Cara Merawat Mobil agar Awet Tanpa Ribet

Cara merawat mobil yang benar untuk menunjang performa agar tetap dalam kondisi prima dan awet

Cara Merawat Mobil – Sebagai pemilik mobil, sudah menjadi kewajiban untuk selalu melakukan perawatan rutin pada mobil. Hal ini dilakukan supaya mobil tetap awet dan dalam kondisi yang baik.

Ada berbagai cara merawat mobil yang bisa dilakukan untuk menjaga performa tetap prima meskipun sudah berumur. Ini tentu menjadi perhatian penting yang harus dipahami oleh para pemilik mobil.

Meski sepele namun dalam menerapkan cara merawat mobil, ada beberapa teknik yang patut diketahui mengingat tidak hanya sekedar menjaga bodinya tetap kinclong tetapi juga menjaga agar performa mobil selalu dalam kondisi yang baik.

Cara Merawat Mobil

Teknik perawatan mobil ini juga tak terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Artinya, hanya diperlukan rutinitas dan sedikit informasi mengenai langkah yang benar dalam melakukan perawatan mobil sehari-hari.

Dengan begitu, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara merawat mobil yang benar, tentunya kunjungan Anda ke web ini sudah tepat sekali.

Nah, terkait soal tersebut, ada 3 bagian utama yang perlu dilakukan untuk memelihara kondisi mobil agar tetap prima dan tidak mudah rusak. Kira-kira apa saja itu?

Tak perlu berlama-lama, berikut Mas Sena akan sedikit jelaskan beberapa bagian mobil yang perlu dirawat sebelum menginjak pada penerapan cara merawat mobil.

Bagian Mobil yang Perlu Dirawat

Ada beberapa sektor atau bagian mobil yang perlu mendapat perhatian khusus dari para pemiliknya. Antara lain sebagai berikut.

Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

Eksterior

Bagian eksterior adalah bagian terluar dari mobil. Dimana, sektor ini lebih menekankan pada perawatan di sisi bodi mobil secara keseluruhan, baik dari sisi depan, samping, belakang, dan atas.

Selain itu, sektor eksterior di sini juga menjadi bagian penting yang sangat lekat akan kesan penampilannya. Maka dari itu, bagian ini juga perlu penanganan dari si pemilik supaya penampilan eksterior pada mobil menjadi lebih terjaga dan menarik.

Interior

Tak hanya tampilan luarnya saja, interior juga menjadi bagian mobil yang perlu dirawat dan mendapat perhatian khusus dari si pemilik mobil.

Apalagi, interior di sini berkaitan erat dengan ruang kabin yang mana menjadi ruang penumpang dan pengemudi.

Nah, guna menjaga kenyamanan dalam berkendara maka diperlukan perawatan di berbagai sisi dalam kabin atau interior, seperti dashboard, jok, maupun fitur pelengkap lain yang disematkan di bagian ini.

Mesin

Tak bisa dipungkiri bahwa sektor mesin juga merupakan bagian mobil yang perlu dirawat. Hal tersebut tak lepas dari fungsi mesin sendiri.

Dimana, keberadaan mesin sangat diperlukan dalam menunjang performa saat mobil dikendarai. Tidak jarang beberapa pemilik mobil mengesampingkan sisi ruang pacu dari mobil.

Oleh karena itu, sangat perlu memperhatikan kondisi mesin yang terdiri dari beberapa komponen penting agar kondisi performa mobil tetap baik sekaligus meminimalisir terjadinya kerusakan ketika dalam perjalanan.

Cara Merawat Mobil

Setelah mengetahui dan memahami bagian mobil yang perlu dirawat, berikut di bawah ini akan Mas Sena sajikan informasi mengenai cara merawat mobil yang benar agar kondisinya tetap awet dan prima.

Cara Merawat Mobil Agar Awet

Perawatan Eksterior Mobil

Cara merawat mobil bagian pertama yakni perawatan pada sektor eksterior atau bagian bodi sebagai sisi terluar.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga bodi eksterior agar tetap baru yakni bisa dengan mencuci mobil secara rutin. Anda bisa mencuci mobil setiap dua minggu sekali.

Namun, akan sangat lebih baik, khususnya ketika kehujanan. Air hujan mengandung zat kimia yang bisa membuat kilau mobil menjadi berkurang.

