Ciri-Ciri Rem Mobil Bermasalah

Tanda yang bisa menjadi indikasi jika rem pada mobil mengalami masalah

Ciri-Ciri Rem Mobil Bermasalah – Keberadaan komponen rem pada mobil sudah barang tentu menjadi hal wajib yang harus diperhatikan.

Karena, rem pada mobil tak berbeda dengan kendaraan lain, yaitu sebagai pengendali laju mobil atau memberhentikan mobil ketika sedang berjalan.

Apa jadinya jika rem mobil mengalami kerusakan atau blong? Tentu saja akan beresiko mengalami kecelakaan yang fatal. Apalagi, jika dikemudikan dengan kecepatan tinggi.

Ciri Ciri Rem Mobil Bermasalah

Maka dari itu, salah satunya yakni dengan menjaga kondisi rem pada mobil agar tetap terawat dan optimal sehingga jaminan keamanan maupun keselamatan menjadi lebih tinggi.

Hanya saja, tak jarang yang mengenal tanda-tanda adanya kerusakan pada rem. Padahal, hal ini sangat penting mengingat kondisi rem yang bermasalah akan mengganggu kestabilan dan kenyamanan dalam berkendara.

Di sini lah letak pentingnya kita memahami ciri-ciri rem mobil bermasalah yang bisa Anda kenali dari beberapa indikasi saat melakukan pengecekan yang berkaitan dengan komponen pengereman.

Mau tahu lebih lanjut? Jangan khawatir teman-teman. Melalui topik kali ini, Mas Sena akan berbagi tips untuk mengenal berbagai ciri-ciri rem mobil bermasalah sebagai upaya perawatan dalam sektor pengereman pada mobil.

Tanda-Tanda Rem Mobil Perlu Perbaikan

Dalam beberapa kasus, ada beberapa tanda masalah pada rem mobil melalui gejala-gejala yang terkadang tidak disadari oleh si pemilik mobil. Nah untuk itu, kita kenali beberapa ciri-cirinya sebagai berikut.

Tanda Kerusakan Pada Rem Mobil

Rem Mobil Terasa Keras

Ciri-ciri rem mobil bermasalah yang pertama adalah pedal rem terasa keras sekali ketika diinjak. Jangan mengira jika injakan pedal rem keras menandakan bahwa kondisi kampas masih bagus.

Justru jika pedal gas terasa keras ketika diinjak maka itu menunjukkan bahwa memang ada kerusakan yang terjadi pada booster rem yang tak lain merupakan komponen dalam sistem pengereman yang tugasnya membantu master rem dalam memompa minyak rem.

Secara sistem, jika komponen ini mengalami kerusakan maka sudah barang tentu jumlah minyak rem mobil yang dipompa pun semakin menipis.

Bila kondisi ini tidak segera diperbaiki maka sistem pengereman mobil yang umumnya terdiri dari beberapa material berbahan logam akan mengalami aus dan cepat panas. Parahnya, kondisi ini sangat memungkinkan terjadinya rem blong.

So, jika mobil Anda mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya segera untuk dilakukan pemeriksaan dan pengecekan ke bengkel supaya bisa segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Rem Mobil Teras Bergetar

Di sisi lain, ciri-ciri rem mobil bermasalah yang mungkin kerap kali terjadi namun jarang disadari adalah kondisi rem mobil bergetar.

Karena, sangat dimungkinkan sekali bahwa getaran pada rem mobil tersebut dipicu karena adanya piringan cakram yang mulai tipis atau bergelombang yang disebabkan pemakaian lama.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, coba lakukan pengecekan pada bagian cakram rem mobil. Cek dengan teliti bagaimana kondisi ketebalannya, apakah masih layak atau perlu untuk mendapat penggantian dengan piringan cakram yang baru.

Untuk beberapa kondisi, hal ini bisa diperbaiki dengan cara pembubutan. Namun, saran Mas Sena, bila kondisi piringan cakram sudah bergelombang maka sebaiknya dilakukan penggantian yang baru saja.

Rem Mobil Terasa Tidak Pakem

Satu hal yang pasti dan menjadi ciri-ciri rem mobil bermasalah yakni jika rem mobil sudah mulai terasa tidak pakem.

