Cara Merawat Kelistrikan Mobil dengan Tepat

Sistem kelistrikan mobil tentu perlu mendapat perawatan serius agar awet dan beroperasi secara maksimal. Berikut cara perawatannya yang tepat.

Cara Merawat Kelistrikan Mobil – Perawatan mobil yang tepat, tentu harus dilakukan secara menyeluruh. Baik pemeliharaan di sektor desain, interior, dan juga mesin.

Tentu saja, semua itu bertujuan agar mobil selalu dalam keadaan prima dan nyaman ktika digunakan untuk berkendara.

Tak hanya beberapa sektor itu saja, sistem kelistrikan pada mobil juga sudah barang tentu menjadi bagian atau segmen yang perlu untuk mendapat perhatian juga.

Karena, kelistrikan pada mobil sangat berkaitan erat dengan fitur-fitur interior kabin dan juga beberapa sektor lain yang sangat penting. Seperti lampu utama, sistem infotainment, dan juga sistem lain.

Cara Merawat Kelistrikan Mobil

Jika terjadi kerusakan di dalam rangkaian kelistrikan mobil, sudah barang tentu akan membuat kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang. Bahkan, keselamatan pun bisa terancam.

Oleh sebab alasan itu, diperlukan langkah tepat dari Anda untuk selalu melakukan perawatan dalam sistem kelistrikan mobil guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Nah, untuk itu, berikut ini Mas Sena akan berbagi tips terkait dengan bagaimana cara merawat kelistrikan mobil dengan langkah sederhana dan mudah diterapkan oleh Anda sendiri.

Tips Perawatan Sistem Kelistrikan Mobil

Mengenai soal perawatan, tentu diperlukan pengetahuan berupa langkah-langkah konkrit sebagai upaya guna menjaga agar sistem kelistrikan pada mobil selalu dalam kondisi yang ideal dan prima. Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

Perawatan Sistem Kelistrikan Mobil

Pastikan Sekring Mobil dalam Kondisi Prima

Pertama, dalam penerapan terkait cara merawat sistem kelistrikan pada sebuah mobil, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kondisi sekring pada mobil itu sendiri.

Secara peran, sekring mobil sendiri berfungsi untuk memutus arus atau daya listrik jika ada indikasi tegangan arus pendek atau yang disebut korsleting.

Cek kondisinya yang umumnya terletak pada kap bagian depan mobil, tepatnya di bawah dashboard mobil.

Karena, fungsinya yang sangat vital sebagai keamanan jika terjadi korsleting atau arus pendek maka Anda harus rutin melakukan penggantian secara periodik untuk menjaga agar tidak terjadi kebakaran saat terjadi korsleting.

Selain itu, sebagai pertimbangan juga, akan lebih baik disarankan untuk selalu setidaknya menyediakan cadangan sekring mulai dari 10 A, 15 A, dan 20 A, atau kawat kabel jumper sebagai cadangan jika sewaktu-waktu sekring mobil mengalami kendala atau bermasalah.

Selalu Rutin Ganti Aki Mobil

Tak berbeda dengan kendaraan bermotor roda dua, aki mobil pun juga memiliki masa usia pakai yang perlu Anda ganti jika memang sudah waktunya untuk diganti.

Bukan tanpa alasan, penggantian aki mobil secara rutin menjadi hal penting karena menjadi sumber daya listrik untuk disalurkan ke setiap komponen daripada mobil.

Di sisi lain, aki juga merupakan satu dari sekian banyak komponen kelistrikan pada mobil yang seringkali mengalami kerusakan atau bermasalah.

Maka dari itu, selalu cek kondisi aki dengan mengenal beberapa ciri aki mobil. Apalah masih mampu beroperasi dengan normal atau mulai menunjukkan indikasi tekor atau soak.

Sebagai informasi saja bahwa usia umum aki bila selalu rutin mendapat perawatan dengan baik maka bisa mencapai 1 hingga 2 tahun.

Namun, tidak sedikit aki mobil yang hanya mampu bertahan kurang dari 1 tahun karena kurangnya pengetahuan mengenai kelistrikan.

Maka oleh sebab itu, usahakan untuk merawat aki agar awet. Seperti dengan menghindari parkir di bawah terik matahari langsung karena panas dari cahaya matahari akan memicu cairan elektrolit pada aki menguap sehingga membuat cairannya berkurang.

