Cara Merawat Rantai Motor agar Tidak Kendor dan Berkarat

Tips perawatan rantai pada sepeda motor untuk mencegah karat dan agar lebih awet

Cara Merawat Rantai Motor – Rantai pada sepeda motor tentu adalah komponen sangat penting yang memiliki peran untuk memutar roda agar motor bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Jika rantai motor bermasalah tentu saja akan sangat berpengaruh atau berdampak buruk pada motor karena tidak akan bisa dikendarai/dijalankan. So, tak heran bila rantai motor ini menjadi bagian yang perlu mendapat perawatan.

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa rantai sendiri akan mudah terputus tiba-tiba jika tidak dirawat dengan tepat. Sehingga, diperlukan cara merawat rantai motor agar awet dan tidak kendor.

Cara Merawat Rantai Motor

Pasalnya, perawatan rantai pada sepeda motor ini terbilang cukup mudah. Namun, tidak serta merta asal rawat saja mengingat ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan untuk menjaga rantai motor supaya lebih awet.

Lalu, bagaimana sih cara merawat rantai motor yang benar dan tepat itu?

Sebuah pertanyaan yang tepat. Dan, Mas Sena pun dalam topik kali ini akan menjawabnya dengan menguraikan beberapa langkah mengenai cara merawat rantai motor agar tidak kendor dan mudah berkarat. Namun, sebelumnya, kita simak dulu beberapa penyebab rantai motor mudah rusak sebagai bahan pertimbangan.

Penyebab Rantai Motor Rusak

Perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor penyebab rantai motor rusak yang harus dipahami. Antara lain adalah sebagai berikut.

Membersihkan Rantai Motor

Penggunaan Oli Bekas sebagai Pelumas

Penyebab rantai motor rusak yang umumnya terjadi adalah dikarenakan penggunaan oli bekas yang terlalu sering untuk melumasi rantai dan gear.

Hal ini harus dihindari mengingat oli bekas sendiri terdapat berbagai macam kotoran yang ada pada mesin yang sangat berpotensi merusak kondisi gear maupun rantai motor.

Jadi, jangan menggunakan oli bekas untuk melumasinya. Gunakan oli pelumas khusus untuk melumasi rantai dan gear.

Terkena Air Hujan

Selain itu, pemicu atau penyebab rantai motor rusak juga bisa dikarenakan air hujan yang membasahi bagian rantai sepeda motor.

Memang wajar jika saat musim hujan, rantai akan basah karena cipratan air hujan yang menggenang saat motor dijalankan.

Jika tidak segera dibilas atau dibersihkan maka air hujan ini justru akan membuat rantai mudah karatan. Hal itu tak lepas karena air hujan yang menggenang tentu membawa kotoran atau pasir lembut yang membuat rantai kotor.

Bahkan, kandungan air hujan pun juga bisa mempermudah rantai menjadi karatan.

Pemasangan Gear yang Kurang Presisi

Posisi gear rantai motor juga sangat berpengaruh pada kondisi rantai sepeda motor. Sebab, jika penempatan posisi gear tidak pas maka akan membuat rantai tidak bekerja secara maksimal.

Bahkan, berpotensi putus karena kemungkinan akan tertarik kuat oleh gear yang tidak presisi pemasangannya.

Oleh sebab itu, pastikan posisi gear dengan rantai tetap pada kondisi yang pas agar nantinya kinerja rantai saat motor berjalan menjadi maksimal dan presisi.

Tidak Pernah Dilumasi

Penyebab rantai motor rusak juga sangat dipengaruhi oleh perawatan dalam soal pelumasan. Karena, rantai memerlukan pelumas untuk memperlancar geraknya saat memutar roda.

Jika tidak pernah dilumasi maka sudah jelas akan berpengaruh pada kondisi rantai yang mengering sehingga akan mudah kropos. Dengan begitu maka akan membuat usia motor menjadi tidak panjang.

