Cara Merawat Motor saat Musim Hujan

Tips perawatan motor terbaik ketika musim hujan tiba

Cara Merawat Motor saat Musim Hujan – Perawatan kendaraan, termasuk sepeda motor adalah hal penting yang sangat perlu untuk diketahui oleh setiap pemiliknya.

Hal ini tentu akan berdampak positif jika si pemilik memahami bagaimana merawat sepeda motornya. Karena, langkah perawatan yang tepat dipastikan bakal mampu memberikan performa yang stabil dan selalu dalam kondisi yang prima.

Salah satu hal penting yang perlu untuk Anda ketahui adalah bagaimana cara merawat motor saat musim hujan. Mengingat, di saat musim penghujan, tak sedikit beberapa kendala atau masalah yang sering timbul pada sepeda motor.

Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan

Apalagi, air hujan sendiri dinilai memiliki kandungan yang kurang baik jika terkena bodi pada sepeda motor maupun pada blok dan beberapa komponen mesin. So, di sinilah letak perlunya memahami trik atau tips mengenai cara merawat motor saat musim hujan.

Lalu, bagaimana sih implementasi atau penerapan perawatan sepeda motor yang tepat ketika musim hujan itu? Penasara ya kawan?

Tenang kawan, karena kali ini Mas Sena bakal membagikan tips terkait cara merawat motor saat musim hujan agar kondisinya tetap prima dan tidak mudah mengalami kerusakan. Yuk, kita simak bersama tipsnya.

Cara Merawat Motor saat Musim Hujan

Di bawah ini, adalah beberapa langkah teknis tentang pemeliharaan atau cara merawat motor saat musim hujan sebagai upaya preventif untuk meminimalisir adanya kerusakan yang disebabkan oleh air hujan.

Perawatan Motor Di Musim Hujan

Segera Cuci Motor

Cara merawat motor saat musim hujan yang wajib untuk dilakukan adalah rajin mencuci motor Anda. Apalagi, setelah digunakan untuk bepergian saat hujan lebat.

Maksudnya rajin mencuci motor di sini bukan berarti setiap hari harus dicuci melainkan cenderung untuk selalu membersihkan sisa air hujan dari motor.

Caranya yakni dengan rutin membilas dengan air sumur sampai merata, baik pada bagian bodinya maupun di sela-sela blok mesin.

Tujuannya tentu untuk menghilangkan air hujan yang diklaim memiliki kandungan asam yang sangat bisa memicu terjadinya korosi atau karatan. Sehingga, diperlukan pembilasan dengan air tawar untuk menghilangkan air hujan.

Anda bisa melakukannya hanya cukup membilasnya saja kemudian di keringkan dengan kanebo sampai benar-benar kering. Jadi, tidak harus menggunakan sabun.

Bersihkan Sistem Kelistrikan pada Motor

Selanjutnya, dalam cara merawat motor saat musim hujan yang perlu untuk Anda terapkan adalah dengan mengecek sekaligus membersihkan bagian sistem kelsitrikan pada motor.

Jika terjadi endapan air maka segera bersihkan sampai benar-benar kering. Jangan tunggu lama-lama karena air hujan atau air bilasan motor sewaktu-waktu bisa saja masuk ke sela-sela sistem kelistrikan melalui kabel.

Jika ini terjadi maka sangat berpotensi memicu korsleting yang disebabkan karena kabel yang mengelupas dan kemasukan air.

So, selalu cek kondisi sistem kelistrikan pada kabel sepeda motor Anda setelah digunakan bepergian ketika musim hujan.

Ini merupakan salah satu tindakan pencegahan dalam mengurangi atau meminimalisir terjadinya arus pendek pada sistem kelistrikan motor yang dipicu air hujan yang masuk melalui sela kabel.

Rajin Melumasi Rantai Motor

Di sisi lain, rantai juga menjadi komponen penting untuk diperhatikan dalam penerapan cara merawat motor saat musim hujan.

Mengingat, rantai memiliki fungsi yang sangat penting sebagai penggerak roda belakang dari putaran mesin.

