Cara Merawat Ban Motor agar Awet dan Tidak Cepat Bocor

Trik otomotif perawatan ban motor supaya tahan lama dan awet ketika digunakan

Cara Merawat Ban Motor – Selain komponen mesin, perawatan sepeda motor juga melingkupi beberapa aspek yang harus Anda ketahui juga. Salah satunya yakni merawat kondisi ban motor yang benar dan tepat.

Tentu saja, kehadiran ban motor sendiri sangat penting karena tanpa adanya ban, sudah barang tentu motor tidak akan bisa berjalan. Meski ban motor menjadi bagian yang jarang terkena kendala namun jangan anggap remeh dan sepele.

Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman mengenai cara merawat ban motor supaya awet, tahan lama, dan tentunya tidak mudah bocor. Karena, masalah yang sering dihadapi para pengguna sepeda motor dari sisi ban adalah sering bocor atau masa pakainya terlalu cepat.

Cara Merawat Ban Motor

Ini tentu menjadi masalah yang cukup serius mengingat Anda harus bolak balik ke toko ban untuk mengganti dengan ban yang baru. Jika dibiarkan maka biaya perawatan untuk pembelian ban motor akan lebih banyak karena ban dirasa tidak punya umur yang lama.

Padahal, kondisi ban motor yang mudah rusak atau bocor tersebut tak lepas dari perawatan harian, sebagaimana sektor lain dari sepeda motor. Lalu, bagaimana sih cara merawat ban motor agar lebih awet dan tahan lama?

Jangan khawatir, berikut ini Mas Sena akan sajikan informasi terbaru mengenai cara merawat ban motor yang benar dan tepat supaya ban jadi tahan lama dan tentunya tidak gampang bocor.

Cara Merawat Ban Motor

Dalam memelihara kondisi ban motor, tentu ada beberapa langkah terbaik dalam penerapan cara merawat ban motor sebagai tindakan pencegahan terhadap kerusakan pada ban. Nah, berikut ulasan lengkapnya.

Tips Merawat Ban Motor

Gunakan Ukuran Ban yang Sesuai Standar Pabrik

Pertama-tama, dalam cara merawat ban motor yang harus dilakukan yakni menggunakan ukuran ban yang sesuai dengan standar pabrik.

Hal ini perlu untuk dipatuhi mengingat pabrikan tentunya sudah memperhitungkan ukuran ban yang terbaik agar sesuai dengan ritme dan spesifikasi motor itu sendiri.

Maka dari itu, hindari penggunaan ban modifikasi yang tidak sesuai standar pabrik. Sehingga, kondisi ban motor akan jauh menjadi lebih awet dan tentunya tahan lebih lama.

Bersihkan Ban secara Rutin

Di sisi lain, cara merawat ban motor terbaik yang bisa Anda lakukan yakni dengan melakukan pembersihan secara rutin pada ban motor.

Langkah seperti ini sangat penting mengingat sebagai tindakan untuk membersihkan debu atau pasir yang menempel, apalagi di saat musim hujan.

Bukan tanpa alasan mengingat kotoran dari air hujan yang menciprat ke ban bisa masuk ke sela-sela velg dan ban. Sehingga, hal ini akan memicu kebocoran halus.

Nah, untuk membersihkannya, pertama Anda perlu cek dulu sisi ban dengan air sabun untuk mengetahui apakah ada rembesan udara keluar atau tidak.

Selanjutnya, bersihkan sisi ban dengan menggunakan air bersih. Bilas sampai benar-benar tidak ada kotoran berupa pasir atau kerikil kecil yang menempel.

Cek Tekanan Ban dengan Rutin

Kemudian, Anda juga perlu untuk melakukan pengecekan kondisi tekanan ban secara rutin. Hal ini dilakukan supaya kita mengetahui apakah ban kempes atau tidak.

Jika sudah mulai kempes dan terasa berat ketika dikendarai maka segera isi angin sampai ban menggelembung tidak kempes. Akan lebih baik jika tekanan ban di sini disesuaikan dengan perhitungan dari pabrikan.

Pengisian angin pada ban ini merupakan cara merawat ban motor untuk mencegah ban retak karena tekanan velg yang menekan karet ban ketika angin dalam ban sudah mulai habis.

