Kiat-Kiat Merawat Motor Bebek agar Awet

Mengungkap bagaimana langkah terbaik merawat motor bebek

Cara Merawat Motor Bebek – Di tengah trend motor matic (skutik) yang sudah menyebar luas sebagai kendaraan roda dua yang difavoritkan saat ini, ternyata pangsa motor bebek di Indonesia masih terbilang cukup banyak peminatnya.

Hal itu tak bisa dilepaskan dari cukup kuatnya motor bebek bertahan di tengah gempuran mayoritas motor matic yang kini bertebaran di pasar otomotif roda dua nasional.

Apalagi, menurut beberapa pengalaman, perawatan motor bebek dirasa lebih mudah dan biayanya lebih terjangkau dibandingkan skuter matik. Ini tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi kendaraan yang pernah melegenda di awal tahun 2000-an.

Cara Merawat Motor Bebek

Namun, jika Anda adalah seorang penggemar motor bebek, tentu saja Anda tetap harus mengenal sekaligus memahami cara merawat motor bebek.

Bukan tanpa alasan mengingat meski dikenal sebagai motor yang “tidak manja” tentu saja membutuhkan perhatian cukup serius. Apalagi, saat ini onderdil atau pun spare part motor bebek lambat laun mulai sulit dicari.

Kondisi seperti ini sudah sepantasnya sanggup memicu para pemilik kendaraan motor bebek untuk benar-benar menjaga dan merawatnya agar tidak mudah rusak.

Nah, dalam topik kali ini, Mas Sena sendiri akan memberikan informasi soal bagaimana cara merawat motor bebek yang tepat supaya lebih awet dan performanya dalam kondisi selalu prima.

Cara Merawat Motor Bebek

Dalam penerapannya, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan cara merawat motor bebek. Antara lain adalah sebagai berikut.

Perawatan Motor Bebek

Rutin Mengecek Kondisi Oli Mesin

Satu hal pertama yang sangat penting dalam cara merawat motor bebek adalah Anda harus rutin dan berkala melakukan pengecekan pada kondisi oli mesinnya.

Lebih detailnya, pengecekan oli di sini merujuk pada kondisi kapasitas oli tersebut, apakah masih dalam batas normal atau justru sudah mendekati batas minim. Jika sudah mulai berkurang kapasitas olinya maka Anda perlu menambahnya.

Selain itu, pengecekan di sini juga perlu melihat bagaimana kualitas daripada oli tersebut. Bila kekentalannya masih bagus (tidak hitam pekat) maka tandanya masih bisa digunakan.

Namun, bila sebaliknya, oli menunjukkan warna hitam dan berbau sedikit terbakat itu tanda bahwa harus ada penggantian oli.

Penggantian oli yang tepat tentu akan memberikan pengaruh positif bagi komponen mesin motor bebek, karena perannya yang begitu vital sebagai bahan pelumas mesin sekaligus menjaga suhu dalam mesin agar tetap stabil.

Cek Kondisi Aki Motor Bebek

Kemudian, hal lain yang perlu untuk Anda lakukan sebagai cara merawat motor bebek adalah dengan melakukan pemeriksaan pada aki motor itu sendiri.

Untuk pengecekan kondisi aki motor, Anda bisa dengan melihat indikator pembatas air aki. Nah, jika tampak bahwa jumlah air akinya mulai menurun maka dapat dikatakan motor kalian terjadi permasalahan pada kelistrikan.

Bila sudah terdeteksi ada masalah maka segera bawa motor bebek Anda ke bengkel resmi khusus pengecekan aki motor.

Nah, perlu untuk teman-teman ketahui bahwa batas usia aki motor bebek terbaik adalah 2 tahun sejak pertama kali digunakan.

Artinya, bila aki sudah mencapai 2 tahun, Anda sebaiknya mengganti dengan yang baru meskipun kondisi aki masih terlihat bagus. Karena, sewaktu-waktu, aki motor bebek tersebut bisa mati dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Periksa Rantai dan Roda Gigi

Sementara itu di sisi lain, dalam merawat kondisi motor bebek, Anda juga perlu mengecek kondisi rantainya dan roda gigi.

