambil digosok menggunakan sikat gigi.

Selain itu, pada bagian terminal juga perlu dikencangkan bila podisinya kendor. Bila sudah tak bisa dikencangkan maka artinya Anda wajib mengganti aki mobil baru.

Selalu Panaskan Mesin Mobil secara Rutin

Selanjutnya, cara merawat aki mobil yang dirasa cukup mudah adalah dengan secara rutin memanaskan mesin mobil meski tidak akan digunakan untuk bepergian.

Ini akan memicu daya pada aki menjadi kembali terisi dengan penuh saat kondisi mesin dihidupkan. Sebaliknya, justru ketika mobil tidak digunakan, daya pada aki bukannya tersimpan malah akan berkurang.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu melakukan pemanasan mesin mobil paling tidak sekitar 15 menit setiap pagi.

Lepas Kabel Aki Jika Mobil Tidak Digunakan

Bila mobil dipastikan tak akan dipergunakan dalam waktu yang lama maka ada baiknya untuk melepas kabel aki dari bagian terminal penghubungnya.

Langkah ini cukup efektif dan perlu dilakukan agar mencegah terjadinya aliran listrik yang terus menerus mengingat kondisi aki yang masih aktif.

Cara merawat aki mobil yang satu ini tedengar sepele namun punya pengaruh yang sangat besar pada performa kelistrikan.

Hindari Menyalakan AC dan Pemutar Musik dalam Kondisi Mesin Mati

Jika Anda sering melakukan hal ini, maka sebisa mungkin untuk menghindarinya. Karena, hal itu dapat membuat aki pada mobil cepat tekor atau soak. Pasalnya, energi untuk menyalakan AC bersamaan dengan pemutar musik membutuhkan tenaga yang besar.

Energi yang semakin merosot dan tidak diimbangi asupan daya yang seimbang dari penyalaan mesin sangat dimungkinkan dapat menimbulkan kerusakan pada aki seperti soak.

Cek Penggunaan Aki Mobil

Langkah lain dalam perawatan aki mobil yang bisa diterapkan dengan melakukan pengamatan penggunaan aki mobil. Cara ini cukup baik untuk mengetahui komponen mana yang paling banyak menyedot tenaga dari aki. Misalnya AC dan pemutar musik.

Sehingga, kontrol penggunaan komponen AC maupun pun pemutar musik tersebut bisa diatur sesuai kadar kekuatan aki atau kebutuhan.

Biasanya, pengecekan beban penggunaan aki pada mobil ini bisa dilakukan di bengkel resmi saat service rutin. So, jangan ragu untuk meminta mekanik mengecek aki mobil.

Cara Merawat Aki Mobil Yang Benar

Selain soal cara merawat aki mobil yang telah Mas Sena ungkap di atas, perlu diketahui juga bahwa aki mobil umumnya memiliki daya tahan antara 3 hingga 5 tahun pemakaian. Namun, bisa saja jika Anda rutin merawatnya maka usia aki bisa lebih dari itu.

Tak hanya itu saja, perlu disampaikan juga bahwa beberapa langkah perawatan aki pada mobil di atas adalah perawatan dasar. Tentunya ada beberapa komponen lain yang saling berkaitan dengan komponen aki.

Dengan demikian, sangat disarankan untuk selalu melakukan pengecekan rutin setiap melakukan service mengingat alat yang ada pada bengkel resmi lebih lengkap.

Semoga informasi mengenai cara merawat aki mobil di atas bisa menjadi referensi bermanfaat untuk teman-teman semua para pemilik mobil yang ingin aki pada mobilnya awet dan tahan lama. Sekian dan sampai berjumpa kembali.

Bagan