Cara Merawat Motor yang Tepat agar Awet dan Berumur Panjang

Tips merawat motor yang benar dan tepat supaya usianya lebih lama dan tidak mudah rusak

Cara Merawat Motor – Sebagai kendaraan yang praktis, tentu sepeda motor menjadi tipe alat transportasi yang paling banyak digemari oleh masyarakat kita di Indonesia.

Berbagai macam motor dari brand-brand kenamaan pun turut hadir dengan bekalan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen atau pasar.

Nah, dari sekian banyak merk motor tersebut, tentu saja membuat konsumen lebih mudah dalam memilih tipe atau merk motor sesuai keinginan mereka. Namun, satu yang perlu diketahui sebagai pemilik kendaraan bermotor adalah perawatan terbaik.

Cara Merawat Motor

Dimana, Anda harus memahami bagaimana cara merawat motor yang tepat supaya awet dan tentunya memiliki usia yang panjang. Ini perlu dilakukan guna menjaga performa motor agar tetap dalam kondisi prima.

Lalu, bagaimana sih penerapan perawatan motor yang benar dan tepat itu? Penasaran ya kawan-kawan?

Jangan khawatir, kali ini Mas Sena bakal membagikan informasi mengenai tips atau cara merawat motor yang tepat supaya tetap awet dan memiliki usia cukup lama.

Cara Merawat Motor

Di bawah ini akan Mas Sena sampaikan mengenai beberapa langkah terbaik dalam menerapkan cara merawat motor yang benar dan tepat. Antara lain adalah sebagai berikut.

Perawatn Motor Rutin

Lakukan Perawatan Sehari-Hari

Melakukan perawatan sehari-hari untuk motor merupakan salah satu cara merawat motor yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah.

Dimana, perawatan sehari-hari di sini meliputi berbagai langkah mudah dan dilakukan secara rutin dengan melakukan pengecekan. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan secara lebih sempurna.

Lakukan Pemanasan Mesin Motor setiap Pagi

Memanasi mesin motor setiap pagi pun adalah langkah terbaik dan mudah sebagai penerapan dari cara merawat motor yang bisa Anda lakukan.

Tak bisa dipungkiri bahwa pemanasan motor di sini diupayakan supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal.

Namun, jangan lupa bahwa untuk memanasi mesin motor, sebaiknya menggunakan kick starter saja supaya starter elektrik menjadi lebih awet.

Lakukan pemasanan motor paling tidak 5 menit setiap pagi saat akan digunakan untuk berkendara.

Ganti Oli Berkala secara Rutin

Kemudian, cara merawat motor yang tepat dan benar adalah dengan melakukan penggantian oli secara rutin sesuai dengan jadwal penggantian.

Umumnya, penggantian oli mesin dilakukan setiap 1.000 Km. Sedangkan, untuk oli transmisi motor (oli gardan) sendiri pada umumnya perlu dilakukan penggantian oli jika sudah mencapai 5.00 Km.

Akan tetapi, jika Anda lupa terhadap acuan jarak Km, Anda bisa melakukan perawatan atau penggantian oli setiap menginjak 3 bulan sekali.

Hanya saja, sangat disarankan untuk menggunakan oli yang benar-benar ditentukan oleh pabrikan supaya sesuai dengan spesifikasi dari mesin yang ada.

Hindari Indikator Bahan Bakar sampai Habis

Dalam menjaga kondisi motor agar tetap dalam kondisi prima maka jangan sampai motor ini kehabisan bensin atau bahan bakar.

Kemudian, cara merawat motor dengan mencegah kehabisan bensin di sini tentu akan membuat kondisi mesin motor menjadi lebih awet.

Terlebih pada motor matic dengan teknologi injeksi. Oleh sebab alasan itu maka usahakan selalu motor matic, hindari jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer.

Di sisi lain, upayakan bahwa motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi terjadinya kehabisan bensin atau bahan bakar.

Cara Perawatan Motor Terbaik

Cek Keadaan V-Belt dan Roler

Di sisi lain, cara merawat motor terbaik dan tepat adalah dengan selalu mengecek kondisi V-Belt dan juga roler yang memang tak bisa ditinggalkan.