Namun, satu yang perlu diingat bahwa untuk mengisi ban, usahakan tidak memberi tekanan angin terlalu tinggi agar ketika dikendarai tidak terasa keras.

Hindari Membawa Beban Berlebih

Selain itu, cara merawat ban motor yang perlu Anda perhatikan yakni soal beban yang diangkut oleh motor. Sebaiknya, sesuaikan beban dengan kapasitas kemampuan dari motor Anda.

Hal ini sangat perlu dilakukan supaya ban tidak mudah botak dan pecah. Jika terlalu sering membawa beban berat maka sudah barang tentu ban pada motor akan mudah rusak.

So, tak heran jika kondisi seperti ini patut untuk dihindari supaya ban pada motor Anda menjadi awet dan tidak mudah ginta-ganti dengan yang baru.

Jangan Terlalu Sering Parkir Motor di Bawah Matahari Langsung

Selanjutnya, dalam penerapan cara merawat ban motor termudah yang bisa dilakukan yaitu dengan memarkirkan motor di tempat yang teduh.

Kenapa? Karena panas dari terik matahari akan membuat udara atau angin dalam ban motor menjadi memuai. Tentu saja, kondisi seperti ini akan membuat ban mudah kempes dan tak menutup kemungkinan bakal mudah bocor.

Maka dari itu, upayakan untuk parkir motor di tempat yang teduh atau tidak terkena terik matahari langsung. Hal ini langkah yang cukup mudah untuk Anda lakukan supaya ban menjadi lebih awet dan tahan lama.

Perawatan Ban Motor

Kurangi Kebiasaan Hard Brake atau Rem Dadakan

Cara merawat ban motor berikutnya adalah kurangi kebiasaan Anda dalam melakukan rem dadakan atau hard brake.

Pasalnya, rem mendadak akan membuat permukaan ban menjadi tergerus aspal. Sehingga sudah barang tentu akan membuat ban menjadi lebih mudah aus pada bagian permukaannya.

So, hindari penggunaan rem mendadak serta selalu berhati-hati dalam berkendara.

Cek Kondisi Velg

Di samping itu, hal atau cara merawat ban motor yang sangat perlu untuk diteliti adalah kondisi velg motor tersebut.

Dimana, kondisi velg motor ini sangat berpengaruh pada kondisi ban pula.

Karena, jika velg mengalami peyok atau ada yang tidak presisi maka sudah barang tentu akan membuat posisi ban tidak presisi yang berakibat permukaan ban bakal aus sebelah.

Bila kondisi seperti ini dibiarkan maka akan membuat ban tidak awet, bahkan juga bisa membahayakan si pengemudi maupun penumpang.

Gunakan Ban Bermerk

Tak hanya itu saja, cara merawat ban motor agar punya usia yang lama yaitu dengan menggunakan ban bermerk.

Artinya, gunakan ban buatan pabrik yang sudah berstandar dan bersertifikat. Hal ini tentu dimaksudkan sebagai upaya dalam perawatan ban pada motor.

Mengingat, ban dari merk yang berkualitas dan terkenal, umumnya punya mutu yang terjamin dan memiliki daya tahan lebih lama meskipun harganya rata-rata lebih mahal.

Namun, pemilihan ban berkualitas dari merk ternama ini tentu akan menguntungkan karena akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Cara Perawatan Ban Motor

Nah, melihat ragam cara merawat ban motor di atas, sudah barang tentu bagi Anda untuk bisa menerapkannya secara rutin. Setidaknya mengecek kondisi angin dalam ban.

Di sisi lain, ada baiknya untuk mengisi angin ban dengan ukuran tekanan yang sesuai dengan pabrikan. Mengingat tekanan ban standar pabrik tentu saja sudah mendapat perhitungan yang tepat.

Akan tetapi, hal ini tidaklah menjadi mutlak. Dengan kata lain, Anda bisa mengisi angin ban motor dengan ukuran sedang-sedang saja.

Demikian ulasan mengenai cara merawat ban motor yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keawetan dan kualitasnya agar lebih bertahan lama. Semoga bermanfaat.

Bagan