Ciri Rem ABS Motor Rusak dan Bermasalah

Gejala awal masalah pada rem ABS sepeda motor yang jarang diketahui

Ciri Rem ABS Motor Rusak – Sistem pengereman pada sepeda motor, sudah barang tentu menjadi fitur keamanan atau keselamatan yang sangat penting keberadaannya.

Karena, fungsi dari rem sendiri tak lain untuk mempermudah pengendara dalam menjaga atau mengendalikan laju motor sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Atau, bisa juga untuk mempermudah pengemudi dalam menghentikan motor ketika melaju dengan kecepatan tertentu. Tentu saja, karena sangat penting maka tak heran bila sektor pengereman di sini sangat penting untuk dipahami.

Mengenai soal pengereman, sistem rem ABS (Anti-lock Braking System) adalah teknologi terbaru yang kini mulai banyak disematkan pada beberapa kendaraan bermotor.

Ciri Rem Abs Motor Rusak

Hal tersebut sudah barang tentu tak lepas dari keunggulan teknologi ABS itu sendiri. Dimana, tidak cukup hanya sekedar berguna untuk mencegah rem mengunci saat digunakan melainkan juga memiliki fungsi untuk membuat jarak pengereman jadi lebih presisi.

Namun, tak jarang yang memahami bahwa komponen ABS di sini juga berpotensi mengalami kerusakan. Sayangnya, masih sedikit yang mengenal tanda atau ciri rem ABS motor rusak.

Padahal, hal tersebut sangat penting sekali guna menjaga laju motor menjadi mudah dikendalikan sekaligus mencegah ban terselip saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Nah, oleh sebab alasan tersebut maka dalam hal ini Mas Sena bakal memberikan informasi mengenai ciri rem ABS motor rusak yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Tanda Rem ABS Motor Bermasalah

Ada beberapa tanda atau ciri rem ABS motor rusak yang bisa Anda kenali dari beberapa indikasi yang muncul. Di antaranya adalah sebagaimana berikut ini.

Indikasi Kerusakan Rem Abs Motor

Indikator ABS Menyala

Satu hal yang sangat mudah untuk mengetahui bahwa rem ABS pada motor mengalami kendala, Anda bisa melihat di panel indikator/speedometer motor.

Dimana, pada instrumen ini, indikator ABS akan mulai berkedip pada saat mesin dihidupkan. Ini menandakan bahwa sistem ABS pada rem motor perlu untuk dicek atau diperiksa.

Bila kondisinya mulai muncul maka segera bawa motor Anda ke bengkel terdekat untuk dicek. Karena, bila dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan justru kerusakan akan merambat ke komponen lain.

Tuas Rem Tidak Memantul ketika Ditekan

Di sisi lain, untuk mengecek jika kondisi rem ABS mengalami masalah, bisa diketahui dari tuas rem motor.

Biasanya, bila rem motor ditekan atau direm, akan sedikit ada pantulan balik yang menandakan bahwa kondisi rem ABS dalam keadaan normal.

Namun, jika tidak ada pantulan sama sekali ketika tuas ditekan (seperti rem biasa) maka bisa dipastikan bahwa sistem mekanisme rem ABS perlu mendapat pengecekan.

Hal ini juga bisa menjadi pertanda bila sistem ABS pada rem motor Anda sudah saatnya perlu mendapat penggantian pada beberapa komponen yang terkait.

Maka dari itu, telitilah ketika melakukan penekanan pada tuas rem. Rasakan apakah ada pantulan balik atau tidak sama sekali.

Pulse Ring Penyok

Kemudian di sisi lain, ciri lain yang menandakan bahwa rem ABS bermasalah bisa dilihat dari pulse ring.

Perlu diketahui bahwa secara mekanisme, kinerja sistem ABS tersebut bakal kurang maksimal performanya bila terganggu. Salah satunya bila motor terkena lumpur atau tanah basah, khususnya di bagian pulse ring-nya itu tertutup

Karena, jika pulse ring ini tertutup maka akan memicu sensor yang berpotensi tidak bisa membaca. Jika kondisi ini terjadi maka secara otomatis sistem ABS-nya gagal atau tidak berfungsi. Jika tidak berfungsi jadinya ABS hanya berfungsi sebagai rem biasa saja.

