Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir

Mengenali bagaimana tanda atau ciri dari mobil bekas terendam banjir

Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir – Jika Anda punya rencana untuk membeli mobil bekas, tentu harus memahami bagaimana kondisi mobil tersebut.

Apalagi, di saat kondisi musim hujan yang umumnya di kota-kota besar, seperti Jakarta sering mengalami musibah banjir pada beberapa tempat. Yang mana, tak menutup kemungkinan mobil yang Anda lihat atau sedang pilih merupakan mobil yang terkena dampak banjir tersebut.

Di sini lah perlunya bagi Anda, khususnya yang sedang mencari mobil bekas untuk memahami kondisi atau ciri mobil bekas terendam banjir agar nantinya tidak merugikan Anda.

Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir

Selain itu, perlunya pengetahuan mengenai tanda mobil bekas yang terendam banjir di sini, tentu akan membuat Anda lebih jeli dan tidak mudah tertipu. Mengingat, mobil yang terendam banjir, biasanya akan memiliki performa yang kurang maksimal, bahkan syarat akan kerusakan yang berhubungan dengan sistem kelistrikan.

Oleh sebab itu, tak salah bila Anda mempelajari ciri mobil bekas terendam banjir sebagai tindakan preventif agar tidak tertipu saat membeli mobil bekas. Baik di dealer maupun melalui perseorangan.

Mengenai hal ini, Mas Sena sendiri akan berbagi informasi terbaru terkait dengan ciri mobil bekas terendam banjir yang bisa menjadi sorotan pertimbangan bagi Anda sebelum membeli mobil di bursa jual beli mobil bekas.

Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir

Ada beberapa tanda penting sebagai ciri mobil bekas terendam banjir yang umumnya bisa dijadikan sebagai pacuan dalam mengecek kondisi mobkas sebelum dibeli. Berikut adalah ciri-cirinya yang perlu untuk Anda ketahui dan pahami.

Mengenal Ciri Mobil Bekas Kebanjiran

Kabin Mobil Mengeluarkan Bau Lembab/Tidak Sedap

Ciri mobil bekas terendam banjir yang pertama perlu Anda kenali adalah adanya bauk seperti lembab atau tidak sedap yang muncul dari dalam kabin mobil.

Umumnya, jika kelembaban kabin normal, bau yang muncul tidak akan sekuat jika terkena banjir. Maka dari itu, cek bagaimana kondisi udara dalam ruang kabin mobil itu sendiri.

Bila pada saat Anda masuk ke dalam mobil dan tiba-tiba tercium bau tidak sedap seperti bau apek maka kemungkinan besar mobil tersebut pernah terendam banjir.

Bau yang tidak enak seperti apek yang benar-benar kuat tersebut dipicu karena ada sektor dalam mobil yang basah/lembab namun sulit untuk dibersihkan. Ini menunjukkan jika gejala tersebut menunjukkan sebuah indikasi bahwa mobil pernah terendam banjir.

Tampak Ada Sisa Noda Bekas Banjir dalam Interior

Berikutnya, ciri mobil bekas terendam banjir bisa dilirik dari adanya noda bekas banjir di dalam ruang interiornya.

Maka dari itu, untuk memeriksanya, Anda perlu secara teliti melihat bagian-bagian yang ada pada sisi interiornya, sebut saja seperti bagasi, lubang kisi-kisi AC, sudut panel dan kabel di belakang dashboard, penutup speaker, sela-sela dan rel jok mobil.

Jangan lupa untuk memeriksa pada bagian karet pintu yang biasanya menempel di bagian bodi mobil. Caranya, Anda bisa melepas atau membuka sedikit karet pintu tersebut dan cek apakah ada bekas lumpur atau tidak.

Bila ditemukan ada bekas lumpur atau pasir yang banyak dan ada sedikit air yang menggenang, itu menunjukkan bahwa ada indikasi jika mobil ini terendam banjir.

Pasalnya, jika terkena air saat dicuci, tentu tidak akan ada bekas lumpur atau pasir yang menyangkut di bagian karet pintu. Satu-satunya penyebabnya yakni karena ada air menggenang di dalam kabin.