Kondisi seperti ini sangat bisa diketahui oleh banyak orang. Yaitu ketika menginjak pedal rem, laju mobil tidak serta merta langsung berhenti melainkan masih berjalan lambat yang menandakan bahwa kondisi rem sudah tidak pakem.

Masalahnya biasanya terjadi karena kondisi master rem serta kampas rem yang mulai menunjukkan adanya indikasi kerusakan.

Sebagaimana dengan beberapa poin yang sebelumnya telah diungkap di atas, distribusi oli yang sudah lagi tidak maksimal oleh master rem sangat berpengaruh atau berdampak sekali pada kinerja sistem rem.

Sedangkan di sisi lain, kondisi menipisnya kampas rem pun juga dapat membuat bagian rem tak lagi pakem atau kurang mampu menjepit piringan cakram sehingga mobil tidak serta merta langsung berhenti.

Bilamana kondisi ini terjadi maka segeralah lakukan perbaikan dengan mengganti komponen pengereman yang baru sesuai petunjuk dari si mekanik bengkel.

Kerusakan Pada Rem Mobil

Pedal Rem Mobil Terlalu Dalam

Kemudian, indikasi lain yang menjadi gejala adanya kerusakan pada rem mobil adalah pedal rem yang terasa dalam ketika diinjak.

Gejala seperti ini pada umumnya terjadi saat ada kerusakan di sektor master rem itu sendiri. Sehingga, mau tak mau adalah mengganti master rem dengan komponen yang baru.

Karena, mobil dengan kondisi pedal rem seperti itu tentu hanya akan bisa kembali normal bila master remnya diganti dengan yang lebih baru.

Artinya bahwa Anda tidak hanya cukup mengganti bagian seal maupun dinding silinder master rem saja.

Oleh sebab alasan itu maka supaya peran dan fungsi rem tidak mudah rusak kembali, sebaiknya penggantian master rem dilakukan secara menyeluruh sehingga diharapkan menjadi lebih awet ke depannya.

Hal ini sangat perlu dilakukan agar rem pada mobil Anda tetap dalam kondisi yang lebih prima dan tahan lama.

Muncul Suara Berdecit dari Rem

Di samping beberapa masalah di atas, ciri-ciri rem mobil bermasalah yang perlu untuk Anda perhatikan adalah jika muncul suara berdecit dari rem itu sendiri, khususnya ketika pengereman dilakukan.

Kendala atau gejala seperti suara berdecit seperti ini kemungkinan besar disebabkan karena piringan cakram yang bergelombang dan juga kampas serta cakram yang permukaannya halus sehingga memicu suara berdecit.

Selain itu, bisa jadi suara tersebut muncul karena kemasukan air yang kemudian bercampur dengan minyal rem sehingga membuat japitan piringan rem menjadi berbunyi.

Nah, untuk itu, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk dengan sesegera mungkin memperbaikinya supaya kondisi rem tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Cek bagian piringan rem dan kampas rem. Jika sudah mulai rusak, segera ganti saja dengan yang baru.

Indikasi Kerusakan Di Bagian Rem Mobil

Melihat beberapa indikasi atau gejala kendala pada rem, tentu masih banyak lagi ciri-ciri rem mobil bermasalah yang sering dialami oleh banyak pengendara.

Akan tetapi, dari sekian banyak indikasi kerusakan, agaknya beberapa tanda di atas adalah ciri-ciri yang paling banyak ditemui namun jarang sekali disadari oleh si pemilik mobil. Sehingga, sangat perlu sekali memahami beberapa tanda kerusakan di atas.

Satu hal lagi yang perlu diketahui bahwa jikalau ada komponen yang rusak namun masih bisa diperbaiki, hendaknya Anda membeli komponen yang baru saja. Mengingat, rem merupakan komponen vital yang sangat mendukung akan jaminan keselamatan berkendara.

Dengan demikian, jika dilakukan penggantian yang baru maka diharapkan bisa menjadikan kualitas rem pada mobil menjadi lebih optimal dan prima.

Nah, itulah tadi beberapa gejala atau ciri-ciri rem mobil bermasalah atau berkendala yang bisa dilihat dari ragam gejala atau indikasi yang diperlihatkan. Semoga artikel otomotif mengenai pengereman mobil ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai jumpa di lain topik.

Bagan