Cara Merawat Kopling Mobil agar Awet

Tips merawat kopling mobil yang tepat supaya awet

Cara Merawat Kopling Mobil – Perawatan kopling mobil sebenarnya bukanlah suatu hal yang memerlukan perhatian ekstra. Namun, tetap saja kita tak boleh menyepelekannya begitu saja.

Karena, cara seorang pengemudi dalam berkendara mobil di berbagai medan jalan, tentu saja tak bisa dipungkiri akan sangat bisa mempengaruhi usia kopling.

Maka dari itu, diperlukan cara merawat kopling mobil yang tepat guna mencegah terjadinya kerusakan yang mungkin hadir pada kopling mobil Anda.

Perlu untuk diketahui juga bahwa perawatan kopling mobil ini memang penting dilakukan meskipun bukan menjadi hal yang vital seperti mesin mobil.

Cara Merawat Kopling Mobil

Sebab, jika terjadi kerusakan maka biaya yang diperlukan untuk penggantian atau perbaikan kopling sendiri terbilang cukup mahal yang mana disesuaikan dari tingkat banyaknya suku cadang yang harus diganti.

Dengan demikian maka sudah jelas jika cara merawat kopling mobil di sini menjadi hal penting yang tak bisa diremehkan begitu saja. Sehingga, akan lebih baik jika dilakukan tindakan pencegahannya. Lalu bagaimana caranya?

Nah, dalam segmen topik tips otomotif kali ini, Mas Sena sendiri akan berbagi informasi mengenai bagaimana cara merawat kopling mobil yang tepat dan mudah. Mari, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Cara Merawat Kopling Mobil

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai tindakan dalam mencegah kerusakan kopling pada mobil. Berikut ini adalah beberapa langkah terkait cara merawat kopling mobil yang bisa Anda coba.

Tips Merawat Kopling

Jangan Meletakkan Kaki pada Pedal Kopling Terlalu Lama

Pertama-tama, dalam menerapkan cara merawat kopling mobil yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari meletakkan kaki Anda terlalu lama pada pedal kopling dari mobil.

Pasalnya, ketika kaki mobil menginjak pada pedal kopling dalam waktu yang lama maka bisa beresiko pada keausan plat kopling dan clutch cover.

Bahkan, tak bisa dipungkiri pula akan merusak bagian release bearing. Sehingga, untuk itu Anda harus benar-benar bisa mencegah hal ini terjadi dengan menghindari untuk tidak sesering mungkin menginjak pedal kopling.

Hindari Menggunakan Setengah Kopling saat Berhenti

Selain itu, cara merawat kopling mobil yang tak bisa diremehkan adalah dengan menghindari untuk tidak menggunakan setengah kopling pada saat mobil berhenti di jalan. Apalagi, di saat mobil berada di jalan menanjak.

Jika memang Anda berada pada posisi jalan menanjak dan macet atau beriiringan, sebaiknya gunakan hand rem atau tromol guna menahan mobil supaya tidak mundur ke belakang.

Karena, jika Anda menggunakan kopling maka akan berimbas pada kampas kopling yang mana menjadi cepat aus atau tipis.

Bahkan, jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan membuat permukaan dari pressure plate di bagian cocer clutch serta pada bagian permukaan roda bakal juga bisa menjadi ikut terkikis.

Usahakan Tidak Melepas Kopling Mobil secara Kasar

Di sisi lain, untuk perawatan kopling mobil supaya awet, sebaiknya hindari melepas kopling mobil dengan cara kasar.

Mengapa demikian? Karena, akan membuat permukaan pada bagian plat kopling menjadi mudah rusak.

Bila komponen plat kopling ini mulai menunjukkan gejala kerusakan maka nantinya kopling pun akan memberikan efek getaran saat terhubung.

Bahkan, tak menutup kemungkinan jika plat-plat pada bagian kampas kopling menjadi mudah putus ketika dipaksa untuk membawa beban yang sangat berat.

Maka dari itu, hindari pelepasan kopling secara kasar dalam kondisi apapun. Karena, tindakan ini merupakan salah satu cara merawat kopling mobil yang cukup efektif untuk membuatnya lebih awet dan tahan lama.

