Cara Tepat Menjaga Kondisi Motor Tetap Prima

Cara merawat atau menjaga motor dengan langkah tepat dan sederhana agar tetap bertenaga dan prima

Menjaga Kondisi Motor Tetap Prima – Dalam beberapa kasus, memang seringkali kita menjumpai beberapa motor baru yang sudah mengalami banyak masalah atau kerusakan.

Hal itu tentu tak lepas dari soal perawatan dan juga bagaimana cara penggunaannya. Sehingga, berdampak pada kondisi motor tersebut.

Bahkan, ada juga motor lawas atau second yang justru tampak masih prima dan terasa bertenaga. Semua ini tergantung bagaimana si pemilik menjaga dan merawat secara tepat dan benar.

Menjaga Kondisi Motor Tetap Prima

Nah, terkait soal ini, Anda juga sepatutnya memahami bagaimana cara yang tepat untuk menjaga kondisi motor tetap prima dan produktif sepanjang waktu.

Sehingga, meski motor digunakan dengan intensitas tinggi, tetap mampu memberikan hasil dan tenaga yang maksimal tanpa mengalami berbagai macam kendala.

Nah, untuk itu, berikut ini Mas Sena akan berbagi tips jitu terkait dengan bagaimana langkah yang tepat untuk menjaga kondisi motor tetap prima. Mari, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Cara Mudah Merawat dan Menjaga Motor agar Tetap Prima

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi motor Anda supaya selalu dalam keadaan yang prima dan bertenaga meski digunakan setiap hari. Apa saja langkah-langkah perawatannya? Berikut penjelasannya.

Perawatan Motor Berkala

Gunakan Bahan Bakar dengan Oktan yang Sesuai

Pertama, hal penting untuk menjaga agar performa motor, terutama di sektor mesinnya supaya selalu bertenaga dan handal, yakni dengan selalu menggunakan bahan bakar yang memiliki kadar oktan sesuai.

Bukan tanpa alasan mengingat dengan mengkonsumsi bahan bakar yang memiliki kandungan nilai oktan tinggi dapat menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor.

Jangan sesekali menggunakan bahan bakar berkualitas rendah. Bukan tanpa alasan mengingat hal tersebut sangat berpotensi sekali memicu kerusakan pada komponen mesin.

Oleh sebab itu, pastikan selalu Anda selalu mengisi BBM yang memiliki oktan tinggi. Misalnya, Pertamax atau Pertamax Plus.

Namun, dalam beberapa kasus, khusus untuk motor keluaran tahun awal 2000-an, justru akan lebih baik menggunakan bahan bakar yang kadar oktannya di bawahnya. Seperti Pertalite atau bahkan Premium.

Karena, pada masa itu, spek mesin disesuaikan dengan kadar oktan BBM terbaik di masanya. Sehingga, akan lebih baik jika menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan masa atau tahun pembuatan motor.

Rutin Ganti Oli Berkala

Selain bahan bakar, hal penting yang perlu untuk Anda pertimbangkan adalah soal penggantian oli mesin.

Lakukan penggantian oli, paling tidak dalam kurun waktu tiap menginjak 2 bulan sekali atau ketika motor sudah menempuh jarak hingga 1.000 Km.

Hal ini sebagai langkah untuk menjaga oli yang berperan sebagai pelumas mesin agar selalu produktif dan efektif dalam menstabilkan suhu dalam mesin motor yang panas.

Bahkan, pelumas berupa oli ini juga diperlukan untuk meminimalisir terjadinya komponen aus karena gesekan yang terjadi di antara komponen dalam sistem ruang pacu.

Maka dari itu, selalu rutin dan tepat waktu mengganti oli termasuk salah satu tips jitu yang begitu efektif untuk menjaga agar motor selalu dalam keadaan yang prima.

Di sisi lain, Anda juga bisa melakukan pengecekan oli mesin dengan cara melihat stik pada indikator oli. Jika kondisinya sudah mulai menghitam dan kental, itu tanda jika oli sudah tidak layak digunakan dan wajib diganti.

