Cat Mobil Berjamur? Coba Hilangkan dengan Cara Ini

Tak perlu ke salon mobil, Anda pun bisa mencoba cara sederhana untuk menghilangkan cat mobil yang berjamur

Cat Mobil Berjamur – Menjaga sisi eksterior mobil, tentu saja menjadi salah satu langkah penting dalam proses perawatan rutin yang perlu mendapat perhatian.

Sebab, bodi mobil menjadi bagian eksterior yang akan mencerminkan apakah mobil tersebut dirawat oleh pemiliknya atau tidak sama sekali.

Bodi mobil yang terlihat bersih dan mengkilap, tentu saja juga akan menambah daya tarik dari aspek penampilan luarnya.

Hanya saja, tampaknya hal tersebut tak bisa dilepaskan dari masalah, seperti tumbuhnya jamur pada bodi mobil yang seringkali terjadi.

Cat Mobil Berjamur

Kondisi seperti ini tentu saja akan mengurangi pesona tampilan mobil. Sehingga, diperlukan upaya untuk mengatasi problem seperti itu.

Karena, bila dibiarkan saja maka sudah barang tentu bakal memicu jamur berkembang dan membuat cat bodi mobil lama-lama mengelupas.

Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga dan merawat kondisi mobil tersebut. Salah satunya dengan cara mengatasi jamur pada bodi mobil dengan langkah sederhana.

Nah, untuk mengetahui bagaimana langkah-langkahnya, berikut ini akan Mas Sena bahas terkait dengan langkah untuk mengatasi cat mobil berjamur.

Cara Mengatasi Cat Mobil Berjamur

Mengenai prosesnya, memang tak bisa dipungkiri ada beberapa langkah yang tepat untuk mengatasi cat mobil yang mulai berjamur. Berikut penjelasan detailnya.

Tips Hilangkan Kerak Pada Mobil

Menghilangkan Jamur dengan Alkohol

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jamur yang muncul di bodi mobil, yakni dengan memanfaatkan alkohol.

Kadar alkohol yang direkomendasikan antara 50% hingga 80% yang dinilai sangat efektif untuk melepas jamur secara maksimal.

Hal itu tentu tak lepas dari kandungan alkohol yang memang terbilang efektif untuk menghilangkan jamur pada bodi mobil.

Cara untuk penerapannya pun juga terbilang cukup mudah dan bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah.

Siapkan dulu alkohol, kapas, dan kain halus. Kemudian, celupkan kapas ke dalam botol atau alkohol. Lalu, gosokkan ke bagian cat mobil yang terkena jamur.

Untuk penggosokannya, disarankan dengan gerakan memutar sampai jamur perlahan menghilang atau mengelupas dari cat mobil.

Jika sudah, bersihkan bagian yang digosok tadi dengan kain bersih dan halus tanpa perlu dibilas agar kandungan alkohol terus bertahan untuk membunuh akar-akar jamur yang mungkin saja bisa tumbuh sewaktu-waktu.

Menggunakan Hidrogen Peroksida

Selain alkohol, cairan kimia yang cukup aman untuk digunakan dalam membersihkan cat mobil berjamur adalah hidrogen peroksida.

Cairan yang memiliki nama imia H2O2 ini memang dikenal sangat efektif dan sering digunakan dalam berbagai keperluan industri maupun pertanian.

Karena, di dalam cairan tersebut terdapat oksigen berlebih yang terikat. Yang mana, bila terkena area kering maka akan bereaksi seperti berbuih atau soda.

Nah, untuk penggunaannya sendiri, disarankan menggunakan H2O2 yang memiliki kadar 3% atau maksimal 6% saja.

Anda bisa membelinya di apotek atau toko kimia yang biasa menjual dengan kadar 3% saja.

Implementasinya, masukkan cairan H2O2 ke botol spray. Kemudian, semprotkan cairan tersebut tepat di bagian bodi mobil yang terkena jamur tadi. Biarkan sebentar selama kurang lebih 30 detik atau 1 menit saja.

Jika sudah, usap dengan kain kering yang lembut dan bersih. Jika dirasa masih ada jamur yang tertinggal, semprot lagi dengan cairan tersebut sampai benar-benar jamurnya hilang.