Cek Kondisi Kopling

Yang dimaksud dengan cek kondisi kopling di sini lebih ditekankan pada memeriksa kopling dari adanya potensi kebocoran minyak kopling.

Tak terkecuali pada bagian master koling bawah yang sangat dimungkinkan sekali ada celah kebocoran minyak mengingat beban berat yang mana terpusat atau tertumpu pada bagian master kopling bawah ini ketika pedal kopling diinjak.

Maka dari itu, selalu periksa secara rutin bagian ini untuk mencegah terjadinya kerusakan yang mungkin secara tiba-tiba saat berkendara.

Perawatan Kopling Mobil Agar Awet

Periksa Setelan/Pengaturan Kopling

Di sisi lain, cara merawat kopling mobil yang sangat perlu untuk Anda lakukan adalah selalu secara rutin untuk mengecek bagian setelah pada pedal kopling.

Hal ini dikhususkan pula untuk mobil dengan sistem tali kopling.

Karena, sistem kopling seperti ini rawan terhadap kerusakan, khususnya di bagian tali kopling. Dimana, hal ini sangat berpengaruh pada pedal kopling yang tentunya akan berdampak pula pada sistem clutch kopling.

Dengan demikian, perlu sekali untuk selalu mengecek bagian ini sebagai bagian daripada perawatan mobil berkala.

Periksa Bagian Seal Crankshaft Bagian Belakang

Kemudian, bagian dari cara merawat kopling mobil yang perlu untuk Anda lakukan adalah mengecek sektor seal crankshaft pada bagian belakang.

Hal ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana kondisi komponen tersebut mengingat memiliki potensi kerusakan yang cukup besar.

Apalagi, jika terjadi kebocoran pada bagian sambungan mesin dan transmisi. Bila hal ini terjadi maka segeralah untuk mengganti seal crankshaft belakang. Karena jika oli yang bocor tersebut dibiarkan bisa menjadi penyebab kopling selip oleh oli.

Jangan lupa untuk mengecek pada bagian oli yang bocor dari Seal Kruk As mesin. Sehingga, kopling selip pun bisa dicegah dan tak akan Anda temui ketika mobil dijalankan.

Sesuaikan Posisi Gigi dengan Kecepatan

Tak lupa pula bahwa dalam penerapan cara merawat kopling mobil yang tepat, Anda harus pintar-pintar dalam menyesuaikan posisi gigi dengan kecepatan mesin mobil Anda.

Karena, bila menggunakan gigi transmisi yang tidak sesuai dengan percepatan mobil turut berpotensi dapat mempercepat masalah kerusakan kopling.

Contohnya saja seperti saat posisi transmisi di gigi satu namun kecepatan mobil berada pada titik 30 Km/jam. Tentu saja, justru ini akan merusak mesin sekaligus kopling karena tidak sesuai antara posisi gigi dengan kecepatan laju mobil.

Maka oleh sebab alasan tersebut, sangat disarankan sekali untuk menyesuaikan antara posisi gigi transmisi dengan kecepatan laju dari mobil Anda. Sehingga, akan tercipta harmonisasi antara transmisi dengan laju dari mobil.

Mencegah Kopling Mobil Rusak

Melihat sekian banyak tips atau cara merawat kopling mobil di atas, satu hal yang tak kalah penting adalah selalu rutin melakukan service berkala ke bengkel. Usahakan juga untuk meminta kepada mekanik guna memeriksa bagian kopling.

Selain itu, beberapa langkah perawatan kopling mobil di atas, sebaiknya dilakukan untuk beberapa bagian atau langkah yang Anda ketahui dan bisa saja. Artinya, tidak perlu memaksakan semua itu bisa dilakukan.

Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah selalu menjaga agar jangan secara terus menerus menginjak pedal kopling saat menanjak dan juga hindari ketidaksesuaian antara gigi transmisi dengan kecepatan mobil.

Nah, sampai di sini sudah paham kawan? Semoga informasi mengenai bagaimana cara merawat kopling mobil di atas bisa menjadi tips otomotif yang tentunya informatif dan bermanfaat. Sekian dari Mas Sena dan selamat mencoba.

Bagan