Cara Merawat Busi Mobil agar Awet

Tips dan trik mengenai cara merawat busi pada mobil supaya awet dan tahan lama

Cara Merawat Busi Mobil – Komponen busi pada mobil menjadi bagian yang sangat penting dan tidak bisa disepelekan begitu saja.

Maka dari itu, diperlukan perhatian dan perawatan pada komponen busi mobil agar tidak menimbulkan berbagai masalah.

Mengingat, busi yang tidak terawat, sudah bisa dipastikan bakal memicu berbagai kendala, khususnya dalam sistem pembakaran. Dimana, akan berdampak begitu kuat pada beberapa komponen lain sehingga akan mengganggu kenyamanan berkendara.

So, karena pentingnya perawatan busi pada mobil, sebaiknya Anda perlu memahami cara merawat busi mobil yang tepat supaya menjadi awet dan tahan lama.

Cara Merawat Busi Mobil

Sebab, tak sedikit para pemilik mobil yang mengeluh pada kondisi busi mudah rusak padahal baru saja diganti. Ini tentu dipicu karena kurangnya perawatan pada komponen yang satu ini.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi para pemilik mobil, khususnya pemula untuk mengenal bagaimana tips atau cara merawat busi mobil.

Nah, berkenaan dengan itu, kali ini Mas Sena akan berbagi tips mengenai cara merawat busi mobil agar awet yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Merawat Busi Mobil

Sebagai komponen yang berperan untuk mengubah energi listrik bertegangan tinggi menjadi percikan api, maka keberadaan busi sangat penting dalam mobil sehingga perlu mendapat perhatian.

Mengenai soal itu, ada beberapa langkah yang perlu untuk Anda pahami dalam menerapkan cara merawat busi mobil. Dimana, beberapa langkah perawatan busi pada mobil tersebut bakal Mas Sena uraikan dalam penjelasan berikut ini.

Tips Perawatan Busi Mobil

Cek Kondisi Fisik Busi Mobil secara Rutin

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan sebagai cara merawat busi mobil adalah dengan melakukan pengecekan kondisi fisik busi pada mobil yang dilakukan rutin.

Anda bisa melakukannya dalam kurun waktu selama sebulan sekali. Dimana, untuk pengecekan busi mobil ini tujuannya untuk mengetahui secara detail kondisi busi mobil terkini.

Cek fisik busi mobil dengan detail. Bila ada bagian yang kotor, bersihkan busi dengan menggunakan lap atau amplas secara perlahan supaya proses pembakaran nantinya menjadi sempurna.

Namun, bilamana kondisi busi mobil mulai sudah usang yang terlihat seperti gosong maka segera ganti busi mobil dengan yang baru.

Bersihkan Busi yang Kotor

Ke dua, cara merawat busi mobil yakni dengan melakukan pembersihan pada busi mobil itu sendiri. Hal ini dilakukan bilamana kondisi busi tampak kotor.

Nah, untuk cara membersihkan busi mobil sendiri, Anda perlu mempersiapkan alat dan bahan, yakni bensin, amplas, sikat kawat atau pun sikat gigi.

Langkah awal, rendamlah busi ke dalam rendaman bensin selam 10 menit agar kotoran berupa kerak lepas dari busi.

Jika sudah, maka sikat busi dengan menggunakan sikat gigi atau amplas pada bagian yang korot tadi supaya kerak yang masih menempel nantinya hilang/terlepas dari busi.

Khusus bagian elektroda, bila dirasa masih tampak kotor, usap dengan menggunakan amplas sampai bersih.

Kemudian, keringkan busi dengan diangin-anginkan atau dengan menggunakan kompresor angin. Hindari pengeringan di bawah terik matahari langsung karena akan merusak kualitas daripada busi tersebut.

Atur Jarak Elektroda dengan Tepat

Selanjutnya, cara merawat busi mobil agar menjadi lebih awet adalah Anda harus mengatur jarak elektroda pada busi mobil.

Pengaturan jarak elektroda ini dimaksudkan supaya nantinya ketika mobil dihidupkan, percikan api yang dibutuhkan sudah sesuai dengan kebutuhan.

Untuk ukuran jarak terbaik dan ideal 0.6 hingga 0,8 mm. Lakukan pengaturan jarak elektroda busi mobil Anda dengan menggunakan obeng minus atau besi pipih agar lebih mudah.

