Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Halus

Tips membuat suara mesin motor agar terasa lebih halus

Cara Merawat Mesin Motor – Umumnya, perawatan rutin sepeda motor terbilang cukup mudah. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak melakukan pemeliharaan rutin pada kendaraan roda dua yang Anda miliki.

Hanya saja, memang ada beberapa hal tertentu yang memerlukan langkah tersendiri dalam menjamin performa dari motor tersebut.

Di antaranya yakni seperti soal perawatan mesin motor. Dimana, salah satu masalahnya adalah suara dari mesin yang terdengar berisik atau kasar.

Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Halus

Bila memang demikian adanya, Anda harus menerapkan cara merawat mesin motor agar tetap halus suaranya sehingga nyaman ketika dikendarai. Terutama ketika melewati gang kecil sehingga tidak mengganggu warga saat lewat.

Nah, mengenai hal tersebut, ada beberapa langkah praktis yang cukup mudah untuk Anda terapkan sebagai langkah terbaik dalam menjaga suara mesin motor supaya terdengar halus dan tidak mengganggu.

Oleh karena itu ada beberapa langkah terpadu sebagai cara merawat mesin motor agar halus yang bisa Anda coba sendiri. Berikut akan Mas Sena jelaskan tipsnya.

Cara Menghilangkan Suara Berisik pada Mesin Motor

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir suara mesin motor agar tidak berisik. Di antaranya adalah sebagaimana yang akan Mas Sena ungkap tipsnya di bawah ini.

Mencegah Mesin Motor Berisik

Rutin Cek dan Ganti Oli Mesin

Salah satu perawatan mesin motor agar suaranya halus adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin kondisi oli mesin.

Cara ini untuk mengetahui kondisi atau kualitas oli mesin mengingat kekentalan oli sangat berpengaruh kuat pada kondisi kinerja mesin motor.

Kekentalan yang bagus akan meminimalisir keausan antar komponen dikarenakan gesekan ketika mesin dihidupkan.

Nah, kemungkinan, suara berisik tersebut berasal dari gesekan antar komponen di dalam mesin motor yang tidak terlumasi dengan baik oleh oli. Sehingga memicu suara berisik.

Maka dari itu, bila tingkat kekentalan oli sudah menurun (hitam pekat dan berbau seperti gosong) sebaiknya diganti dengan yang baru.

Bahkan, oli yang digunakan sebaiknya menggunakan merk oli yang direkomendasikan oleh pabrikan yang sesuai dengan spek pada mesin tersebut.

Pastikan Busi dalam Kondisi Normal dan Kabel Coil Tidak Rusak

Langkah lain untuk mencegah suara mesin motor yang berisik dan tidak halus, bisa dengan melakukan pemeriksaan di bagian busi dan kabel coil.

Bukan tanpa alasan mengingat bunyi yang muncul pada motor, tak menutup kemungkinan berasal dari adanya masalah pada sistem arus daya atau listriknya. Sehingga, memberikan dampak pada pembakaran saat mesin akan dihidupkan.

Maka dari itu, pastikan busi dalam kondisi normal dan tidak aus. Begitu juga dengan kabel coil. Karena hal ini tentu saja bakal memberikan efek suara berisik mengingat pembakaran yang terjadi tidak sempurna akibat dari busi yang tidak normal atau kabel coil yang bermasalah.

So, tak ada salahnya bilamana Anda melakukan pengecekan pada dua komponen ini demi menjamin suara mesin yang lebih halus dan tidak berisik.

Pastikan Setting Klep Sudah Presisi

Kemudian, cara merawat mesin motor agar halus bisa juga dengan memeriksa pada bagian klep. Mengingat, bagian ini juga memiliki potensi yang menyebabkan motor bersuara berisik.

Bukan tanpa alasan, munculnya bunyi kasar pada mesin (tek-tek-tek) seperti ini sangat besar kemungkinan dipicu karena setelan katup (klep) terlalu longgar. Maka dari itu, motor Anda butuh diservice untuk menyetel ulang supaya lebih tepat.

Lantas, apa kaitannya dengan dampak pada suara mesin yang berisik?

Perlu dipahami bahwa katup memiliki peran penting sebagai pengatur keluar masuknya gas yang berasal dari pembakaran.