Cara Merawat Rantai Motor

Perlu untuk dipahami bahwa ada beberapa langkah tepat yang harus dilakukan sebagai penerapan cara merawat rantai motor. Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Perawatan Rantai Motor

Cek Kondisi Rantai saat Motor Akan Digunakan

Pertama, langkah mudah dalam penerapan cara merawat rantai motor yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan rutin kondisi rantai saat motor akan digunakan.

Cek dengan teliti apakah sudah kendor atau masih kencang. Jika terlalu kencang, coba setel setting rantai agar lebih kendor tetapi jangan terlalu kendor.

Pengecekan seperti ini meski terbilang sepele, agaknya sangat penting dan perlu dilakukan untuk menjaga kondisi rantai motor agar tetap dalam kondisi yang prima dan awet.

Pembersihan Rantai secara Rutin

Selanjutnya, cara merawat rantai motor yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pembesihan rantai secara berkala.

Rantai yang kotor justru akan mudah memicu kerusakan gear ini mengingat membawa pasir atau debu yang akan mengganggu jalannya atau pergerakan gear.

Maka dari itu, selalu jaga kebersihan rantai pada sepeda motor dengan membilas dengan air bersih, khususnya ketika hujan deras.

Hal ini langkah terbaik guna menjaga kondisi rantai motor menjadi lebih awet, tahan lama, dan tentunya tidak mudah berkarat,

Namun, perlu diingat bahwa setelah membilas dengan air, usahakan untuk sesegera mungkin mengeringkan rantai supaya tidak memicu timbulnya korosi.

Pakai Selalu Pelumas Rantai

Di sisi lain, cara merawat rantai motor yang sangat perlu untuk dilakukan secara rutin adalah dengan melumasi rantai menggunakan cairan pelumas khusus.

Cara yang satu ini memang dinilai memiliki tingkat efektivitas yang begitu tinggi. Yang mana cara tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama, terlebih jika teman-teman sekalian melumasi dengan cara menyemprotkan.

Akan tetapi, yang harus diingat bahwa gunakan cairan pelumas khusus rantai untuk melumasinya. Hindari penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai dan gear karena justru akan merusak rantai pada motor Anda mengingat oli bekas mengandung kotoran yang bisa berdampak buruk pada rantai.

Setel Posisi Gear secara Presisi

Selanjutnya, untuk cara merawat rantai motor yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek setelah posisi gear secara presisi.

Sangat disarankan sekali bahwa untuk setelah gear pada posisi tengah atau center. Perlakukan seperti tentu bertujuan agar saat berkendara, pengendara menjadi lebih merasa nyaman.

So, sangat disarankan untuk pemasangan rantai atau setelan rantai di sini dilakukan di bengkel resmi yang nantinya dilakukan oleh mekanik yang lebih ahli. Sehingga, posisi gear dan rantai yang presisi pun menjadi lebih terjamin.

Gunakan Selalu Part Genuine

Jangan lupa bahwa untuk selalu menggunakan suku cadang asli standar pabrikan yang memiliki kualitas.

Bukan tanpa alasan mengingat gear pada motor ini bekerja sangat keras untuk bisa menjalankan motor.

Maka dari itu, sangat diperlukan sekali pemilihan gear yang kualitasnya baik supaya nantinya membuat rantai awet dan tidak gampang rusak di tengah perjalanan saat berkendara.

Penggunaan suku cadang asli pabrikan ini tentu menjadi cara merawat rantai motor yang bisa Anda lakukan agar kondisi rantai tetap prima dan baik.

Mencegah Karat Pada Rantai Motor

Menilik sekian banyak cara merawat rantai motor di atas, tentu saja perawatan rutin seperti pengecekan dan pelumasan rantai adalah langkah yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Selain itu, pembersihan menggunakan air bersih saat hujan deras juga menjadi langkah perawatan rantai sepeda motor untuk mencegah terjadinya korosi yang diakibatkan dari air hujan yang mengandung asam tinggi.

Bagaimana kawan? Sudah cukup puaskah dengan penjelasan di atas? Mas Sena harap cara merawat rantai motor ini bisa menjadi referensi yang informatif. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di lain topik otomotif.

Bagan