Telat ganti oli sangat berpotensi membuat motor menjadi mudah rusak dan panas. Sehingga, sangat berpeluang terjadi macet secara mendadak saat dikendarai, terutama ketika tengah berkendara menempuh jarak jauh.

Pastikan Busi dalam Keadaan Normal

Dalam kasus lain, salah satu hal yang perlu untuk Anda perhatikan terletak pada sektor busi motor itu sendiri.

Bukan tanpa alasan. Mengingat, busi sendiri memiliki peran dan tugas sangat penting sebagai komponen dalam menjamin sistem pembakaran.

Sebab, secara teknisnya, busi sendiri adalah pemantik api yang keberadannya sangat dibutuhkan untuk proses pembakaran pada mesin.

Maka dari itu, begitu penting sekali untuk memeriksa busi secara berkala supaya dapat mencapai proses pembakaran pada mesin secara lebih maksmal.

Sebab, apabila komponen pada busi ini mengalami kerusakan maka secara otomatis, proses pembakaran pada mesin tidak akan sempurna. Dampak yang paling terasa dari efek kerusakan busi, biasanya mesin akan terasa kurang bertenaga dan motor tidak dapat menyala.

Nah, jika busi motor sudah tidak menghasilkan api secara maksimal, sebaiknya lakukan penggantian dengan yang baru untuk mengembalikan proses pembakaran. Jangan sampai tunggu sampai rusak karena bisa menyebar ke komponen lain.

Menjaga Performa Motor

Hindari Memainkan Tuas Gas

Kemudian, hal lain yang sangat perlu untuk Anda lakukan dalam merawat atau menjaga performa motor adalah sebisa mungkin untuk selalu menghindari memainkan tuas gas.

Dalam hal ini, Anda harus bisa mengontrol tarikan gas secara bertahap. Yang dalam artian, hindari ssebisa mungkin menarik tuas gas secara konstan atau mendadak.

Karena, jika terlalu sering maka akan memberikan dampak buruk pada sektor permesinan motor. Di antaranya seperti seker, ruang pembakaran, dan juga komponen dalam sistem ruang pacu.

Maka dari itu, menarik tuas gas pada motor dengan cara bertahap secara tak langsung menjadi upaya atau langkah preventif yang bakal menjaga performa motor dengan baik.

So, saat Anda mulai akan menjalankan motor, upayakan untuk menarik gas secara perlahan saja. Jangan asal tarik untuk memicu akselerasi.

Rutin Cek Aki Motor secara Berkala

Di sisi lain, perawatan berkala pada motor yang perlu Anda lakukan yakni dengan rutin melakukan pengecekan pada bagian aki motor.

Apalagi, jika motor tersebut sudah menggunakan teknologi injeksi. Yang sudah barang tentu akan sangat bergantung pada kondisi aki saat akan menghidupkan mesin di bagian ruang pembakaran.

Umumnya, motor saat ini menggunakan aki kering. Pastikan bahwa aki tersebut selalu diganti secara berkala dan cek rutin di bengkel khusus aki motor.

Cek juga bagian-bagian atau komponen kelistrikan lain yang berhubungan dengan aki motor. Sehingga, kondisinya bisa terkontrol dan bila ada indikasi kerusakan maka bisa langsung diperbaiki.

Tentu saja, hal tersebut menjadi langkah preventif untuk menjaga agar kondisi sistem rangkaian kelistrikan tetap pada jalur yang tepat. Dengan begitu maka kondisi motor bakal selalu dalam keadaan prima.

Perawatan Rutin Pada Motor

Menelaah beberapa langkah di atas, tak bisa dipungkiri memang terbilang cukup mudah. Dimana, Anda hanya perlu mengecek dan memastikan beberapa kondisi pada komponen motor.

Namun, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian lebih adalah dalam soal penggunaan bahan bakar maupun kontrol terhadap service rutin berkala. Karena, langkah ini menjadi tahapan penting untuk menjaga supaya performa motor tetap dalam keadaan normal dan bisa digunakan secara maksimal tanpa mengganggu performanya.

Oke kawan, sampai di sini dulu ulasan mengenai beberapa cara tepat untuk menjaga kondisi motor tetap prima meski digunakan secara terus menerus. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Bagan