Maka dari itu, cek pada pulse ring, apakah masih dalam posisi yang presisi atau sudah penyok.

Sebab, satu lubang penyok maka informasi yang dibaca oleh sensor dalam sistem pengereman ABS ini dipastikan tidak akan akurat 100% yang justru akan membingungkan pengendara.

Motor Tidak Bisa Direm dan Terasa Keras

Jika secara tiba-tiba motor tidak bisa direm atau tuasnya terasa sangat keras, itu menandakan bahwa kondisi rem ABS sedang mengalami kerusakan.

Beberapa faktor bisa menjadi pemicu kondisi tersebut, bisa karena kemasukan lumpur dikarenakan ada celah pada pulse ring atau bisa juga karena memang masa pemakaian yang sudah lama.

Bila motor Anda menggunakan rem ABS dan tiba-tiba rem terasa keras saat tuasnya ditekan, maka itu merupakan gejala awal atau indikasi bahwa sistem rem ABS mulai rusak.

Karena, pada dasarnya tuas rem akan terasa halus dan memantul bila kondisi ABS-nya masih dalam keadaan normal.

So, jangan ragu untuk melakukan pengecekan dan membawa motor Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa kondisi remnya agar bisa diperbaiki dengan segera.

Rem Abs Motor Bermasalah

Muncul Suara Berdecit saat Direm

Berbeda dengan sistem rem standar, rem ABS memiliki kelebihan yang tidak akan menimbulkan suara berdecit saat tuas rem ditekan.

Akan tetapi, bila rem mengeluarkan bunyi seperti gesekan benda yang berdecit maka ada kemungkinan bahwa sistem ABS tidak berjalan atau bekerja sebagaimana mestinya.

Dimana, itu menandakan bahwa kampas rem sudah mulai aus yang perlu diganti. Mengingat, bila kampas rem aus, tentu saja kinerja rem ABS akan terganggu dan bahkan laju motor sulit untuk dihentikan.

Bila kondisi seperti ini mulai terjadi, sebaiknya jangan lama-lama untuk membiarkannya. Disarankan untuk sesegera mungkin membawa motor Anda ke bengkel dan lakukan penggantian kampas rem dengan yang baru.

Pipa Minyak Rem Bocor

Lalu, pada kondisi lain, jika Anda menemui kondisi pipa pada minyak rem bocor, itu juga merupakan bahwa ada indikasi kerusakan pada sistem pengereman.

Sebenarnya, hal ini tidak serta merta merupakan kerusakan pada rem ABS. Akan tetapi, bila minyak rem bocor, itu menandakan jika ada celah pada area pipa yang membuat minyak rem merembes keluar.

Bila keadaan ini dibiarkan begitu saja maka sudah barang tentu bakal mengganggu kinerja daripada sistem pengereman ABS.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika nantinya kinerja sensor baca pada rem ini akan bermasalah sehingga akurasi kondisinya tidak akan sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Ban Tiba-Tiba Terselip saat Dilakukan Pengereman

Tanda atau ciri rem ABS motor alami kerusakan, biasanya juga bisa diketahui saat ban tiba-tiba terselip saat tuas rem ditekan.

Jelas sudah ini menunjukkan bahwa rem ABS sama sekali tidak bekerja dengan baik.

Karena, secara peran sendiri, rem ABS berfungsi untuk mencegah ban selip saat dilakukan pengereman mendadak.

Namun, bila kondisi ini terjadi maka sudah barang tentu sistem rem ABS pada motor Anda mengalami kendala atau masalah.

Tanda Rem Abs Motor Rusak

Setelah mengenali beberapa tanda masalah pada rem ABS di atas, kawan-kawan tentunya sudah memahami apa saja indikasi atau gejala yang menjadi potensi adanya kerusakan pada sistem kinerja ABS motor.

Dengan demikian, bisa langsung dilakukan tindakan tanggap untuk segera memperbaikinya bila beberapa indikasi di atas terjadi pada sepeda motor.

So, itulah tadi beberapa tanda atau ciri rem ABS motor rusak yang bisa Anda pelajari dan pahami. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Bagan