Jika terkena air hujan, maka kemungkinan besar potensi terjadinya korosi akan sangat besar mengingat rantai terbuat dari besi yang sangat rentan terkena karatan jika terkena air.

Maka dari itu, solusinya adalah dengan selalu rajin melumasi rantai menggunakan pelumas khusus untuk menfleksibelkan tingkat kekakuan pada rantai motor agar kinerjanya menjadi lebih lancar.

Merawat Sepeda Motor Di Musim Hujan

Cek Bagian Kampas Rem

Lalu, pada cara merawat motor saat musim hujan, jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada bagian kampas rem itu sendiri, khususnya di bagian piringan cakram.

Bukan tanpa alasan mengingat piringan cakram letaknya terbuka jadi pasti akan banyak kotoran yang disebabkan karena serpihan musim hujan di jalan. Dan hal ini dapat mempengaruhi kinerja pada rem.

Maka dari itu, cek kondisi kampas rem supaya rem bisa berfungsi dengan normal tanpa ada kendala yang berarti mengingat air hujan juga sangat berpengaruh pada komponen ini.

Disarankan untuk membilas bagian piringan cakram dengan air biasa saja. Jangan menggunakan bahan sabun atau bahan lain karena sangat berpotensi pada pengaruh kelicinan rem saat diapit oleh kampas.

Cek Tekanan Ban Motor

Kemudian, cara merawat motor saat musim hujan tiba, Anda juga diharuskan untuk melakukan pengecekan pada bagian tekanan motor.

Hal ini dikarenakan mengingat pada saat melewati jalanan banjir, ban pada motor akan bekerja lebih bera dibanding saat jalanan tidak hujan.

Dengan begitu maka sangat penting bagi Anda untuk selalu mengecek tekanan angin pada ban motor. Supaya, performa motor saat melewati medan jalan yang sedikit tergenang air nantinya semakin lebih mudah dan tidak terasa terbebani.

Bersihkan Blok Mesin

Di sisi lain, perawatan yang perlu Anda lakukan untuk menjaga performa motor agar tetap dalam kondisi terbaik yakni dengan membersihkan bagian blok mesin.

Kisi-kisi pada bagian mesin ini adalah komponen yang sudah pasti tidak akan lepas dari percikan air hujan saat melewati medan yang tergenang air.

Bersihkan kisi-kisi pada blok mesin ini dengan mengguyurnya menggunakan air bersih kemudian keringkan sampai bersih.

Namu berhati-hatilah saat mengguyurnya, jangan sampai aliran air masuk ke bagian komponen lain, seperti busi misalnya.

Cara ini dinilai sudah cukup efektif dalam menjaga kondisi blok mesin dari timbulnya korosi atau karatan.

Cek Kondisi Busi

Tak bisa dipungkiri bahwa busi merupakan komponen penting pada motor yang berkenaan dengan sistem pembakaran.

Dimana, pengecekan busi di sini merupakan salah satu wujud dari cara merawat motor saat musim hujan yang mana bisa saja kemasukan air.

Maka dari itu, lihat dan perhatikan kondisi busi sesaat setelah motor digunakan untuk bepergian. Keringkan dengan kain bersih atau lap bersih dan pastikan tidak ada air  yang menempel di bagian businya agar sistem pembakaran nantinya bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Pemeliharaan Motor Saat Musim Hujan

Tak sampai di situ saja, bahkan hal lain yang perlu untuk mendapat perhatian adalah kondisi cat pada bodi motor. Ini merupakan cara merawat motor saat musim hujan yang perlu Anda lakukan untuk menjaga cat motor agar selalu dalam kondisi yang baik.

Tentu saja, beberapa langkah perawatan sepeda motor saat musim hujan di atas bisa menjadi pijakan bagi Anda dalam memelihara kondisi motor ketika musim hujan tiba. Jadi, jangan ragu dan rajinlah untuk selalu menjaga kondisi motor.

Nah, bagaimana kawan? Apakah sudah jelas tips otomotif mengenai perawatan motor di atas? Semoga informasi mengenai cara merawat motor saat musim hujan ini bisa menjadi tips yang membawa manfaat. Sekian dari Mas Sena dan sampai berjumpa lagi di lain kesempatan.

Bagan