Ini Alasan Kenapa Aki Motor Matic Sering Tekor

Mengenal penyebab utama yang membuat aki pada motor matic sering mati dan soak

Aki Motor Matic Sering Tekor – Peran aki dalam kendaraan bermotor sudah barang tentu menjadi sangat penting dan begitu vital.

Hal itu tentu saja tak lepas dari peran aki itu sendiri. Yang tak lain dan tak bukan bertugas untuk menyimpan tenaga listrik.

Tak sampai di situ saja, bahkan tugas aki pada motor matic pun juga berfungsi sebagai supply system atau penyuplai daya kelistrikan pada motor untuk menghidupkan beberapa komponen yang membutuhkan daya listrik. Seperti lampu, panel indikator, dan sebagainya.

Selain itu, di antara fungsi aki sendiri juga untuk mempermudah pengguna sepeda motor dalam menghidupkan mesin motor matic melalui starter elektric yang disediakan.

Penyebab Aki Motor Matic Sering Tekor

Akan tetapi, terkadang ada masalah yang sering terjadi pada aki di dalam motor matic ini. Dimana, terkadang aki mengalami soak secara tiba-tiba.

Atau, bahkan juga tak jarang yang mengalami kondisi aki yang secara tiba-tiba soak padahal belum lama diganti.

Tentu saja, semua itu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang patut untuk kita kenali sebagai langkah agar nantinya bisa dicegah.

Nah, untuk lebih jelas dan detailnya, berikut ini akan Mas Sena sampaikan beberapa penjelasan mengenai penyebab aki motor matic sering tekor dalam penggunaannya.

Penyebab Aki Motor Matic Mudah Tekor

Perlu untuk Anda ketahui bahwa penyebab kondisi aki pada motor matic yang mudah tekor, tentu disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya adalah sebagaimana yang akan Mas Sena jelaskan di bawah ini.

Mengatasi Aki Motor Yang Sering Rusak

Kondisi Aki yang Kurang Terawat

Sebagaimana diketahui bahwa aki memang jadi komponen yang keberadaannya sangat vital dan penting. Namun, tak bisa dipungkiri juga bahwa aki sendiri rentan terhadap berbagai kendala dan juga kerusakan.

Salah satunya yakni sangat rentan terhadap proses korosi dan plak, terutama di bagian kepala penutup lubang aki.

Bahkan, tak terkecuali juga pada sektor terminalnya. Yang mana, bila tak ada perhatian dalam merawat aki maka akan memicu terjadinya kerusakan yang lebih cepat,

Jadi, secara tak langsung, perawatan yang kurang intensif pada bagian aki akan memicu kondisi aki yang justru sering mengalami tekor.

Ada Bagian Pengikat Aki yang Rusak

Tak bisa dipungkiri bahwa dengan beban tugasnya sebagai penyimpan daya, tentu saja aki juga memerlukan komponen perantara.

Antara lain seperti kabel dan komponen pengikat serta sekrup. Dimana, setiap komponen tersebut berfungsi sebagai alat untuk menghubungkan aliran listrik ke seluruh bagian motor agar bisa tersalurkan secara sempurna sesuai kebutuhan.

Maka oleh sebab alasan itu, bilamana ada satu saja komponen ini ada yang terlepas atau rusak, hampir dipastikan aki tidak akan berfungsi. Selain itu, hal ini juga akan mengakibatkan aki melemah dan mengalami kerusakan.

Dengan fakta tersebut, ada baiknya Anda untuk selalu mengecek bagian saluran atau kabel yang terhubung langsung dengan aki.

Di sisi lain, Anda juga harus selalu rutin memeriksa bagian pengikat aki itu sendiri agar bila ada indikasi rusak atau terlepas, bisa langsung diperbaiki serta merta tanpa harus menunggu sampai kerusakan menjalar kemana-mana.

Motor Jarang Dihidupkan

Perlu untuk Anda pahami bahwa ternyata muatan tenaga listrik yang ada di dalam aki motor, ternyata bisa mengalami penurunan secara bertahap.

Kondisi penurunan muatan daya listrik pada aki seperti ini tentu saja tak bisa dilepaskan dari motor tidak pernah dihidupkan atau selalu dalam keadaan diam untuk waktu yang lama.