Perlu diketahui bahwa perlakuan seperti ini cukup Anda lakukan sesekali saja. Jika jarak elektroda masih pas maka Anda tidak perlu mengaturnya lagi. Jadi, hanya tinggal cek saja.

Perawatan Busi Mobil

Pasang Busi dengan Tepat

Berikutnya, untuk merawat busi pada mobil, Anda harus bisa memasang busi mobil dengan cara yang tepat.

Yakni memasangnya dengan menggunakan tangan terlebih dahulu kemudian dikencangkan dengan menggunakan kunci khusus busi.

Hindari penguncian busi saat pemasangan dengan menggunakan tang. Mengingat, cara seperti ini justru akan merusak busi itu sendiri.

Maka dari itu, Anda harus memasangnya secara perlahan namun pasti sampai busi benar-benar terpasang kencang pada mobil Anda.

Rajin Memanaskan Mobil saat Pagi Hari

Selain itu, cara merawat busi mobil juga bisa dengan melakukan pemanasan mesin mobil secara rutin, terutama saat suhu udara dingin, seperti ketika di pagi hari.

Hal ini perlu Anda lakukan mengingat secara tidak langsung, percikan pada busi mobil yang dihasilkan akan membuat performa busi tetap dalam kondisi prima.

Langkah ini juga sangat perlu dilakukan saat mobil akan Anda tinggal ke luar kota dalam waktu yang lama.

Service Rutin

Nah, cara merawat busi mobil yang bisa Anda lakukan yakni dengan melakukan service rutin mobil Anda.

Mintalah kepada mekanik untuk melakukan pengecekan pada busi mobil Anda. Cek juga pengaian busi, apakah masih normal atau sudah mulai lemah.

Bilamana sudah lemah maka mintalah penggantian busi yang baru kepada mekanik.

Tindakan seperti ini merupakan langkah yang lebih efektif dan efisien mengingat Anda hanya perlu melakukan pengecekan busi bersamaan dengan service mobil rutin.

Pilih Busi yang Terbaik

Hal penting selain mengetahui cara merawat busi mobil adalah dengan memilih model busi terbaik dan berkualitas.

Busi terbaik adalah busi yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan itu sendiri. Atau, busi yang dijual oleh dealer resmi sesuai merk mobil Anda.

Karena, busi yang dari pabrikan tentunya sudah disesuaikan dengan kondisi spesifikasi mesin mobil itu sendiri. Sehingga, kemungkinan daya tahan busi menjadi lebih awet dan lama.

Segera Cek Kondisi Busi Jika Hujan

Di satu sisi, hal yang harus Anda lakukan yakni sesegera mungkin mengecek kondisi busi mobil ketika mobil dikendarai di waktu hujan.

Karena, busi berpotensi terkena air hujan meskipun secara prosedur, keamanan penempatan busi sudah dirancang sebaik mungkin agar terlindungi.

Jika area busi mulai sedikit basah atau lembab, segera bersihkan/keringkan airnya dengan kain yang lembut dan halus agar nantinya tidak menetes ke bagian busi mengingat sifat air yang mudah menetes ketika mobil bergoyang.

Cara Membersihkan Busi Mobil

Nah, dari sekian banyak cara merawat busi di atas, salah satu hal yang sangat perlu dilakukan adalah dengan secara rutin melakukan pengecekan fisik busi mobil dalam rentang waktu sebulan sekali saja.

Bukan tanpa alasan mengingat kita tidak tahu bagaimana kondisi busi. Karena, jika pengecekan ini dilakukan secara rutin maka potensi kerusakan akan mudah diminimalisir sehingga membuat busi jadi lebih awet.

Selain itu, melakukan service rutin juga menjadi perhatian penting dalam menerapkan cara merawat busi mobil. Mengingat, bersamaan dengan service rutin, Anda bisa meminta mekanik untuk mengecek kondisi busi secara lebih terfokus.

Sekian ulasan mengenai cara merawat busi mobil yang tepat agar menjadi awet dan tahan lama. Semoga menjadi tips otomotif yang membawa manfaat untuk teman-teman Mas Sena. Sampai jumpa.

Bagan