Ciri Mobil Matik Bermasalah yang Perlu Diwaspadai

Tanda-tanda gejala awal mobil matik bermasalah yang patut dipahami dan diketahui

Ciri Mobil Matik Bermasalah – Saat ini, tren mobil matik memang menjadi model yang digemari oleh banyak konsumen di Indonesia. Kemudahan dan fleksibilitas dalam berkendara adalah salah satu alasan kenapa mobil bertransmisi otomatis tersebut menjadi pilihan utama bagi konsumen.

Namun, tak bisa dipungkiri juga jika mobil matik pun juga terkadang mengalami gangguan yang tak jarang tidak disadari oleh si pemilik. Hal itu tentu karena kurangnya informasi terkait ciri mobil matik bermasalah yang menjadi penyebab adanya kerusakan.

Oleh sebab alasan itu, tak ayal jika topik mengenai tanda atau ciri mobil matik bermasalah menjadi ulasan perbincangan yang cukup banyak dicari oleh konsumen, terutama para pengguna pemula yang belum banyak mendapat pengalaman soal mobil matik.

Ciri Mobil Matik Bermasalah

Maka dari itu, merespon kegelisahan tersebut, dalam artikel kali ini Mas Sena akan berbagi informasi mengenai tanda adanya kerusakan pada mobil matik yang jarang diketahui.

Dimana, ada ragam gejala awal yang umumnya diabaikan dan seringkali dianggap sepele oleh para pemilik mobil matik. Apa saja itu?

Mari, kita simak bersama-sama informasi mengenai ciri mobil matik bermasalah yang patut untuk Anda pahami dan pelajari betul.

Ciri Mobil Matik Bermasalah

Mas Sena akan membahas tentang berbagai tanda atau ciri mobil matik bermasalah yang sangat perlu dipahami dan diwaspadai sebagai gejala awal dari adanya kerusakan.

Ciri Mobil Matik Bermasalah Secara Umum

Muncul Suara Aneh saat Perpindahan Transmisi

Tanda pertama jika ada masalah pada mobil matik Anda yaitu munculnya suara aneh yang tak biasa, seperti bunti “krek-krek” saat perpindahan posisi transmisi.

Jika muncul suara yang aneh seperti itu, tentu saja sebuah indikasi jika mobil matik Anda sedang mengalami masalah di bagian transmisi.

Bila sudah ada indikasi yang berkenaan dengan ciri mobil matik bermasalah seperti ini maka sesegera mungkin membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan guna mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Tarikan Tak Mulus

Saat Anda sedang mengendarai mobil matik namun tarikan terasa begitu berat atau tersendat, kondisi tersebut bisa menandakan sebagai salah satu ciri mobil matik bermasalah yang sangat perlu diperhatian dan diwaspadai.

Umumnya, mesin akan terasa seperti memberikan efek getaran atau sedikit menghentak bersamaan saat pedal gas diinjak.

Jika kondisi ini terjadi maka ada dua spekulasi kerusakan. Yakni adanya kerusakan di bagian solenoid pressure atau tak menutup kemungkinan adanya kebocoran oli transmisi (transmisi otomatis konvensional).

Maka dari itu, solusi awal yang bisa dilakukan yakni dengan mengganti oli transmisi dengan yang baru dengan oli yang direkomendasikan oleh pihak produsen.

Terasa Ada Getaran saat Dikendarai

Selanjutnya, ciri mobil matik bermasalah yakni muncul getaran ketika mobil sedang dikemudikan di medan jalan yang mulus.

Bila ini terjadi, maka ada kemungkinan jika kampas kopling sudah mulai aus. Bahkan, tak tertutup kemungkinan juga jika kampas koplingnya gosong.

Karena kondisi ini sulit diprediksi maka sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan kondisi mesin di bengkel agar masalah pada mobil matik ini bisa diperbaiki dengan sempurna.

Bahan Bakar Lebih Boros secara Tiba-Tiba

Ciri mobil matik bermasalah bisa diketahui dari konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros dari sebelumnya.

Kondisi ini umumnya dipicu dari torsi mesin yang tidak tersalur dengan sempurna ke bagian roda. Dengan demikian, secara otomatis akan memerlukan putaran mesin yang lebih besar yang berimbas pada konsumsi BBM yang menjadi tidak efisien.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya bawa mobil matik Anda ke bengkel resmi karena kondisi ini tidak bisa diperbaiki sendiri mengingat memerlukan keahlian teknis dalam melakukan perbaikan.

Ciri Mobil Matik Bermasalah Pada Transmisi

Kesulitan Memundurkan Mobil

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna mobil matik yakni kesulitan menggunakan gigi mundur.

Jika kendala seperti memundurkan mobil ini Anda temukan, tentu ada penyebabnya. Dimana, umumnya disebabkan adanya kerusakan pada sistem mekanik transmisi otomatis.

Nah, guna mencegah kejadian tersebut maka salah satu langkah yang efektif yakni dengan melakukan pengecekan secara berkala pada mobil matic Anda. Apabila kerusakan tersebut telanjur terjadi, Anda sebaiknya segera membawa mobil Anda ke bengkel resmi.

Karena, kondisi seperti ini tidak bisa dipandang sebelah mata mengingat dampaknya yang kemungkinan akan meluas di bagian kopling dan transmisi. Ini tentu jadi ciri mobil matik bermasalah yang tak jarang justru dipandang remeh.

Mobil Tiba-Tiba Ngelos

Pada mobil matik, tak jarang terjadi slip atau ngelos saat perpindahan gigi. Gejala ini umumnya terjadi pada gearbox planetary gear set (tipe step AT) yang pada umumnya terjadi dalam kondisi perpindahan gigi pertama ke gigi ke dua.

Kondisi seperti ini menjadi ciri mobil matik bermasalah yang cukup sering dialami oleh para pemilik mobil, umumnya pada mobil keluaran tahun 2015 ke belakang.

Namun, kejadian seperti ini bisa dicegah dengan melakukan perawatan rutin berupa service berkala ke bengkel resmi sesuai prosedur yang ditawarkan oleh pihak pabrikan.

Mobil Terasa Sulit ketika Menanjak

Tanda umum jika mobil matik mulai bermasalah adalah ketika menanjak di medan yang tinggi. Kondisi seperti ini memang lumrah terjadi pada beberapa mobil matik yang jarang diservice.

Jika kondisi seperti ini mulai muncul, maka tandanya mobil matik segera endapat sokongan service dalam skala besar mengingat kemungkinan ada masalah pada sebagian besar di sektor mesin.

Tercium Oli yang Terbakar

Berikutnya, ciri mobil matik bermasalah yang perlu diwaspadai yaitu jika Anda mulai mencium bau oli yang terbakar.

Ini bisa terjadi karena kurangnya volume dari pelumas transmisi dan bisa timbul karena bocor atau sifat dari cairan pelumas yang sudah menjadi kotor sehingga memicu terjadinya overheating.

Apabila Anda mulai menemukan kondisi seperti ini maka segeralah membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperbaiki dan diganti.

Lampu Indikator Check Engine Mulai Menyala

Ciri mobil matik bermasalah berikutnya yakni dengan memeriksa lampu indikator pada bagian check engine. Jika lampu ini menyala maka bisa dipastikan ada masalah serius pada bagian transmisi atau kelistrikan.

Segeralah untuk membawa mobil Anda ke bengkel tanpa menunggu waktu karena yang bisa memahami kondisi seperti ini hanyalah teknisi yang sudah mengenal seluk beluk mobil matik.

Ciri Mobil Matik Bermasalah Yang Perlu Diwaspadai

Pemahaman mengenai ciri mobil matik bermasalah yang telah Mas Sena utarakan di atas, sudah barang tentu menjadi sebuah masalah umum yang tak jarang terjadi menghantui para pemilik mobil matik.

Namun, dengan melakukan tindakan pencegahan, seperti perawatan service rutin ataupun perawatan harian maka akan membuat kondisi atau performa mobil matik Anda tetap dalam kondisi yang prima.

Nah, sekian ulasan mengenai ciri mobil matik bermasalah dari Mas Sena yang telah disampaikan pada beberapa segmen di atas. Tentu saja, Mas Sena harap ulasan ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Sekian dan semoga bisa berjumpa di lain kesempatan.

Bagan