Cara Periksa Komponen Kaki Mobil dengan Mudah

Langkah tepat dan benar untuk mengecek kondisi komponen kaki-kaki pada mobil dengan mudah

Cara Periksa Komponen Kaki Mobil – Komponen kaki-kaki pada mobil memang jadi segmen yang sangat berpengaruh pada kenyamanan ketika berkendara. Bukan tanpa alasan karena sektor kaki-kaki mobil di sini memiliki peran dan tugas sangat penting dalam menjaga kestabilan ketika melewati berbagai medan jalan.

Maka dari itu, sangat perlu sekali untuk selalu melakukan pengecekan sektor kaki-kaki mobil. Hanya saja, yang disayangkan bahwa tak banyak yang mengetahui cara periksa komponen kaki mobil.

Padahal, bagian kaki mobil di sini sangat perlu mendapat perhatian juga. Apalagi, ketika mobil telah digunakan melalui jalan berlubang dan rusak yang sangat rentan sekali terhadap kerusakan di bagian kaki-kaki.

Cara Periksa Komponen Kaki Mobil

Kondisi seperti ini tentu menjadi kewajaran mengingat bagian inilah yang bekerja keras menjaga keseimbangan dan meredam getaran ketika melewati jalanan yang bergelombang, seperti di jalanan pedesaan yang belum diaspal.

Jika dibiarkan maka akan memicu adanya kerusakan lain. Di sinilah perlunya mengenal cara periksa komponen kaki mobil agar kenyamanan serta keamanan dalam berkendara tetap terjamin nan terjaga.

So, bukan hal yang mengherankan jika topik mengenai cara periksa komponen kaki mobil cukup menjadi hal yang penting dan banyak dicari oleh para pemilik mobil, khususnya yang masih awam soal kaki-kaki mobil.

Cara Cek Kaki Kaki Mobil

Nah, untuk mempermudah Anda dalam memahami kondisi kaki-kaki pada mobil, berikut Mas Sena akan sajikan informasi terbaru mengenai bagaimana cara periksa komponen kaki mobil dengan langkah yang tepat dan benar. Apa saja itu? Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Cara Periksa Komponen Kaki Mobil

Berikut adalah cara periksa komponen kaki mobil pada beberapa sektor yang harus diperhatikan. Antara lain adalah sebagai berikut.

Komponen Kaki Kaki Mobil

Tie Rod dan Long Tie Rod (Rack End)

Komponen pertama yang harus mendapat perhatian ketika memeriksa kaki-kaki mobil adalah Tie Rod dan Long Tie.

Pasalnya, komponen ini merupakan bagian yang berfungsi untuk meneruskan gerak dari setir kemudi ke bagian roda mobil.

Untuk memeriksanya, Anda bisa mendongkrak mobil terlebih dahulu agar mobil terangkat sehingga memudahkan untuk melakukan pengecekan.

Coba gerakan roda atau ban ke kanan dan ke kiri, bila ada bunyi seperti gesekan maka kemungkinan besar bagian Tie Rod mengalami masalah.

Khusus untuk kerusakan bagian ini, Anda disarankan untuk membawa mobil ke bengkel kaki-kaki mobil agar segera diperbaiki.

Karet Bushing Arm

Selanjutnya, cara periksa komponen kaki mobil yang perlu dilakukan yakni mengecek komponen pada karet Bushing Arm.

Komponen yang satu ini berperan penting dalam menjaga gerak naik turunnya ban pada bagian as roda.

Umumnya, kerusakan pada bagian Bushing Arm ini akan mengeluarkan bunyi seperti gesekan bila melalui medan jalan yang rusak atau tidak rata.

Nah, untuk memeriksanya, Anda bisa memulainya dengan menggerakkan atau membelokkan bagian setir ke kanan atau ke kiri hingga mentok. Lalu, coba telitilah bagian komponen yang berbahan karet melingkat di sektor ujung pada as roda mobil.

Bila tampak ada retakan atau pecahan otomatis komponen ini sudah mulai rusak dan disarankan untuk sesegera mungkin melakukan penggantian dengan yang baru. So, diperlukan kecermatan untuk mengecek bagian ini karena retakan yang ada terlihat sangat samar.

