Ciri Suspensi Mobil Bermasalah dan Cara Perawatannya

Mengenal ciri atau tanda suspensi pada mobil mengalami kerusakan

Ciri Suspensi Mobil Bermasalah – Komponen pada bagian kaki-kaki mobil merupakan salah satu segmen yang penting untuk dijaga dan dirawat.

Karena, bagian ini terdapat suspensi mobil yang peran dan fungsinya begitu penting sebagai peredam getaran ketika mobil melaju di medan yang tidak rata.

Tentu saja, dengan fungsinya yang begitu vital tersebut maka diperlukan beberapa perawatan khusus. Salah satunya yakni dengan mengenali ciri suspensi mobil bermasalah.

Ciri Suspensi Mobil Bermasalah

Sebab, dengan mengetahui beberapa gejala masalah pada suspensi mobil, tentu saja secara otomatis Anda akan segera mengetahui bahwa ada kendala yang terjadi di bagian suspensi. Dengan demikian maka Anda pun bisa sesegera mungkin memperbaikinya dengan membawanya ke bengkel.

Artinya, pengetahuan mengenai menjaga performa suspensi mobil, khususnya dalam soal ciri suspensi mobil bermasalah ini, dinilai akan bisa mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah. Mengingat, kerusakan sudah diketahui lebih dini.

Lantas, apa saja sih gejala atau tanda suspensi mobil yang rusak atau bermasalah? Mau tahu?

Yuk, kita simak bersama ulasan lengkap mengenai beberapa ciri suspensi mobil bermasalah yang akan Mas Sena ulas bersama dengan tindakan atau cara merawatnya sebagai upaya pencegahan.

Ciri Suspensi Mobil Bermasalah

Perlu diketahui bahwa sebenarnya, ciri suspensi mobil bermasalah umumnya cukup mudah dikenali dari beberapa gejala yang timbul. Antara lain seperti yang akan Mas Sena ungkap di bawah ini.

Gejala Suspensi Mobil Rusak

Muncul Suara Berdecit

Gejala pertama dari ciri suspensi mobil bermasalah yang timbul, biasanya bisa diketahui atau dikenali dari adanya suara berdecit ketika melalui polisi tidur atau tanjakan.

Nah, bila memang Anda merasakan hal tersebut maka tak menutup kemungkinan bahwa komponen suspensi mobil tersebut sedang mengalami masalah.

Bukan tanpa alasan mengingat sangat dimungkinkan sekali jika bunyi dan guncangan yang terjadi di mobil tersebut dipicu oleh rusaknya suspensi mobil yang sudah tidak bisa lagi meredam guncangan dengan baik.

Bila memang kondisi ini sudah mulai sering terasa maka sebaiknya Anda sesegera mungkin untuk membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan.

Peredaman Terasa Melemah

Berikutnya, ciri suspensi mobil bermasalah atau terkendala bisa juga diketahui dari kualitas peredaman pada suspensi itu sendiri.

Artinya, jika saat Anda melewati jalan yang tidak rata atau bergeronjal dan terasa sangat keras maka bisa dimungkinkan bila sistem kinerja pada suspensi sudah mulai menurun.

Bahkan, kondisi ini tak menutup kemungkinan mengindikasikan jika suspensi sudah mulai mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, bila Anda merasakan bahwa getaran saat mengemudi mobil ketika melewati medan jalan begitu terasa tentunya jangan dibiarkan terlalu lama.

Pasalnya, bisa membuat bagian kinerja dari sistem kaki-kaki mobil Anda justru mengalami kerusakan yang jauh lebih parah.

Maka dari itu, tanda seperti ini merupakan sebuah infomarmasi yang cukup valid bilamana memang terjadi kerusakan pada bagian suspensi dari mobil tersebut.

Oli Suspensi Tampak Bocor

Di sisi lain, Anda juga bisa mengenal kondisi suspensi mengalami masalah atau kendala dengan melihat bagian suspensi itu sendiri.

Dimana, yang dimaksud di sini, Anda perlu memeriksa apakah ada kebocoran oli dari suspensi mobil tersebut atau tidak.

Nah, bilamana memang telah ditemukan suspensi dalam keadaan basah yang disebabkan karena oli maka tak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut bisa dipicu oleh robeknya karet seal suspensi atau as shock yang tergores atau baret.

Kebocoran oli suspensi memang sangat mudah diketahui. Apalagi, jika tampak ada rembesan cairan keluar yang merupakan cairan oli itu sendiri.