Bila pemasangannya kurang tepat atau sesuai maka sudah bisa dipastikan bakal memicu suara sperti ledakan-ledakan saat mesin pada motor dihidupkan.

Maka dari itu, segera bawa motor Anda ke bengkel untuk diperbaiki bagian ini.

Perawatan Mesin Motor Agar Suara Halus

Selalu Gunakan Sparepart Original

Di sisi lain, langkah yang paling mendasar untuk mencegah atau meminimalisir bunyi mesin yang tidak halus, Anda bisa mencegahnya dengan selalu menggunakan sparepart asli atau original.

Karena, dengan menggunakan sparepart yang original dari pabrik, tentu saja akan sangat efektif untuk meminimalisir terjadinya komponen yang kurang pas.

Mengingat, suara yang muncul dari mesin motor tersebut juga kemungkinan karena masalah komponen yang kurang pas dan sesuai.

Memang, harganya terbilang lebih mahal ketimbang dengan yang KW. Hanya saja, walaupun dinilai sedikit mahal dibanding dengan onderdil imitasi, namun sparepart asli lebih terjamin dan memang sudah sesuai dengan type motor yang dimaksud.

Dengan begitu, jangan ragu untuk memastikan setiap komponen atau onderdil pada motor Anda adalah yang asli atau original.

Cek Kondisi Gear dan Rantai

Selanjutnya, untuk meminimalisir terjadinya suara yang muncul dari dalam ruang mesin, tentunya Anda harus melihat kondisi gear dan rantai motor.

Karena, jika rantai mengalami setelah yang kurang pas (kendur) maka akan memberikan efek pada kinerja mesin yang kurang optimal.

Bahkan, tak menutup kemungkinan bisa saja menyebabkan kerusakan pada komponen di dalam mesin.

Tak sampai di situ saja, bahkan rantai yang kering dan kotor pun juga berpotensi sekali bisa menimbulkan korosi (karat), yang bisa saja berbahaya ketika mesin motor dihidupkan atau dikendarai.

Oleh karena hal tersebut maka sudah barang tentu akan berdampak pada proses kinerja mesin yang memicu adanya suara berisik ketika motor dihidupkan.

Dengan begitu, cara untuk mengatasinya, Anda bisa menjaga posisi rantai berada pada setelah yang ideal atau sesuai rekomendasi pabrikan.

Bukan tanpa sebab mengingat gear dan rantai sangat berkaitan erat dengan putaran mesin. Jika mesin bagus namun rantai atau gear-nya bermasalah maka bisa memicu problem, yakni berupa suara mesin yang berisik atau terdengar tidak halus.

Jangan Lupa, Service Rutin

Terlepas dari beberapa langkah praktis di atas, tentu hal lain yang tak bisa Anda tinggalkan adalah selalu merawat mesin dengan jalan rutin service berkala ke bengkel resmi.

Langkah ini sangat efektif sekali untuk mencegah atau mengetahui apakah ada masalah atau tidak pada motor Anda. Tak terkecuali pada bagian permesinan yang mungkin sering mengeluarkan bunyi kasar saat mesin dihidupkan.

Maka dari itu, selalu lakukan service rutin untuk menjamin agar kondisi mesin pada motor selalu dalam keadaan yang prima sehingga munculnya bunyi atau suara tidak halus dari sisi ruang pacu bisa diminimalisir dengan baik.

Mengatasi Suara Mesin Motor Kasar

Bagaimana teman-teman? Apakah sudah paham beberapa langkah praktis mengenai tips merawat mesin motor supaya tidak bersuara kasar?

Tentunya, beberapa langkah di atas adalah tips yang sebenarnya cukup mudah untuk Anda lakukan karena tidak banyak memerlukan biaya. Hanya langkah perawatan preventif untuk mencegah adanya kerusakan pada bagian ruang mesin yang kemungkinan dipicu karena komponen yang tidak terawat dengan tepat.

Demikian tadi ulasan mengenai cara merawat mesin motor agar tetap halus dan tidak bersuara kasar. Mas Sena sampai di sini berharap bahwa langkah atau tips otomotif mengenai perawatan mesin motor di atas bisa menjadi sumber referensi yang mudah dipraktekkan.

Bagan