Fungsi dan Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil

Mengenal dan memahami tanda kerusakan yang terjadi pada tie rod mobil

Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil – Tie Rod mobil menjadi salah satu komponen yang terbilang penting mengingat memiliki peranan vital dalam menjaga kestabilan mobil.

Dengan kata lain, tie rod di sini bertugas menjaga agar kendaraan bisa melaju dengan stabil dan mudah untuk dikendalikan.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa letak daripada tie rod pada mobil ini berada di antara steering gearbox (steering rack) dengan knuckle roda depan. Dimana, salah satu perannya sendiri menjadi penghubung di antara keduanya.

Di sisi lain, istilah pada tie rod mobil pun juga cukup beragam, tergantung pada penggunaan sistem kemudinya. Contohnya saja untuk sistem kemudi steering rack, dikenal dengan rack end (ling tie rod) dan tie rod end.

Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil

Meski berbeda istilah namun terkadang masalah yang dihadapi sama. Yang mana, tak jarang beberapa pemilik kendaraan mengeluh akan kendala yang terjadi pada tie rod mobil ini.

Sehingga, dari hal tersebut, tetap diperlukan tips mengatasi. Hanya saja, Anda juga harus mengenal ciri kerusakan tie rod mobil.

Kondisi kerusakan pada bagian tie rod mobil pun juga sudah barang tentu dikarenakan beberapa faktor. Di antaranya karena faktor pemakaian yang berdampak pada penurunan kinerjanya.

Ciri kerusakan tie rod mobil pun juga bisa ditelisik dari gejala yang dihadirkan. Hanya saja, jarang yang merasakan tanda akan kerusakan yang terjadi pada komponen ini.

Maka dari itu, perlu bagi Mas Sena untuk memberikan penjelasan terkait berbagai ciri kerusakan tie rod mobil.

Fungsi Tie Rod Mobil

Sebelum jauh menjelaskan gejala kerusakan pada tie rod, ada baiknya untuk memahami dulu fungsi tie rod mobil sebagai referensi. Berikut penjelasannya.

Fungsi Tie Rod Mobil

Sebagai Penggerak Kemudi ke Roda Depan

Fungsi tie rod mobil yang pertama adalah sebagai komponen yang menggerakkan putaran kemudi ke roda depan.

Dengan kata lain, saat pengendara membelokkan lingkar kemudinya maka secara otomatis roda depan mobil akan ikut berbelok atau bergerak sesuai dengan posisi lingkar kemudinya.

Namun, sebelum disalurkan ke roda depan, biasanya secara sistem, gerakan mekanis pada lingkar kemudi ini nantinya akan melewai gea box terlebih dahulu sehingga berubah gaya gerakannya menjadi menarik ataupun mendorong.

Pengatur Jarak Roda Depan

Di sisi lain, fungsi tie rod mobil juga memiliki peran dalam mengatur jarak pada roda depan dari mobil.

Perlu untuk diketahui bahwa pada sistem tie rod mobil, terbagi menjadi dua toe, yakni Toe-in dan Toe-out. Dimana, peran dan fungsi utamanya sendiri untuk mengatur supaya pada bagian roda depan bisa berotasi lurus dan stabil

Tak hanya itu saja, bahkan kondisi ini pun juga dapat mencegah keausan yang tidak merata pada ban.

Melihat fungsi yang satu ini, tentu saja peran dari tie rod mobil benar-benar sangat penting dalam akses mekanis pengendara mengendalikan laju atau arah dari mobil.

Sebagai Fitur Peredam Getaran

Siapa sangka, ternyata tidak hanya suspensi saja, bahkan salah satu fungsi tie rod mobil juga sebagai fitur peredam getaran pada mobil.

Hanya saja, untuk peredaman getaran di sini lebih kepada meminimalisir getaran dari roda agar tidak sampai ke setir (roda kemudi).

Dengan demikian maka bisa dideteksi jikalau ada getaran kuat pada roda kemudinya, khususnya ketika akan berbelok, ini menunjukkan ciri kerusakan tie rod mobil yang perlu untuk segera diperbaiki.

Karena, selain mengganggu kenyamanan saat menyetir, kerusakan pada tie rod mobil juga akan berpengaruh pada pengemudian mobil yang kurang aman.

Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil

Tidak bisa dipungkiri bahwa gejala rusaknya tie rod pada mobil memang sulit dideteksi. Namun, hal itu bisa diketahui dengan memahami ciri kerusakan tie rod mobil yang akan Mas Sena uaikan pada beberapa penjelasan di bawah ini.

Gejala Kerusakan Tie Rod Mobil

Setir Bergetar Kuat saat Kemudi Dibelokkan

Tanda pertama dari ciri kerusakan tie rod mobil adalah adanya getaran pada lingkar setir kemudi dari mobil Anda.

Umumnya, getaran yang terjadi ini sangat kuat terasa pada saat mobil dibelokkan. Memang, ada banyak faktor yang menjadi pemicu adanya gejala getaran tersebut.

Namun, potensi kerusakan pada tie rod menjadi hal yang paling besar kemungkinannya bilamana setir kemudi memang terasa bergetar ketika lingkar kemudinya dibelokkan.

Bukan tanpa alasan mengingat simpul pada tie rod mobil sendiri mengalai aus yang berdampak pada adanya getaran yang berasal dari roda yang berbelok.

Terdengar Bunyi pada Kaki-Kaki Mobil

Lalu, Anda juga perlu mengetahui gejala lain yang merupakan salah satu ciri kerusakan tie rod mobil. Salah satunya yakni adanya bunyi yang berasal dari kerangka kaki-kaki mobil.

Ini tentu disebabkan karena tie rod pada mobil sudah mulai aus yang mana memberikan efek bunyi seperti berdecit dari bagian kaki-kakinya.

Memang, patut diakui bahwa tidak semua gejala yang terjadi dikarenakan masalah pada tie rod. Namun, bilamana kondisi bunyi-bunyian seperti ini sering terjadi, apalagi ketika berbelok maka sangat dimungkinkan sekali bilamana ada masalah pada bagian tie rod mobil.

Untuk itu, bila kondisi ini terjadi pada mobil Anda, jangan terlalu menunggu. Segera cek ke bengkel untuk memastikan dimana letak penyebab bunyi tersebut agar nantinya tidak berdampak buruk pada komponen lain.

Lingkar Kemudi Tidak Presisi/Lurus

Ciri kerusakan tie rod mobil yang sangat mudah dideteksi adalah dari setir/lingkar setir sistem kemudi pada mobil.

Dimana, bila ada masalah pada tie rod maka lingkar kemudi mobil Anda akan condong ke salah satu arah alias tidak presisi/center.

Bukan tanpa sebab, kondisi ini umumnya dipicu karena ban mobil berotasi ke kanan-kiri dengan sudut yang lumayan besar. Dengan begitu maka ada potensi yang cukup besar bahwa pada ban mobil belok sendiri ke salah satu arah meski tidak terasa.

Nah, bila kondisi seperti ini terjadi maka sudah bisa dipastikan bahwa tie rod mobil mengalami kerusakan yang sangat parah.

Segeralah untuk mengeceknya ke bengkel khusus kaki-kaki mobil untuk diperiksa kondisinya supaya kerusakan yang terjadi tidak bertambah parah.

Hal Hal Yang Mmbuat Tie Rod Mobil Rusak

Melihat beberapa informasi mengenai fungsi dan juga ciri kerusakan tie rod mobil, Mas Sena yakin teman-teman semua sudah memahami bagaimana peran dan pentingnya tie rod mobil.

Dimana, dari pentingnya komponen ini maka perlu mendapatkan perhatian juga perawatan serius agar kondisi tie rod pada mobil tidak mudah rusak dan awet.

Di sisi lain, dengan memahami kondisi ciri kerusakan tie rod mobil, tentunya beberapa gejala pun bisa lebih mudah untuk dikenali dan dideteksi. Sehingga, Anda tak perlu bingung lagi bilamana nanti ada tanda atau gejala kerusakan tie rod yang terjadi pada mobil Anda.

Nah, bagaimana kawan? Apakah informasi ini sudah cukup lengkap?

Tentu masih banyak lagi beberapa gejala yang mungkin kawan-kawan alami sendiri. Hanya saja, beberapa ciri kerusakan tie rod mobil di atas adalah yang paling umum terjadi pada mobil.

Sampai di sini dulu ya ulasan dari Mas Sena. Semoga informasi terkait dengan tanda atau ciri kerusakan tie rod mobil ini bermanfaat untuk Anda semua.

Bagan