Jika sudah, usap lagi dengan kain kering untuk menghilangkan bekas jamur yang terkelupas karena kontak dengan cairan Hidrogen peroksida.

Nah, untuk lebih maksimalnya, Anda bisa membilasnya dengan air bersih setelah proses pengusapan dengan kain kering tadi.

Namun, satu lagi yang perlu diingat bahwa sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan saat proses. Karena, kandungan H2O2 ini jika terkena kulit akan sedikit bereaksi seperti digigit semut.

Cara ini Mas Sena nilai cukup efektif. Sebab, selain proses implementasinya mudah, harga H2O2 pun juga terbilang cukup terjangkau di pasaran. Anda bisa membelinya di apotek dengan kandungan kadar 3%.

Mengatasi Jamur Di Cat Mobil

Gunakan Polishing

Masih ada lagi cara atau langkah lain yang tentu saja bisa dilakukan untuk mengatasi jamur yang menempel pada cat mobil Anda. Yakni dengan menggunakan polishing.

Salah satu cara ini ditujukan untuk kondisi jamur yang sudah cukup parah. Untuk cara menghilangkan jamur pada cat mobil ini memang terbilang sedikit rumit untuk soal teknisnya.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Hal pertama yang perlu untuk Anda persiapkan adalah clay bar yang digunakan untuk membersihkan permukaan cat yang terkena jamur. Tujuannya tentu saja tidak lain agar permukaan body mobil tersebut terbebas dari kontaminasi apapun selama proses pengerjaan.

2. Bila bagian permukaan cat dirasa sudah halus maka anda bisa memulai untuk prosedur polishing. Untuk proses ini menggunakan compund dan polishing pad. Prosedur ini dapat anda lakukan di rumah, cukup gunakan compound dan lap mikrofiber.

3. Jika sudah, oleskan compound pada area cat mobil yang terkena jamur. Usap dengan tekanan yang minim menggunakan turte wax ice paste polist secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Namun, sangat diperhatikan kembali untuk menerapkan proses ini. Karena, jika salah langkah maka tak hanya jamur yang mengelupas tetapi cat mobil pun juga bisa luntur karena salah penerapannya.

Oleh karena itu, akan lebih baik bilamana Anda berhati-hati dalam menerapkan cara yang satu ini. Atau, bila perlu Anda bisa mencoba untuk membawanya ke salon mobil saja agar lebih aman meskipun Anda harus mengeluarkan baya untuk jasa perawatannya.

Yang jelas, penggunaan polishing jika sesuai petunjuk, dipastikan akan sangat efektif dalam mengatasi timbulnya jamur di bagian permukaan cat mobil Anda.

Hilangkan Jamur dengan Air Cuka

Siapa sangka, ternyata Anda pun bisa mencegah atau menghilangkan jamur pada permukaan cat bodi mobil menggunakan air cuka.

Karena, pada dasarnya air cuka memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga jika terkena jamur maka akan membuat akar jamur pada permukaan cat mobil pun ikut terjabut bersamaan dengan mengelupasnya jamur tersebut.

Penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengusap air cuka menggunakan kain bersih. Kemudian, digosok pada permukaan bodi mobil yang terkena jamur tadi dengan gerakan memutar.

Setelah itu, tunggu beberapa detik sampai cuka bereaksi terhadap jamur yang menempel tersebut. Lakukan sekali lagi sampai jamur pada mobil benar-benar telah hilang.

Setelah itu, akan lebih baik Anda membilasnya kembali dengan air bersih agar tidak meninggalkan residu pada permukaan cat mobil akibat dari air cuka tadi.

Cara Menghilangkan Noda Air Pada Body Mobil

Oke teman-teman, apakah sudah paham mengenai tips hilangkan jamur pada mobil? Tentu saja cara di atas dinilai sangat pas dan ideal untuk Anda lakukan sendiri di rumah.

Dimana, beberapa solusi di atas sangat efektif untuk mengatasi atau menghilangkan jamur membandel di sisi eksterior mobil.

Nah, kiranya sampai di sini dulu ulasan dari Mas Sena mengenai cara yang tepat untuk mengatasi cat mobil berjamur yang cukup efektif untuk Anda lakukan secara mandiri di rumah. Selamat mencoba.

Bagan