Selain itu, hindari penggunaan aksesoris kelistrikan yang tidak diperlukan untuk menjaga agar kondisi aki tidak mudah soak.

Hindari Penggunaan Piggyback Bila Tidak Diperlukan

Satu yang banyak orang belum tahu bahwa penggunaan pigyyback pada mobil menjadi salah satu hal yang sebenarnya kurang tepat dilakukan. Karena, akan mengganggu sistem kelistrikan pada mobil, terutama komponen ECU mobil.

Bagaimana tidak? Secara fungsi, memang Piggyback berperan sebagai pendongkrak tenaga mobil agar jauh lebih responsif. Hanya saja, hal ini berdampak pada sistem ECU yang didorong untuk selalu bekerja ekstra keras.

Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus maka akan membuat sistem ECU yang merupakan satu dalam rangkaian kelistrikan mobil menjadi rusak, bahkan bisa jebol.

Bila sudah rusak maka penggantiannya membutuhkan biaya yang sangat mahal sekali. Jadi, sebisa mungkin hindari menggunakan Piggyback jika memang benar-benar tidak dibutuhkan.

Kerusakan Sistem Listrik Mobil

Selalu Pastikan Kabel di Kap Mobil dalam Kondisi Normal

Di samping itu, untuk menjaga atau merawat sistem kelistrikan pada mobil Anda, sebaiknya jangan lupa untuk melihat atau mengecek kondisi kabel pada mobil, terutama di bagian kap.

Kenapa begitu? Tentu saja, kabel sendiri menjadi komponen penghubung arus listrik dari sumber menuju ke komponen mobil.

Jika terjadi kerusakan, misalnya kabel getas atau mulai ada yang sobek kulit luarnya maka segera ganti dengan kabel yang baru.

Karena, bila kondisi kabel seperti ini didiamkan atau dibiarkan begitu saja maka akan sangat berpotensi memicu timbulnya korsleting.

Apalagi, saat musim hujan yang kemungkinan ada air yang masuk dan mengenai kabel. Pastinya, akan membuat sistem kelistrikan menjadi rusak.

Oleh sebab itu, selalu pastikan kondisi kabel pada kap mobil selalu dalam kondisi normal, tidak robek, dan tidak getas.

Lakukan Service secara Rutin

Kemudian, cara merawat bagian kelistrikan mobil yang sangat perlu untuk Anda lakukan secara rutin adalah dengan service ke bengkel resmi yang direkomendasikan pabrikan.

Sebab, service rutin ini merupakan salah satu dari beberapa langkah atau cara yang paling mudah dan efektif untuk menjaga dan merawat sistem kelistrikan pada mobil Anda.

Apalagi, di saat mobil mendapatkan perawatan servis berkala, sistem kelistrikan mobil akan turut serta dicek dan dirawat, termasuk memperhatikan jika ada potensi masalah.

Oleh sebab itu, jangan ragu dan malas untuk melakukan service rutin ke bengkel resmi sebagai langkah untuk menjaga sekaligus merawat bagian kelistrikan pada mobil.

Selain itu, ada baiknya sesekali untuk memeriksa kondisi aki di bengkel khusus aki supaya diperika dan dicek lebih detail bagaimana kondisi aki.

Sehingga, kontrol terhadap sistem kelistrikan mobil pun menjadi lebih terjamin. Dengan begitu, apabila terjadi kerusakan, tentu bisa langsung segera diperbaiki agar tidak menjalar ke komponen lain.

Sistem Kelistrikan Pada Mobil

Mengacu atas informasi yang telah Mas Sena sampaikan di atas, tentu saja cara yang paling efektif dan mudah guna menjaga kondisi kelistrikan mobil adalah dengan service rutin dan juga memeriksa kondisi aki di bengkel resmi khusus aki.

Bukan tanpa alasan karena saat service, tentu saja hampir setiap sektor akan mendapatkan pengecekan dari mekanik sehingga bila ada indikasi kerusakan, bisa langsung diperbaiki.

Begitu juga dengan sistem aki, jika saat dicek ada masalah, tentu saja bisa dengan segera untuk diperbaiki.

Oke, sampai di sini dulu ulasan dari Mas Sena tentang tips atau cara merawat kelistrikan mobil dengan langkah yang tepat untuk menjaganya agar awet. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan