Cara Tune Up Mobil Sendiri yang Simple dan Mudah

Tips melakukan tune up mobil secara mandiri di rumah tanpa perlu ke bengkel

Cara Tune Up Mobil Sendiri – Service atau tune up secara rutin dan berkala adalah aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh para pemilik kendaraan, termasuk dalam hal ini kendaraan berupa mobil.

Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa service ke bengkel tentu akan membutuhkan waktu luang. Ini tentu menjadi masalah bagi para pemilik kendaraan dengan kesibukan yang tinggi. Padahal, service berkala sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan atau masalah yang timbul.

Meski demikian, jangan bingung. Salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan yakni melakukan tune up mobil secara mandiri.

Cara Tune Up Mobil Sendiri

Dimana, cara tune up mobil sendiri ini bisa dibilang sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Sehingga, tidak akan banyak menyita waktu serta bisa dilakukan sewaktu-waktu. Ini tentu menjadi tips yang bermanfaat untuk Anda yang tidak sempat membawa mobil ke bengkel untuk diservice atau tune up rutin.

Namun, satu point pentint bahwa tentu saja, dalam penerapannya nanti, ada beberapa langkah teknis untuk mengaplikasikan cara tune up mobil sendiri di rumah.

Bagaimana caranya? Tak perlu berlama-lama, berikut ini kita akan bersama-sama mempelajari secara detail cara tune up mobil sendiri untuk menjaga performa mobil agar tetap prima tanpa service ke bengkel.

Cara Tune Up Mobil Sendiri

Berikut ini adalah penerapan bagaimana cara tune up mobil sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah. Antara lain adalah sebagaimana yang dijelaskan di bawah ini.

Alat Tune Up Mobil

Siapkan Peralatan Wajib

Hal pertama dalam menerapkan cara tune up mobil sendiri di rumah, Anda harus mempersiapkan beberapa alat sendiri.

Peralatan yang wajib ada antara lain kunci ring, amplas, kain lap (bisa kanebo atau lap biasa), kunci pas, obeng plus dan minus, tes kompresi, pengukur celah atau feeler gauge, dan timing light.

Jika belum siap, setidaknya siapkan dulu beberapa alat yang mudah didapat dan harganya murah terlebih dahulu.

Atau, bisa juga meminjam teman yang mungkin memiliki alat-alat persiapan tune mobil seperti yang disebutkan di atas.

Jika sudah siap, selanjutnya Anda bisa menerapkan perawatan service mandiri.

Cek dan Bersihkan Filter Udara

Selanjutnya, langkah awal dalam cara tune up mobil sendiri adalah dengan mengecek atau membersihkan komponen filter udara pada mobil.

Komponen yang satu ini dinilai paling mudah untuk dibongkar dan sifatnya lebih cepat dingin dibandingkan komponen mesin lain ketika mesin mobil sehabis dinyalakan.

Maka dari itu, filter udara adalah komponen awal yang harus Anda cek dan bersihkan terlebih dahulu.

Nah, untuk membesihkannya, Anda bisa mencucinya dengan menggunakan air sabun dari sabun pencuci piring. Bilas sampai kandungan sabun hilang.

Kemudian, biarkan sampai kondisi filter benar-benar kering jika saringan udara mobil terbuat dari bahan busa.

Akan tetapi, bilamana komponen ini terbuat dari bahan kertas berpelumas maka satu-satunya cara terbaik yakni dengan menggantinya dengan filter terbaru.

Cek Komponen Pengapian

Kemudian, komponen penting yang perlu dilakukan pengecekan dalam tahapan cara tune up mobil sendiri adalah pada bagian sistem pengapian.

Beberapa komponen dalam sistem pengapian antara lain kabel busi, busi serta tutup distributor. Pertama, alangkah baiknya untuk mengecek kabel businya dan pastikan tidak ada kabel yang rusak atau sobek.

Selanjutnya, cek kebersihan busi sekaligus celah elektrodanya. Lalu, periksa kondisi tutup distributornya ketika mesin dalam kondisi dingin.

Pengecekan ini tentu dilakukan secara berurutan supaya nantinya Anda lebih mudah dalam menerapkan perawatan pada sistem pengapian dari mobil.

Tips Tune Up Mobil Di Rumah

Setel Idle dan Pengapian

Cara tune up mobil sendiri di rumah, Anda juga perlu melakukan pengaturan dengan menyetel bagian idle serta pengapiannya.

Untuk caranya sendiri terbilang cukup simple. Karena, Anda hanya tinggal memutar bagian distributor bersamaan ketika mobil dalam kondisi mesin menyala.

Kemudian, Anda putar bagian distributor sampai terdengar seperti suara raungan mesin yang lebih halus dengan tenaga maksimal.

Sampai di sini, jangan lupa untuk memastikan bahwa kondisi pada putaran mesin berada pada kondisi stasioner penyetelan. Dengan kata lain, kondisi setelah mesin tidak terlalu tinggi dan rendah guna mencegah konsumsi bahan bakar yang boros.

Periksa Kondisi Aki pada Mobil

Di satu sisi, cara tune up mobil sendiri yang harus Anda lakukan yakni dengan melakukan pemeriksaan atau pengecekan kondisi aki mobil.

Penggunaan aki mobil kering perawatannya lebih mudah ketimbang aki basah.

Yang mana, bila mobil Anda menggunakan aki kering maka Anda hanya perlu mengecek bahwa air atau cairan aki tidak berada di batas terendah.

Jangan lupa untuk membersihkan pula bagian kutup pada aki kering mobil tersebut dengan menggunakan air hangat. Kemudian, usap dengan amplas halus guna menghilangkan karat sehingga arus listrik nantinya bisa mengalir secara lebih ptimal.

Bersihkan Intake Manifold

Selanjutnya, dalam penerapan cara tune up mobil sendiri di rumah, jangan lupa untuk melakukan pembersihan di bagian intake manifold.

Caranya, Anda harus membuka dulu manifold intake dan cek apakah pada bagian tersebut ada kotoran dalam throttle atau tidak.

Bila tampak ada kotoran maka sebaiknya dibersihkan dengan cara disemprot menggunakan cairan kimia khusus yang tidak membuat catalytic converter menjadi mampet dan ini dilakukan sambil mesin dinyalakan sekitar 2.500 rpm.

Langkah tune up seperti ini perlu dilakukan untuk membersihkan pada bagian ruang pembakaran pada mobil. Dengan demikian, performa mesin pada mobil Anda menjadi jauh lebih optimal ketika mesin dihidupkan.

Cek Cairan Radiator

Tak lupa pula bahwa dalam menerapkan tune up mobil secara mandiri, salah satu komponen penting yang harus dicek adalah pada bagian radiatornya.

Dimana, dalam soal ini, Anda cukup memeriksa kondisi cairan radiatornya. Bilamana sudah berada di bawah batas terendah maka kuras semua cairan radiator tersebut kemudian ganti dengan cairan coolant yang baru.

Ingat, usahakan untuk menggunakan cairan coolant khusus untuk radiator mobil. Hindari penggunaan air sumur karena bisa memicu timbulnya proses kimia berupa korosi yang nantinya bakal menyumbat tangki radiatornya.

Tune Up Mobil Secara Mandiri Di Rumah

Bagaimana kawan? Apakah cara tune up mobil sendiri di rumah yang telah Mas Sena jelaskan sudah cukup jelas?

Nah, untuk menerapkan proses tune up pada mobil seperti di atas, usahakan untuk melakukan perawatan dari yang ringan dulu.

Artinya, periksa dan rawat bagian yang sekiranya bisa dilakukan sendiri di rumah. Seperti pengecekan busi, sistem pengapian, dan radiatornya.

Namun, bila beberapa komponen lain dirasa berat maka Anda bisa melakukan pengecekan ke bengkel. Hal ini dilakukan supaya terhindar dari gejala atau masalah yang tidak diinginkan karena kesalahan tune up.

Maka dari itu, penerapan tune up mobil mandiri di atas, Anda harus benar-benar memahami bagian per bagian dari komponen mesin mobil terlebih dahulu sebelum menerapkannya secara mandiri.

Nah, kiranya sampai di sini dulu ya kawan ulasan dari Mas Sena mengenai cara tune up mobil sendiri di rumah. Semoga bisa membawa manfaat untuk teman-teman semua. Sampai berjumpa lagi di lain topik otomotif dari Mas Sena. Selamat mencoba.

Bagan