Ciri Freon AC Mobil Habis yang Harus Diketahui

Mengenal ciri atau tanda freon pada AC mobil sudah mulai habis

Ciri Freon AC Mobil Habis – Salah satu elemen penting dalam merawat mobil adalah melakukan perawatan pada bagian AC mobil. Yang mana, di antara eleman dalam AC mobil yang perlu dijaga adalah freon.

Karena, freon sendiri merupakan salah satu elemen terpenting pada sistem AC mobil. Mengingat, fungsinya sebagai sumber pendingin suhu pada ventilasi AC.

Hanya saja, ada beberapa kendala yang tak jarang terjadi pada sistem AC mobil, di antaranya seperti kebocoran freon AC yang mana sulit sekali terdeteksi.

Ciri Freon Ac Mobil Habis

Nah, maka dari itu, jika Anda mengalami masalah tersebut, tentu perlu memahami ciri freon AC mulai habis yang bisa Anda raba untuk mengetahui dimana letak masalah yang memicu kebocoran pada freon AC.

Salah satunya seperti gejala AC yang mulai tidak dingin meski sudah dihidupkan. Ini tentu menjadi sebuah tanda jika freon pada AC mobil sudah mulai habis.

Mengenai soal masalah ini, berikut akan Mas Sena paparkan beberapa gejala atau ciri freon AC mobil habis yang bisa dijadikan referensi pengetahuan bagi Anda agar nantinya bila kejadian ini terjadi, bisa segera diatasi masalahnya.

Ciri Freon AC Mobil Habis

Berkenaan dengan artikel kali ini, ada beberapa gejala atau tanda yang merupakan indikasi maupun ciri freon AC mulai habis. Adapun tanda-tandanya akan Mas Sena ungkap pada beberapa ulasan berikut ini.

Gejala Freon AC Pada Mobil Habis

AC Tidak Dingin Meski Dihidupkan

Hal pertama yang menjadi gejala atau ciri freon AC mobil habis, biasanya ditunjukkan dengan indikasi suhu pada kabin yang tidak dingin meskipun AC sudah dinyalakan.

Bila kondisi ini terjadi pada mobil Anda maka sudah pasti ada yang tidak beres pada AC mobil Anda.

Berbagai faktor pemicunya pun beragam, bisa karena kompresornya yang rusak, kendala pada magnetic clucth, kerusakan pada kipas pendinginnya maupun freon yang sudah mulai habis.

Nah, khusus gejala freon yang sudah mulai habis maka umumnya AC akan berjalan normal akan tetapi hanya saja hembusan angin tidak dingin. Ini sebuah pertanda jelas dan pasti bahwa freon AC sudah mulai habis.

AC Menyala Namun Kompresor Tidak Berhenti

Kondisi lain yang mengindikasikan sebagai ciri freon AC mobil habis bisa diketahui dari gejala berupa saat saklar AC dinyalakan, sistem magnetic clutch masih saja terhubung.

Padahal, magnetic clutch ini nantinya secara otomatis akan terhubung ketika saklar AC dinyalakan. Hanya saja, pada satu titik tertentu, magnetic clutch nantinya pun bakal terbebas dalam interval waktu tertentu ketika tekanan freon sudah maksimal.

Nah, bilamana Anda menemui kondisi saat magnetic clucth dari awal AC dihidupkan masih terus saja tersambung, maka sangat dimungkinkan sekali bahwa kondisi ini menjadi tanda bahwa freon AC habis.

Yang mana, habisnya freon ini bisa saja karena adanya indikasi kebocoran. Bilamana kondisi ini terjadi secara terus menerus, segerakan untuk memperbaikinya dengan membawa mobil ke bengkel khusus AC. Mengingat, bila dibiarkan justru akan berdampak pada kerusakan sistem AC lain.

Freon AC Mobil Habis

Freon Tidak Tampak di Dalam Sight Glass

Di sisi lain, ciri freon AC habis bisa ditelusuri dari sirkulasi pada AC mobil Anda, yakni dengan memeriksa bagian sight glass.