Karena, dua komponen tersebut adalah komponen yang berfungsi sebagai penggerak dari motor bebek itu sendiri. Ini yang menjadi pembeda antara motor bebek dengan skutik.

Nah, pengecekan di sini dilakukan dengan melihat apakah rantai motor ada yang longgar atau tidak, kendor atau tidak.

Pastikan bahwa pemasangan rantai motor bebek sesuai dengan settingan pabrik. Karena, hal ini sangat berpengaruh pada ruang dan beban gerak rantai ketika akan menjalankan roda motor.

Service Motor Bebek

Service Rutin dan Berkala

Berkali-kali Mas Sena selalu mengingatkan bahwa perawatan kendaraan terbaik, termasuk motor bebek adalah dengan melakukan service secara rutin.

Bukan tanpa alasan karena service rutin di sini akan memberikan dampak positif bagi kondisi motor mengingat saat service, tentu setiap komponen (terutama bagian mesin) selalu mendapat perhatian dari mekanis.

Jika terjadi masalah sedikit saja maka akan ketahuan sehingga bisa dengan segera untuk diperbaiki agar bisa berjalan normal sebagaimana mestinya.

Di sinilah perlunya bagi Anda untuk terus melakukan service rutin supaya motor Anda dalam kondisi yang baik dan memiliki cukup performa.

Pastikan Filter Karburator dalam Kondisi Baik

Di sisi lain, cara merawat motor bebek yang perlu mendapat perhatian adalah pada bagian filter karburator itu sendiri.

Dimana, peran filter karburator di sini memegang peran penting sebagai sistem pengabutan, yakni proses pemasukan bahan bakar kedalam silinder pada mesin motor.

Karena keberadaannya sangat penting maka komponen filter kaburator ini harus terjaga dengan baik supaya kondisi mesin motor bebek selanjutnya bisa berfungsi kembali dengan normal.

Nah, terkait soal itu, pada umumnya motor bebek memiliki dua filter karburator, yakni yang tipe basah dan model kering.

Untuk model filter basah, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan bensin. Sedangkan, untuk filter kering, Anda hanya bisa membersihkannya dengan kompresor angin untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.

Perlu diketahui bahwa filter karburator di sini rentan terhadap kerusakan. Sehingga, Anda harus benar-benar rajin merawatnya, yakni salah satunya dengan selalu memantau kondisi sekaligus membersihkannya sesuai jenis.

Cek Kondisi Busi Motor Bebek

Lalu, pada soal lain, tentu cara merawat motor bebek di sini Anda harus juga turut memperhatikan kondisi busi.

Busi harus selalu dicek, jika kotor Anda bisa membersihkan ujung busi dengan amplas. Namun, hal ini sebaiknya jangan dilakukan secara terus menerus.

Mengingat, busi memiliki masa pakai. Yang mana sampai 2 tahun pemakaian. Bila melebihi batas tersebut maka segera ganti dengan busi yang baru agar sistem pembakaran pada motor bebek selalu terjaga kinerjanya.

Hal ini perlu untuk Anda lakukan mengingat busi yang sudah tidak prima, sudah barang tentu bakal merepotkan Anda, apalagi saat perjalanan. Performa motor yang prima, tentu saja akan berpengaruh juga pada busi yang sehat.

Panaskan Mesin Motor secara Rutin

Cara merawat motor bebek terakhir yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan secara rutin adalah dengan melakukan pemanasan motor.

Pemanasan mesin motor bebek di sini bertujuan supaya setiap komponen mesin bisa lebih regang sekaligus meratakan oli agar melumasi setiap bagian atau celah yang ada pada ruang permesinan.

Nah, untuk waktu pemanasan mesin motor sendiri, Anda hanya cukup perlu waktu 5 menit saja setiap pagi.

Cara Service Motor Bebek

Dari beberapa langkah di atas, sudah jelas bahwa perawatan motor bebek adalah hal yang perlu dilakukan. Apalagi, cara perawatannya yang relatif mudah, sudah barang tentu akan memudahkan Anda dalam menjaga performanya.

Nah, demikian ulasan mengenai bagaimana cara merawat motor bebek yang benar dan tepat supaya awet dan tentunya tahan lama. Sekian dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan