Ciri Mobil Bekas yang Masih Bagus

Tanda mobil bekas dengan kondisi normal yang masih layak pakai. Yuk, cek detailnya

Ciri Mobil Bekas Masih Bagus – Dominasi pasar mobil bekas agaknya menjadi salah satu segen pasar otomotif nasional yang terus bertahan.

Wajar saja, mengingat sampai detik ini masih banyak masyarakat kita yang menginginkan mobil bekas atau second sebagai pilihan kendaraan mereka untuk menunjang transportasi pribadi.

Selain itu, harganya yang relatif lebih murah dan terjangkau dibanding mobil baru, tentu saja membuat pangsa mobil bekas secara nasional masih terus bertahan.

Jika Anda memiliki rencana untuk membeli mobil bekas, tentunya Anda harus bisa pandai-pandai memilih mana mobil bekas yang masih layak atau tidak.

Ciri Mobil Bekas Yang Masih Bagus

Pasalnya, di tengah banyaknya penjual mobil bekas, tentu saja ada beberapa oknum nakal yang mencoba untuk menipu Anda dengan harga miring namun kualitas mobil dipertanyakan.

Lantas, bagaimana sih cara untuk memilih mobil second agar tidak tertipu itu? Semakin penasaran bukan?

Jangan khawatir teman, karena pada sesi kali ini, Mas Sena akan memberikan informasi update soal tanda atau ciri mobil bekas yang masih bagus dan direkomendasikan untuk Anda.

Tanda Mobil Second Layak Beli

Di tengah banyaknya penawaran mobil bekas sampai detik ini, tentu saja bagi Anda yang memiliki rencana untuk membelinya, jangan asal pilih. Anda harus mengenali apa saja tanda atau ciri mobil bekas yang masih bagus dan layak dibeli tentunya.

Cara Mengecek Mobil Tua

Suara Mesin Terdengar Lembut

Pertama, aspek umum yang jarang diabaikan oleh banyak orang dalam kaitannya dengan soal mobil second, adalah suara mesin.

Yang mana, suara mesin mobil yang tentunya masih bagus akan terdengar halus, baik dalam kondisi netral maupun saat mobil digas.

Tentu saja, suara mesin yang smooth menjadi sebuah indikasi bahwa proses kinerja dalam ruang permesinan maupun pembakaran masih berjalan normal sebagaimana mestinya.

Apalagi, jika mesin masih tetap terdengar smooth saat mobil dihidupkan dalam waktu lebih dari 2 menit.

Dengan begitu, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk selalu mengecek suara mesin terlebih dahulu sebagai salah satu upaya untuk mengenali tanda mobil second yang masih layak pakai.

Minus Kebocoran

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa pada mobil second yang hendak dibeli, pastikan tidak ada indikasi kebocoran. Khususnya area tangki bahan bakar mobil dan tangki oli mesin.

Karena, jika ada indikasi kebocoran maka sangat berpotensi sekali akan memicu berbagai masalah, terutama di sektor permesinan daripada mobil.

Di satu sisi, perlu untuk Anda ketahui bahwa jika ada masalah pada area tangki bahan bakar maupun tangki oli, nantinya akan ada rembesan cairan yang keluar.

Pastikan juga tabung radiator beserta selang-selang penghubung pada mobil tersebut tidak ada kebocoran sama sekali yang umumnya akan memicu masalah serius bilamana dibiarkan begitu saja.

So, adanya rembesan cairan di beberapa titik mobil tentu bisa menjadi pertimbangan dari analisis ciri mobil bekas yang masih layak atau tidak.

Asap Knalpot Bening (Tidak Berwarna)

Kemudian, tanda lain yang tak bisa Anda abaikan begitu saja terletak pada warna dari asap mobil itu sendiri.

Dimana, jika mobil asapnya tidak berawarna, itu indikasi bahwa mobil masih dalam kondisi normal yang tentunya layak untuk dipertimbangkan.

Sedangkan, bila asap knalpot mengeluarkan asap putih, bisa jadi itu merupakan suatu indikasi kuat bahwa di dalam sektor permesinan telah terjadi kebocoran.

Yang mana, umumnya kebocoran akibat dari oli mesin yang merembes keluar. Jika memang demikian, tentu saja Anda harus benar-benar memastikan pada asap knalpot yang keluar dari mobil tersebut.

Mobil Bekas Terbaik

Transmisi yang Begitu Halus

Saat Anda hendak membeli mobil second atau bekas, sebaiknya Anda harus benar memastikan suara yang muncul dari dalam mesin mobil.

Guna memastikannya, tentunya Anda bisa melakukan test drive untuk mengenal lebih jauh kondisi mobil saat tengah diknedarai di medan jalan.

Cara seperti ini sudah jelas dan barang tentu akan mempermudah Anda dalam memastikan kondisi mobil secara lebih real.

Di sisi lain, untuk memastiknnya, Anda harus mencermati bagaimana sistem transmisi dari mobil yang hendak akan Anda beli tersebut.

Jika terasa sangat berat dan tak bertenaga, itu tandanya ada masalah di sektor permesin yang berkenaan dengan area transmisi.

Sehingga, Anda diharuskan benar-benar mampu memastikan bahwa transmisi pada mobil bekas tersebut masih dalam keadaan yang normal dan layak pakai.

Mobil Kuat Menanjak

Ciri mobil second yang bagus dan sangat berkualitas, bisa juga ditelusuri dari bagaimana kondisi mobil saat dikendarai di berbagai medan.

Seperti saat sedang menanjak. Dimana, Anda harus benar-benar memastikan bahwa mobil kuat menanjak dalam kondisi apapun meskipun sedang banyak penumpangnya.

Bukan tanpa alasan mengingat salah satu indikasi utama dari mobil yang berkondisi baik, tentu saja  tidak akan mengeluarkan suara menderu-deru atau asap knalpot tebal saat dipakai menanjak jalanan dengan kemiringan sekitar 20 sampai 30 derajat.

Kaki-Kaki Masih Kokoh.

Di samping itu, Anda juga perlu untuk memastikan bahwa kondisi kaki-kaki pada mobil tentunya menjadi perhatian tersendiri.

Kaki-kaki mobil yang lemah dan ada indikasi keretakan, umumnya menjadi indikasi jika mobil tersebut sebelumnya telah terbentur dengan begitu kerasnya.

Pasalnya, rangka kaki-kaki mobil terbuat dari bahan material yang sangat tebal. Sehingga, jika ada keretakan atau posisinya tidak presisi, tidak disarankan untuk Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar yakin bahwa tidak ada masalah pada kaki-kaki mobil karena sangat riskan dan berpotensi memicu terjadinya masalah atau kerusakan lebih besar.

Ban dan Velg Masih Kokoh dan Rapi

Jika sudah yakin dengan kondisi mesinnya, tugas teman-teman selanjutnya adalah melakukan pengecekan mendalam pada bagian bodi mobil, apakah ada cacat, penyok, goresan, cat yang terkelupas, plafon yang rusak, jok sobek, dan sebagainya.

Tak sampai di situ saja, Anda pun juga harus benar-benar memastikan juga bahwa ban mobil masih tebal dan memiliki tekanan angin yang cukup.

Bukan tanpa sebab kawan, hal ini tentu saja dikarenakan ban mobil maupun velg yang tak terawat, biasanya akan muncul atau tampak dari kondisi velg yang sedikit penyok atau ban yang permukaan luarnya tak halus.

Cara Mengeck Mobil Bekas Matic

Mengacu dari berbagai indikasi atau tanda tersebut, sudah jelas bahwa Anda kini sudah bisa mengenali apa saja indikator yang menjadikan layak tidaknya mobil bekas tersebut untuk dijual.

Di satu sisi, aspek yang perlu dipahami adalah terkait dengan bagaimana Anda mengenali tanda lain yang berkaitan dengan kondisi mobil second tersebut.

Pasalnya, tiap mobil memiliki kadar kualitas dan kondisi yang tentunya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Namun, secara garis besar, itulah beberapa cara yang tepat untuk mengenali apa saja tanda atau ciri mobil bekas yang masih bagus dan layak untuk dipakai. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman sekalian. Sampai berjumpa kembali ya kawan.

Bagan