Cara Merawat Mesin Mobil agar Performa Tetap Prima

Berbagai macam tips dan cara merawat mesin mobil sehari-hari untuk menjaga performa mobil agar selalu dalam kondisi prima

Cara Merawat Mesin Mobil – Sebagai pemilik mobil, tentu harus paham bagaimana cara merawat mesin mobil yang benar untuk menjaga performa agar tetap stabil dan tetap dalam kondisi prima.

Hal itu tampaknya bagi sebagian pemilik mobil masih dianggap sepele. Padahal perawatan mesin mobil termasuk dari bagian yang perlu dilakukan secara rutin oleh para pemiliknya.

Artinya, tak hanya soal perawatan bodinya yang selalu dibersihkan agar tetap kinclong namun sektor mesin juga perlu mendapat perhatian agar kondisinya tetap terawat dan terjaga. Hal ini dimaksudkan supaya performa pada mesin tidak turun dan awet sehingga kerusakan pun bisa dicegah.

Hanya saja, untuk menerapkan perawatan pada mesin mobil, diperlukan beberapa teknik sekaligus cara merawat mesin mobil yang benar agar kondisi performa selalu prima di setiap saat. Dengan demikian maka kerusakan pada bagian mesin mobil pun bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Cara Merawat Mesin Mobil

Nah, berkenaan dengan soal pemeliharaan mesin mobil, sebelumnya ada beberapa tanda mesin mobil rusak yang juga patut untuk diketahui. Ciri-ciri tersebut bisa dijadikan patokan untuk mengetahui jika ada masalah pada mesin mobil Anda. Apa saja itu?

Berikut di bawah ini akan Mas Sena ungkap lebih dulu tanda mesin mobil rusak sebagai bagian awal dari topik mengenai cara merawat mesin mobil. Yuk, kita ulas bersama-sama.

Tanda Mesin Mobil Rusak

Berikut adalah ciri-ciri atau tanda mesin mobil bersamalah yang perlu untuk Anda pahami sebagai pengetahuan dasar.

Cara Merawat Mesin Mobil Matic

Tenaga Mesin Terasa Berat

Tanda mesin mobil rusak yang pertama yaitu berkenaan dengan soal tenaga pacunya yang terasa sedikit berat. Hal ini umumnya bisa dirasakan ketika tenaga dirasa kurang merata saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Jika hal demikian terjadi maka ada indikasi jika sistem pembakarannya kurang berjalan sebagaimana mestinya. Bisa jadi disebabkan karena mesin kepanasan, filter yang penuh debu dan kotoran, busi bermasalah atau tak menutup kemungkinan filter bahan bakar yang tersumbat.

Suara Mesin Kasar dan Terdengar “Mengelitik”

Jika Anda mendengar adanya suara mesin yang “ngelitik”, itu tandanya mesin mengalami knocking. Ini merupakan ciri awal jika kondisi ledakan di dalam sistem kerja mesin tidak dalam kewajaran.

Umumnya, kondisi seperti ini disebabkan karena bahan bakar yang digunakan tidak sesuai standar pabrik.

Jika memang terjadi kondisi seperti ini maka jangan disepelekan dan sesegera mungkin bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.

Asap dari Knalpot Muncul dengan Warna Hitam.

Di sisi lain, tanda mesin mobil rusak pun juga bisa dilihat dari kondisi asap yang keluar dari knalpot mobil.

Jika knalpot mobil mengeluarkan asap yang banyak dengan warna hitam, hal tersebut menandakan bahwa pembakaran pada ruang mesin bermasalah atau tidak sempurna.

Kondisi seperti ini tak menutup kemungkinan bisa disebabkan saringan udara yang rusak, masalah mekanis, atau mungkin juga karena saluran balik bahan bakar yang tersumbat.

Mesin Mobil Susah Dihidupkan

Selanjutnya, jika mobil yang Anda miliki susah untuk dihidupkan maka hal itu juga menjadi tanda mesin mobil rusak dan perlu mendapat perhatian.

Umumnya, masalah pada kondisi mobil seperti ini terjadi dikarenakan tekanan kompresi yang mengalami penurunan saat terjadinya pembakaran. Tekanan kompresi yang turun bisa disebabkan karena seal yang terkait ruang bakar.