Tanda Mobil Bekas Terendam Banjir

Ada Bekas Karatan di Bagian Mesin

Selain itu, ciri mobil bekas terendam banjir pun juga bisa Anda teliti atau periksa pada sektor permesinannya di bagian kap mesin mobil.

Karena, pada bagian ini, terdapat beberapa mesin yang terbuat dari besi. Jika terkena genangan air maka beberapa komponen mesin ini akan muncul gejala awal karatan.

Di sisi lain, jangan lupa untuk memeriksa kondisi warna dari oli mesin. Yang mana, jika oli berwarna coklat keputihan maka hal itu sangat dimungkinkan sekali jika kondisi oli sudah bercampur dengan air yang masuk ke dalam ruang mesin.

Di samping itu, untuk mengetahui apakah mobil pernah terendam banjir atau tidak, Anda bisa mengeceknya dari suara mesin mobil.

Pasalnya, kondisi suara mesin pada mobil yang habis terkena banjir umumnya memiliki suara yang lebih kasar daripada mobil dalam kondisi normal.

Dari sini, tentu Anda bisa dengan mudah mendeteksi kondisi mobil apakah mobil tersebut merupakan mobil bekas terendam banjir atau tidak. Cermatlah dalam soal ini.

Cek STNK dan Track Record dari Servis Mobil

Kemudian, hal lain sebagai cara untuk mengetahui ciri mobil bekas terendam banjir bisa dilihat dari STNK mobil tersebut.

Karena, jika melihat alamat yang ada pada STNK  mobil tersebut, Anda sendiri jauh bisa mengenal sekaligus mengetahui apakah daerah atau alamat yang tertulis pada STNK tersebut rawan banjir atau tidak.

Bilamana lokasi alamat atau daerah pada STNK rawan banjir maka besar kemungkinan mobil pernah terendam banjir.

Selain itu, Anda juga bisa melihat catatan riwayat servis. Karena, dari sini, umumnya pada saat servis, biasanya tertulis perbaikan karena terendam banjir.

Nah, tentu saja dari ini Anda akan jauh lebih mudah dan benar-benar memastikan bahwa kondisi mobil baik-baik saja atau pernah terendam banjir.

Harganya Jauh Lebih Murah Ketimbang Harga Pasaran

Lalu, untuk mengenal ciri mobil bekas terendam banjir, bisa juga dengan melihat kisaran harga yang dipatok dari mobil tersebut oleh si pemilik pertama atau penjual.

Jika harga yang dipatok sangat murah atau jauh dari harga pasaran, jangan langsung tergiur. Bisa jadi, harga yang murah tersebut dimaksudkan agar mobil segera laku karena ada kerusakan yang ditutupi.

Dalam hal ini, tak menutup kemungkinan pula karena mobil pernah terendam banjir sehingga memaksa si penjual memasang harga rendah agar mobil cepat laku.

Dari hal ini, sangat disarankan sekali untuk tidak mudah tergiur dengan harga murah. Cek harga pasaran dari mobil bekas yang sedang Anda targetkan.

Bila masih berada pada kondisi harga normal maka Anda juga jangan mudah terlena. Karena, bisa jadi harga yang standar pun tak bisa menutup adanya kemugkinan bahwa mobil bekas banjir.

Apalagi jika penjualnya memasang dengan harga yang sangat murah.

Mobil Bekas Banjir

Nah, sampai di sini, tentu saja setidaknya teman-teman sudah memahami bagaimana ciri mobil bekas terendam banjir yang dijual di bursa jual beli mobil bekas.

Sehingga, dengan adanya pengetahuan mengenai beberapa tanda mobil bekas yang terendam banjir tersebut, Anda bisa memilih mana kondisi mobil yang masih bagus dan mana yang kondisinya sudah rusak karena terkena rendaman air hujan (banjir).

Bagaimana kawan? Cukup jelas bukan beberapa ciri-ciri yang telah Mas Sena ungkap di atas?

Mas Sena berharap bahwa info mengenai ciri mobil bekas terendam banjir di atas bisa menjadi referensi yang membawa manfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai jumpa lagi ya kawan di lain topik tips otomotif yang lain.

Bagan