Cara Merawat Motor Matic Injeksi Agar Tetap Garang di Jalanan

Cara merawat motor matic injeksi dilihat dari kondisi komponen – komponen yang berada di dalam motor.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi – Di jaman sekarang ini, semakin banyak masyarakat yang menggunakan sepeda motor jenis matic untuk moda transportasi sehari – hari.

Dalam hal ini, apabila kita mengamati di jalanan, pengguna motor matic ini lebih banyak dijumpai pada kalangan wanita daripada laki – laki.

Beberapa alasan yang menjadikan masyarakat Indonesia, terlebih para wanita menggunakan motor matic ini karena tidak rumit seperti motor manual atau bahkan motor kopling.

Sehingga, orang – orang yang baru yang belajar menggunakan motor, pasti menjatuhkan pilihan kepada motor matic sebagai motor yang digunakan untuk belajar.

Motor matic yang banyak digunakan oleh masyarakat umum adalah motor matic yang memiliki sistem injeksi.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Dilihat dari kemampuannya, motor matic injeksi ini memiliki beberapa kelebihan apabila dibandingkan dengan motor matic dengan sistem karburator.

Dalam hal ini, motor matic injeksi ini memiliki tenaga yang lebih maksimal dan konsumsi bahan bakar yang irit dan efisien.

Berkat penggunaan sistem injeksi ini, maka motor matic teman – teman diklaim memiliki mesin yang lebih awet dan tahan lama.

Namun, dengan kelebihan yang dimiliki tersebut, teman – teman perlu mengetahui cara merawat motor matic injeksi agar tetap garang di jalanan agar tidak terjadi kendala – kendala selama teman – teman kendarai.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Beberapa hal yang patut diperhatikan dan dilakukan dalam cara merawat motor matic injeksi yang Mas Sena sarankan sebagai berikut.

Kendarai Motor dengan Baik

Cara merawat motor matic injeksi agar tetap garang di jalanan selanjutnya dapat dilakukan dengan cara mengendarai motor dengan baik.

Hal – hal apa saja yang harus diperhatikan agar dapat mengendarai sebuah motor ini dengan baik?

Salah satunya adalah teman – teman dapat mengendarai motor tanpa sering melakukan pengereman secara tiba – tiba, kemudian langsung melaju dengan kecepatan tinggi, dan berulang secara terus menerus.

Hal ini dikarenakan motor yang digunakan kurang bijaksana, dengan memacu kendaraan dalam posisi cepat kemudian mengerem secara mendadak dan terus berulang dapat menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga tidak awet.

Panasi Mesin di Pagi Hari atau Sebelum Dikendarai

Mesin yang dipanasi setiap pagi hari secara rutin atau paling tidak sebelum dikendarai memiliki efek yang sangat penting.

Hal ini dikarenakan proses pembakaran di dalam mesin akan sempurna setiap hari atau sebelum dikendarai.

Di samping itu, dengan memanasi mesin secara rutin dapat membuat oli mesin melumuri setiap bagian yang berada dalam mesin, sehingga suhu dari mesin tersebut stabil.

Lalu, berapa lama waktu yang dianjurkan untuk memanasi motor matic injeksi ini agar maksimal digunakan?

Mas Sena sarankan agar teman – teman memanasi motor dalam waktu 5 sampai dengan 10 menit.

Perlu teman – teman ketahui, untuk menghidupkan mesin saat dipanasi ini sebaiknya menggunakan kick starter. Dimana posisi motor sebaiknya dipasang dalam keadaan standar ganda.

Menghidupkan mesin dengan menggunakan kick starter yang berulang – ulang dalam kondisi motor masih belum hidup memiliki manfaat agar oli dapat melumuri bagian – bagian mesin terlebih dahulu.

Cek Kondisi Bahan Bakar

Selanjutnya, teman – teman perlu melakukan pengecekan kondisi bahan bakar secara berkala agar motor matic injeksi tetap garang di jalanan.

Hal yang penting diperhatikan dalam cara ini adalah jangan sampai membeiarkan kondisi tangki bahan bakar sampai kosong tanpa ada bahan bakarnya sama sekali.

Hal ini dikarenakan ketika motor matic terlebih yang menggunakan sistem injeksi ini sampai mogok karena kehabisan bakan bakar memiliki efek jangka panjang yang kurang baik bagi mesin.

Perlu diingat juga oleh teman – teman, Mas Sena menyarankan untuk selalu mengisi bahan bakar di tempat – tempat yang pengisian resmi atau pom bensin.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko penggunaan bahan bakar oplosan yang masih sering dilakukan oleh pedagang bahan bakar eceran.