Bukan tanpa alasan, bahan V-Belt (khusus motor matic) terbuat dari karet yang mana dikhawatirkan bakal rentan putus sehingga nantinya akan berdampak pada mesin motor menjadi berhenti dan tidak bisa dijalankan.

Maka dari itu, cek kondisi V-Belt paling tidak sebulan atau dua minggu sekali. Jika kondisi karet pada v-belt tersebut mengalami aus maka sebaiknya sesegera mungkin untuk dilakukan penggantian.

Gunakan v-belt yang orisinil sesuai pabrikan agar lebih sesuai dan awet sehingga tidak cepat diganti.

Rawat Aki dengan Melakukan Pengecekan Rutin

Kemudian, cara merawat motor yang perlu untuk Anda lakukan yakni dengan merawat kondisi aki. Mengingat, komponen yang satu ini sangat diperlukan untuk menunjang kelistrikan dalam sistem kerjanya.

Jika aki bermasalah maka sudah barang tentu motor akan kehilangan power yang nantinya akan berdampak fatal, seperti cahaya lampu yang mulai berkurang, starter menjadi mogok, dan kendala lain yang berkaitan erat dengan aki.

Maka dari itu, untuk soal perawatan aki motor di sini, jangan sampai di sepelekan atau dipandang sebelah mata. Karena, jika terlambat dalam penanganan bisa berakibat fatal.

Oleh karena hal tersebut maka sangat disarankan untuk para pengguna melakukan penggantian aki setidaknya 8 bulan sampai 12 bulan sekali tergantung dari intensitas penggunaan motor itu sendiri.

Hindari Penggunaan Gas yang Mendadak

Tak hanya soal aki, cara merawat motor yang harus Anda ketahui dan lakukan yakni dengan mencegah penggunaan gas yang dadakan.

Artinya, Anda harus menggunakan gas saat mengendarai motor dengan mode kecepatan yang bertahap. Jangan secara tiba-tiba menurunkan gas karena justru hal ini akan merusak mesin, terutama v-belt pada motor matic.

Dari sini, Anda tentunya harus bisa mengendalikan gas saat mengendarai motor supaya mesin menjadi awet dan tidak mudah rusak.

Selain itu, usahakan untuk menarik gas secara pelan dan bertahap ketika motor selesai dipanaskan (waktu pagi hari). Hal ini untuk mencegah mesin kaget saat mulai dikendarai.

Rutin Service ke Bengkel Resmi

Cara merawat motor yang tepat dan benar supaya awet adalah dengan melakukan service rutin.

Service rutin di sini umumnya meliputi penggantian oli mesin, pembersihan dan pengecekan karburator serta setting ulang motor sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrikan.

Di sisi lain, agar perawatan service lebih maksimal, mintalah kepada mekanik saat melakukan service motor untuk mengecek kondisi aki, Van-Belt, dan juga roler. Selain itu, mintalah untuk mengecek kapmas motor dan juga air-collant apakah perlu diganti atau tidak.

Lakukan service rutin seperti ini paling tidak 2 bulan sampai 3 bulan sekali tergantung dari intensitas penggunaan motor.

Namun, jika dirasa motor sudah mulai terasa kurang nyaman maka tak perlu menunggu waktu 3 bulan langsung saja bawa motor ke bengkel resmi untuk mendapatkan treatment perawatan dan perbaikan jika terjadi kerusakan.

Tips Merawat Motor

Dari berbagai cara merawat motor di atas, jangan lupa juga bahwa lakukan pencucian motor seminggu sekali dengan menggunakan air bersih saja dengan pembilasan untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel.

Untuk pencucian penggunaan sabun, bisa dilakukan dalam kurun waktu sebulan sekali. Bisa juga dengan menggunakan silikon untuk mengkilapkan bodi motor. Ini merupakan langkah terbaik sebagai perawatan terhadap kondisi bodi motor agar tampilannya tetap menawan dan menarik.

Nah, demikian ulasan mengenai tips atau cara merawat motor yang benar dan tepat serta bisa Anda lakukan secara mandiri. Mas Sena harap semoga topik ini bisa membawa manfaat untuk teman-teman semua.

Bagan