Kenapa bisa demikian? Tentu saja, hal ini karena mesin motor yang bergerak atau beroperasi, secara mekanis akan menggerakkan dinamo yang mana menjadi sumber dari daya itu sendiri.

Maka dari itu, jika aki motor Anda sering mengalami tekor, bisa jadi karena mesin motor matic Anda jarang dihidupkan dalam kurun waktu yang lama.

Jika memang benar demikian adanya, cobalah untuk menghidupkan mesin paling tidak selama 5 menit. Jika kondisi aki masih berfungsi normal maka masalah sudah teratasi dengan baik.

Akan tetapi, bila kondisi aki masih saja tekor dan lemah, itu tandanya aki motor mengalami kondisi yang sudah cukup parah sehingga perlu dilakukan penggantian.

Mas Sena lebih sarankan untuk menggunakan aki kering daripada aki basah. Karena, meski harganya lebih mahal namun produktivitas dan efisiensinya dalam mengatur daya sangat optimal.

Aki Motor Matic Terbaik

Kendala pada Bagian Kiprok

Selain aki itu sendiri, masalah lain yang bisa memicu kerusakan pada aki motor matic adalah kendala pada komponen kiprok yang tak mampu menjalankan fungsinya.

Sebagaimana diketahui bahwa kiprok adalah salah satu komponen penting yang peran dan tugasnya berfungsi untuk memastikan dan mengontrol aliran listrik yang masuk ke dalam aki motor.

Lantas, jika terjadi kerusakan pada bagian kiprok ini maka daya yang masuk ke dalam aki motor matic pun tak akan bisa dikontrol.

Jikalau kondisi seperti ini dibiarkan saja maka akan membuat aki motor menjadi cepat sekali soak dan tekor.

Maka dari itu, pastikan selalu bahwa kondisi kiprok dalam keadaan yang normal. Caranya, tentu Anda bisa memeriksanya dengan cara menghidupkan mesin motor dan lampu utama, kemudian gas dengan kecepatan kira-kira 4000 hingga 5000 RPM.

Sampai di sini, bilamana tegangan listrik kurang atau lebih dari 14 – 15 volt, secara otomatis hampir dipastikan kiprok pada motor anda mengalami kerusakan.

Namun, ini merupakan langkah manual untuk mendeteksi kondisi kiprok. Untuk lebih detail dan pastinya, Anda bisa mencoba untuk mengeceknya ke bengkel khusus aki yang mana sudah barang tentu akan bisa dipastikan kondisi asli daripada kiprok tersebut.

Penambahan Aksesoris Lampu Motor Berlebihan

Tak sampai soal itu saja, bahkan dalam aspek lain, penyebab masalah pada bagian kiprok ini bisa jadi dipicu karena penggunaan aksesoris lampu yang terlalu berlebihan.

Karena, tidak bisa dipungkiri bahwa penambahan variasi lampu yang digunakan untuk motor, sudah pasti akan membutuhkan aliran listrik yang jauh lebih besar.

Maka oleh sebab itu, secara otomatis pun kerja aki menjadi tidak seimbang dan lebih terbebani karena kebutuhan daya yang melebihi batas kemampuan suplai aki itu sendiri.

Jika memang demikian adanya maka wajar sekali jika aki motor matic Anda cepat tekor atau sering soak. Maka, untuk mencegahnya, sebaiknya Anda tidak memasang variasi lampu.

Jikalau memang ingin menambahkan aksesoris, akan lebih baik jika aki yang digunakan menggunakan aki yang voltasenya lebih tinggi agar nantinya tak terbebani dengan kebutuhan daya aki yang besar dari adanya penambahan lampu ini.

Aki Motor Matic Sering Tekotr

Melihat kondisi atau fakta tersebut, sudah jelas bahwa kondisi dimana aki motor matic seringkali mengalami soak adalah karena perawatan dan penggunaan sistem kelistrikan yang tak sesuai kebutuhan/standar.

Oleh karena alasan itu, disarankan bagi Anda untuk selalu memastikan menggunakan aki motor yang berkualitas dan selalu menjaga kondisi aki motor matic, terutama dari karatan yang sangat rentan sekali.

Nah, demikian ulasan mengenai beberapa penyebab aki motor matic sering tekor yang bisa dijadikan pedoman atau pengetahuan bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Bagan