Ganti Oli Secara Berkala

Mengganti oli secara berkala menjadi salah satu cara merawat motor matic injeksi agar tetap garang di jalanan.

Sebaiknya, oli motor diganti setiap pemakaian yang mencapai jarak sekitar 1500 sampai dengan 2000 km.

Dengan penggantian oli secara berkala, maka kapasitas oli tidak akan kekurangan untuk melumuri bagian – bagian yang berada dalam mesin. Sehingga mesin tidak akan cepat rusak.

Selain itu, dengan kapasitas oli yang tidak mencukupi akan membuat mesin menjadi overheat dan mengakibatkan motor menjadi boros bahan bakar.

Sama seperti pengisian bahan bakar, untuk penggantian oli secara berkala ini Mas Sena sarankan kepada teman – teman untuk mengganti atau membeli oli di bengkel resmi.

Cek Kondisi Shockbreaker

Komponen motor yang harus teman – teman lakukan pengecekan untuk merawat motor matic injeksi agar tetap garang ini adalah shockbreaker.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi Dengan Baik

Gejala – gejala yang ditimbulkan oleh kondisi shockbreaker yang sudah tidak dapat bekerja secara maksimal adalah dengan munculnya suara yang berasal dari shockbreaker.

Hal ini dimungkinkan karena kondisi oli yang berada di dalam shocbreaker harus segera dilakukan penggantian.

Dalam hal ini, batas wajar penggantian oli shocbreaker adalah motor mencapai jarak pemakaian sekitar 10.000 km.

Di samping itu, untuk menjaga performa dari shockbreaker motor teman – teman, sebaiknya menghindari untuk membawa beban yang berlebih.

Hal ini dikarenakan semua yang ada di dunia ini memiliki batas, tidak terkecuali sebuah sepeda motor. Apalagi motor matic injeksi ini menggunakan shocbreaker tunggal yang terletak di samping.

Cek Kondisi Aki dan Busi

Aki dan busi memiliki peranan yang sangat vital dalam performa mesin sepeda motor.

Fungsi aki di dalam sepeda motor adalah untuk menudukung hal – hal yang berkaitan dengan listrik di dalam motor.

Oleh karena itu, perlunya dilakukan pengecekan aki dan busi secara rutin untuk menjaga motor matic injeksi ini tetap garang dan optimal.

Mungkin disini teman – teman sudah tidak asing dengan istilah aki ngedrop. Nah aki ngedrop tersebut dapat diakibatkan karena air aki yang kurang, aki sudah waktunya ganti, dan penggunaan aksesoris motor yang berlebihan.

Apabila fungsi dan kondisi dari aki maupun busi tersebut sudah tidak maksimal atau mengalami kerusakan, segera lakukan penggantian.

Penggantian aki dan busi ini dapat dilakukan dengan membawa sepeda motor ke dealer atau bengkel terdekat.

Cek V-Belt dan Roller

V-Belt ini biasa digunakan oleh motor matic injeksi untuk menggabungkan mesin dengan roda.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi Baru

Oleh karena itu, potensi dari V-Belt ini rusak sangatlah besar, karena terbuat dari bahan karet yang dapat putus kapan saja.

Dalam hal ini, secara normal V-Bel dapat digunakan pada jarak pemakaian mencapai 20.000 sampai dengan 25.000 km.

Namun, untuk motor matic yang sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh, sebaiknya V-Belt ini dilakukan pengecekan secara berkala.

Selain itu, untuk merawat motor matic injeksi agar tetap garang di jalanan ini juga sekalian dilakukan dengan pengecekan kondisi roller yang posisinya menjadi satu dengan V-Belt.

Pergi ke Bengkel untuk Service Rutin

Tentunya, beberapa hal di atas merupakan cara – cara merawat motor matic injeksi agar tetap garang di jalanan yang dapat teman – teman secara mandiri.

Namun, apabila terjadi kerusakan – kerusakan, baik dari aki, busi, shokbreaker, V-Belt, maupun roller sebaiknya sepeda motor teman – teman segera di bawa ke bengkel atau dealer resmi terdekat.

Mas Sena lebih menekankan lagi agar teman – teman memiliki jadwal sendiri untuk pergi ke bengkel dalam rangka melakukan service motor secara rutin.

Hal ini dilakukan untuk menjaga performa moto matic injeksi yang menemani perjalanan teman – teman sehari – hari.

Mengingat informasi yang Mas Sena bagikan tentang cara merawat motor injeksi agar tetap garang di jalanan ini sudah dirasa cukup.

Untuk itu, sekian yang dapat Mas Sena bagikan kepada teman – teman. Semoga dengan kondisi motor matic injeksi anda yang prima, aktivitas anda sehari – hari tidak akan terganggu.

Bagan