Komponen ini berupa kaca bulat yang tembus pandang (transparan) yang mana tentunya berfungsi untuk memeriksa atau melihat sirkulasi freon pada sistem AC mobil.

Nah, untuk menerapkan pengecekan di bagian ini, coba nyalakan AC mobil. Kemudian, cek bagan sight glass-nya.

Bila freon masih ada maka akan tampak cairan yang mengalir. Namun, jika freon AC habis maka pada sigh glass tersebut tidak akan tampak cairan yang mengalir.

Dari langkah ini, tentunya Anda akan lebih mudah untuk mendeteksi apakah freon AC sudah habis apa belum hanya dengan melihat pada bagian sigh glass.

Embun Tidak Muncul di Selang Tekanan AC

Berikutnya, tanda atau ciri freon AC mobil habis pun bisa dideteksi dari selang-selang AC. Di antanya yaitu selang high pressure dengan bentuk yang lebih kecil mengarah dari kompresor menuju kondensor.

Selain itu, ada pula selang low pressure yang bentuknya memiliki ukuran lebih besar dengan arah yang tertuju dari evaporator (dari dalam kabin) menuju ke bagian kompresor.

Nah, coba lihat bagian selang low pressure. Jika freon AC masih ada maka dalam selang ini akan terbentuk embun yang menandakan bahwa ada proses kinerja AC mobil yang mengkutsertakan freon.

Akan tetapi hanya saja, bila pada selang ini tidak ada embunnya maka sudah pasti bahwa freon AC mobil sudah mulai habis dan perlu untuk diisi kembali.

Kipas AC Tidak Berputar

Nah, selain itu perlu untuk dipahami pula bahwa ciri freon AC mobil habis bisa dideteksi dari kipas AC yang mulai tidak berputar atau beroperasi saat mesin mobil dihidupkan atau ketika AC dinyalakan.

Bila kondisi ini Anda temui maka sangat kuat sekali diduga bahwa freon pada AC mobil Anda sudah mulai habis. Apalagi, bila mobil yang dibeli masih baru dan belum banyak kerusakan.

Dari sini, tentu saja Anda bisa menjadikannya sebagai penguat gejala bahwa memang freon AC yang memang harus diisi kembali setelah Anda mengecek pada bagian sistem komponen AC lain.

So, ini lah setidaknya manfaat dari memahami kondisi kipas AC yang mulai tidak bekerja mengingat memiliki kemungkinan ada masalah pada freon-nya yang sudah mulai habis kapasitasnya sehingga perlu untuk segera diisi dengan freon AC yang baru.

Hanya saja, sebelum menyimpulkan bahwa freon AC yang habis, sebaiknya cek juga bagian lain. Bisa jadi bahwa AC mobil Anda yang memang sudah rusak secara keseluruhan. Khususnya untuk mobil-mobil yang sudah berumur.

Indikasi Freon AC Mobil Berkurang

Tak sampai di situ saja, perlu untuk Anda pahami pula bahwa selain beberapa ciri freon AC mobil habis di atas, perlu diketahui juga bahwa habisnya freon AC bisa juga dikarenakan adanya kebocoran masif yang kemungkinan terjadi pada beberapa selang pada sistem AC.

Jika memang demikian adanya maka sudah barang tentu Anda harus mendeteksi dimana letak kebocorannya. Dan, hal ini cukup sulit untuk dilakukan mengingat satu celah kecil saja yang tak tampak mata bisa membuat freon menguap dan membuatnya habis.

Maka dari itu, jika Anda sudah mengisi atau mengganti freon AC namun tetap saja mudah habis dan tidak menunjukkan adanya perubahan suhu ke dingin dalam kabin maka ada kemungkinan bahwa potensi kebocoran terjadi pada sistem AC dari mobil Anda.

Dengan adanya fakta tersebut maka sangat disarankan untuk melakukan pengecekan ke bengkel jika kondisi ini mulai terjadi.

Demikianlah ulasan terkait beberapa ciri freon AC mobil habis. Mas Sena berharap bahwa semoga informasi ini memberikan banyak manfaat untuk Anda yang mengalami kendala soal indikasi freon pada AC mobil habis. Sekian dan sampai berjumpa kembali.

Bagan