Ball Joint

Selanjutnya, langkah lain dalam menerapkan cara periksa komponen kaki mobil adalah pada bagian Ball Joint.

Dimana, komponen yang satu ini punya tugas penting yang berperan mengikat sekaligus sebagai sumbu Lower Arm (as roda pada mobil). Sehingga, posisi as roda mobil akan tetap pada posisinya meski mobil berbelok.

Untuk mengeceknya, Anda bisa menekan roda ke arah atas dan bawah. Pada saat melakukan pemeriksaan atau pengecekan, pastikan bahwa tidak ada bunyi gesekan dan ban tidak naik/turun dengan jeda yang jauh.

Bearing Roda

Lalu, ada pula Bearing Roda yang merupakan komponen penting dari sektor kaki-kaki mobil. Umumnya, kondisi Bearing Roda ini ditentukan oleh faktor usia atau jarak tempuh dari mobil.

Yang mana, data kilometer yang tinggi, biasanya akan menyebabkan Bearing Roda aus atau kering.

Pengecekan pada bagian komponen ini, Anda bisa mendongkrak mobil dan mengeceknya secara cermat dan teliti. Dimana, jika komponen tersebut terasa berderit atau kesat maka pertanda bahwa Bearing roda sudah aus sehingga perlu dilakukan penggantian.

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan test drive. Cirinya, jika ada suara mendengung pada Bearing Roda maka bagian ini sudah rusak dan perlu diganti untuk menjaga agar kondisi kaki-kaki mobil tetap terjaga performanya.

Shockbreaker

Komponen selanjutnya yang perlu diperiksa sebagai bagian dari langkah cara periksa komponen kaki mobil adalah pada sektor shockbreaker.

Bagian ini sangat penting mengingat sebagai komponen yang berperan dalam menahan goncangan ketika melalui jalan yang tak rata atau berlubang.

Nah, untuk mengenali kondisi shockbreaker masih layak atau tidak maka diperlukan pengecekan. Anda bisa melakukan dengan cara test drive dengan melewati medan berlubang dan tidak rata.

Ketika melakukan test drive maka pastikan bahwa guncangan ketika melalui jalan berlubang tidak terasa keras dan tidak ada bunyi keras/tidak wajar.

Di sisi lain, Anda juga bisa mengecek bagan shockbreaker ini di bagian kaki-kaki mobil yang mana posisinya terletak antara ban dan fender mobil. Pastikan bahwa shockbreaker tidak mengalami kebocoran.

Ban dan Velg

Kemudian, cara periksa komponen kaki mobil berikutnya yakni dengan mengecek sektor ban maupun velg.

Yang mana, dalam soal ini memang jadi salah satu komponen penting dalam menunjang gerak mobil, khususnya ketika berbelok di tikungan nan tajam.

Sebagai langkah untuk memeriksa bagian velg, cobalah untuk mengecek setir mobil. Pastikan setir mobil tidak bergetar saat mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Akan tetapi, jika pada saat dikendarai bagian setir bergetar maka sudah pasti bahwa hal tersebut adalah indikasi kuat jika velg sudah tidak rata.

Anda juga perlu memeriksa juga bentuk fisik dari velg tersebut apakah terdapat gelombang, penyok, atau retak. Hal ini perlu untuk diperhatikan mengingat berkenaan dengan soal kenyamanan dan kestabilan dalam berkendara.

Agar Kaki Kaki Mobil Senyap

Dari sekian beberapa pilihan cara periksa komponen kaki mobil, tentu saja ada beberapa hal lain yang perlu untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, perlu untuk melakukan pengecekan secara rutin pada bagian kaki-kaki mobil, baik secara mandiri maupun ke bengkel khusus service kaki mobil.

Di sisi lain, beberapa langkah memeriksa kondisi kaki-kaki mobil di atas juga Mas Sena rasa sudah cukup ideal untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bagian rangka kaki mobil. Sehingga, kenyamanan dan kestabilan dalam berkendara menjadi semakin terjaga.

Oke, kiranya sampai di sini ya teman-teman topik ulasan mengenai cara periksa komponen kaki mobil. Mas Sena berharap informasi ini bisa menjadi sumber referensi yang membawa manfaat untuk kawan semua. Sampai berjumpa kembali di lain topik otomotif.

Bagan