Ada baiknya, untuk mencuci mobil, gunakan sampo mobil untuk mengembalikan warna cerah cat. Hindari penggunaan shampo untuk rambut atau sabun cuci selain khusu mencuci mobil karena dikhatirkan justru akan merusak cat pada mobil.

Jika tidak punya shampoo khusus mobil, Anda cukup lakukan penyiraman saja pada mobil sampai bersih dengan air bersih.

Langkah ini dirasa perlu sebagai cara dasar dalam melakukan perawatan bodi mobil. Untuk penggunaan wax atau compound mobil, itu termasuk pilihan. Yang terpenting adalah mencuci mobil dengan menggunakan air bersih secara rutin.

Perawatan Interior Mobil

Kemudian, cara merawat mobil di bagian interior, Anda bisa melakukan beberapa sederhana yang tidak terlalu rumit.

Seperti dengan membersihkan dashboard dengan mengelapnya menggunakan kain yang lembut. Selain itu, untuk menyingkirkan debu di bagian sudut maupun lubang AC, Anda cukup menggunakan kemoceng atau kuas saja.

Nah, sebagai tambahan, disarankan menggunakan Biopolish Leather Care guna menjaga dashboard agar tidak kering ketika terkena sinar matahari.

Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan jok mobil. Untuk membersihkannya pun Anda tidak perlu membawanya ke salon mobil.

Karena, untuk perawatan rutin harian, cara membersihkannya hanya cukup dengan menggunakan lap kering, sikat gigi yang tidak terpakai atau kalau perlu, Anda juga bisa menggunakan penghisap debu untuk mengurangi debu yang menempel secara lebih maksimal di bagian jok mobil.

Lalu, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian langit-langit pada kabi dengan menggunakan lap basah. Namun, setelah dibersihkan, gunakan lap bersih yang kering untuk membersihkan sisa-sisa air dan kotoran yang masih menempel.

Perawatan Mesin Mobil

Nah, satu bagian penting dalam menerapkan cara merawat mobil yakni dengan melakukan pengecekan pada sektor mesin mobil.

Dimana, pengecekan yang perlu dilakukan yakni melihat kondisi oli mesin. Caranya, bisa dengan sedikit meneteskan cairan oli, jika terdapat serpihan halus, maka sudah saatnya oli diganti.

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi air radiator. Karena, air radiator di sini berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang mesin beroperasi. Isilah air radiator jika sudah mulai berkurang.

Periksa juga kondisi kabel dan lampu mobil. Sebab, komponen ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Maka dari itu, pastikan bahwa tidak ada kabel yang putus atau mulai rusak.

Lalu, cek juga kondisi kabel pada lampu. Mengingat, lampu adalah bagian penting untuk menunjang pencahayaan ketika berkendara di malam hari. Jika terjadi kerusakan maka segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Kemudian, yang tak kalah penting dalam perawatan mesin mobil di sini adalah soal aki. Bukan tanpa alasan mengingat fungsi aki sendiri sebagai sumber tenaga untuk menghidupkan mesin, lampu, dan beberapa fitur interior.

Pastikan kondisi air aki masih dalam batas seharusnya. Jika sudah berada di bawah garis penanda maka Anda bisa mengisi air aki.

Selain itu, Anda bisa juga dengan mengukur tegangan pada aki dengan menggunakan voltmeter. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi aki apakah masih ada aliran listrik atau sudah soak.

Cara Merawat Mobil Secara Rutin

Nah, dari sekian beberapa langkah atau cara merawat mobil dari tiap bagian, mulai eksterior, interior, sampai pada mesin di atas, tentunya menjadi sebuah referensi yang patut Anda pahami.

Di sisi lain, beberapa informasi di atas adalah langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memelihara kondisi mobil sehari-hari. Sehingga, tidak harus melulu datang ke bengkel setiap ada kerusakan.

Dengan demikian, beberapa cara merawat mobil di atas bisa mencegah terjadinya kerusakan parah, khususnya di bagian mesin dan kelistrikan yang sangat perlu mendapat perhatian khusus.

Oke kawan, demikian ulasan mengenai langkah-langkah ataupun cara merawat mobil yang benar untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima seperti baru. Semoga menjadi tips yang bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Sekian dan sampai bertemu kembali.

Bagan