Bila kondisi ini terjadi, segeralah untuk melakukan perbaikan ke bengkel. Akan lebih baik jika perbaikan atau pengecekan dilakukan ke bengkel khusus perbaikan kaki-kaki mobil.

Bodi pada Mobil Mulai Tidak Stabil

Ciri suspensi mobil bermasalah yang lain, bisa Anda deteksi dari kondisi pada bodi mobil Anda.

Untuk mendeteksinya, Anda bisa mencoba untuk meneliti apakah bodi mobil tampak rata atau justru tidak presisi. Anda bisa mencobanya dengan melewati tanjakan.

Bila tampak atau terasa miring maka itu tandanya bahwa ada masalah pada bagian kaki-kakinya, termasuk di sektor suspensi.

Selain itu, Anda juga bisa mengeceknya dengan cara menggenjot-genjot kap bagasi. Jika mobil terasa mengayun-ayun, berarti ada sesuatu yang bermasalah atau kendala dengan suspensi pada mobil Anda.

Dengan demikian, sangat disarankan untuk segera membawa mobil ini ke bengkel agar bisa segera diperbaiki kerusakannya.

Cara Merawat Suspensi Mobil

Selain memahami berbagai ciri atau gejala kerusakan pada suspensinya, perlu untuk Anda ketahui juga bagaimana cara merawat suspensi mobil sebagai upaya pencegahan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Usahakan untuk Parkir Mobil di Permukaan Rata

Pertama, cara merawat suspensi mobil yang perlu dilakukan adalah usahakan untuk memarkirkan mobil Anda di lokasi atau medan permukaan yang rata.

Sebab, bila mobil diparkirkan di lokasi yang kurang rata maka akan berpengaruh pada suspensi. Mengingat, kondisi tersebut bila dibiarkan justru akan membuat terjadinya penekanan ke salah satu suspensi sehingga akan mengakibatkan beban berlebih pada sisi suspensi tersebut.

Maka dari itu, hindari memarkirkan mobil pada permukaan yang tidak rata. Sehingga, kondisi suspensi tetap terawat dan lebih terjaga.

Hindari Jalan Berlubang

Usahakan juga untuk menghindari melewati jalan yang berlubang. Ini merupakan salah satu cara merawat suspensi mobil.

Karena, melewati jalan yang berlubang banyak maka akan memaksa suspensi bekerja total dengan beban berat.

Bila memang tidak bisa dihindari maka upayakan untuk pelan-pelan saja jika melewati medan jalan yang berlubang seperti ini. Setidaknya untuk meminimalisir adanya getaran keras ketika melewati medan jalan.

Hindari Membawa Beban di Luar Rekomendasi

Cara merawat suspensi mobil berikutnya yang perlu untuk Anda hindari yakni usahakan untuk tidak membebani mobil dengan beban yang di luar standar rekomendasi.

Karena, bila dipaksakan maka akan membuat suspensi mobil lebih bekerja keras. Dengan demikian maka sudah barang tentu bakal menambah beban kerja dari suspensi.

Jadi, sangat disarankan bahwa sebagai tindakan pencegahan untuk tidak membawa beban berat pada mobil Anda.

Selalu Perhatikan Kondisi Tekanan Angin Ban

Jangan lupa juga bahwa Anda harus memperhatikan kondisi tekanan ban pada mobil Anda. Karena, berkenaan erat dengan bagian suspensi.

Sebab, ban mobil juga memiliki peran penting dengan fungsi untuk meredam getaran sebelum dilanjutkan ke bagian suspensi.

Artinya, jika tekanan ban sesuai maka getaran yang diterima oleh suspensi pun menjadi lebih ringan. Dengan begitu, ini merupakan salah satu langkah dalam cara merawat suspensi mobil yang bisa dilakukan secara mandiri.

Suspensi Mobil Bermasalah

Dari berbagai macam ciri suspensi mobil bermasalah yang telah disebut di atas, tentu Mas Sena cukup yakin bilamana Anda sudah bisa mengenal apa saja indikasi atau gejala jika ada kerusakan di bagian suspensi.

Selain cirinya, ada beberapa langkah cara merawat suspensi mobil yang sangat direkomendasikan untuk diterapkan sebagai tips pencegahan kerusakan suspensi pada mobil.

Nah, sampai di sini dulu ulasan mengenai ciri suspensi mobil bermasalah dan cara merawatnya. Sekian dan semoga bisa menjadi manfaat untuk teman-teman semua. Sampai berjumpa lagi.

Bagan