Cara Merawat Mesin Mobil

Nah, pada sesi kali ini, berikut akan Mas Sena jelaskan mengenai cara merawat mesin mobil untuk menjaga kinerja mesin agar tetap handal dan prima di segala kondisi.

Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet

 

Cek Oli Mesin

Cara merawat mesin mobil yang perlu dilakukan yakni dengan melakukan pengecekan terkait dengan kondisi oli mesin.

Perlu diketahui bahwa umumnya, oli pada mesin mobil harus selalu diganti secara rutin per 5.000 hingga 10.000 Km.

Namun, untuk lebih detail lagi mengenal kondisi masih bagus atau tidak, coba ambil setetes oli dan telitilah apakah ada serpihan halus pada oli tersebut. Jika ada serpihan, itu tandanya oli mesin mobil Anda harus segera diganti meski belum mencapai Km tertentu.

Cek Kampas Kopling

Khusus untuk mobil manual, disarankan untuk selalu mengecek kondisi kopling berfungsi secara normal.

Untuk melakukan pengecekan ini, Anda bisa mencoba mengendarai mobil ini, jika perpindhan gigi mulai terasa berat maka kampas koling mulai aus.

Perpindahan gigi yang terasa berat menandakan bahwa kampas kopling sudah aus dan wajib untuk dilakukan penggantian untuk menunjang performa pada mesin mobil agar tetap optimal.

Pastikan Air Radiator Selalu Terisi

Selain itu, cara merawat mesin mobil yang perlu diterapkan yakni dengan selalu memastikan bahwa air dalam tabung radiator selalu terisi.

Air radiator ini penting sebagai pendingin mesin ketika komponen pada dapur pacu sedang berjalan.

Maka dari itu, selalu isi tabung radiator dengan air bersih secara berkala jika air sudah mulai berkurang.

Cek Timing Belt, Busi, Lampu dan Signal

Komponen seperti timing belt, busi, lampu dan signal, umumnya menjadi hal kecil yang sering disepelekan.

Untuk menunjang performa mesin mobil maka hal tersebut jangan diremehkan karena jika tejadi kerusakan pada beberapa komponen tersebut maka akan menimblkan kegagalan fungsi yang berdampak pada menurunnya performa mobil.

Maka dari itu, untuk mencegah timbulnya masalah lain, sebaiknya saat melakukan service rutin, mintalah kepada mekanik untuk mengecek timing belt, lampu, signal, dan busi agar selalu terkontrol.

Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Cara merawat mesin mobil berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan selalu rutin memanaskan mesin mobil tiap pagi hari meski tidak digunakan untuk berkendara.

Untuk memanaskan mobil, Anda tidak perlu lama-lama, cukup 5 hingga 10 menit saja tiap pagi hari.

Hal ini dilakukan guna memaksimalkan kinerja oli mesin agar selalu bisa melumasi komponen mesin mobil secara merata. Sehingga, ketika akan digunakan bepergian, kondisi mesin dalam kondisi normal dan tidak mudah macet.

Cek Kondisi Aki Mobil

Nah, dalam menerapkan berbagai langkah atau cara merawat mesin mobil, diperlukan perhatian juga pada kondisi aki.

Pastikan aki dalam kondisi berada pada level yang seharusnya, yakni di antara garis batas penanda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan cek tegangan aki dengan menggunakan voltmeter.

Namun, alangkah lebih baiknya jika kondisi aki mobil ini dicek oleh mekanik ketika Anda melakukan service ruti di bengkel resmi.

Cara Merawat Mesin Mobil Tua

Dari berbagai tips ataupun cara merawat mesin mobil di atas, satu hal yang pasti dan wajib dilakukan yakni Anda harus rutin melakukan service mobil secara berkala.

Tentu aja, service rutin tersebut dilakukan guna memaksimalkan sekaligus mencegah sejak dini jika ada kerusakan atau masalah pada sektor dapur pacu dari mobil yang Anda miliki.

Selain itu, dengan melakukan sevice secara berkala, Anda bisa meminta mekanik untuk melakukan pengecekan secara lebih lengkap di berbagai sektor agar setiap bagian di sektor mesin lebih terkontrol.

Sampai di sini dulu, semoga informasi mengenai cara merawat mesin mobil yang Mas Sena ulas di atas bisa menjadi sumber referensi untuk teman-teman semua pecinta otomotif.

Bagan