Ini Ciri Kampas Ganda Motor Matic Aus

Mengenal tanda kampas ganda pada motor matic aus yang harus Anda ketahui sebagai pemilik motor matic

Kampas Ganda Motor Matic – Perlu untuk Anda ketahui bahwa ada satu perawatan penting pada motor matic yang sangat perlu mendapat perhatian.

Yakni pada bagian kampas ganda motor matic sebagai salah satu komponen dalam sistem rangkaian CVT.

Tentu saja, komponen yang satu ini memiliki peran penting sebagai alat untuk memberikan tekanan sekaligus menahan wadah kopling. Dengan begitu, suplai tenaga mesin pun bisa langsund ditransfer ke bagian roda belakang motor matic.

Bila kampas kopling ganda motor sudah mengalami aus maka akan ditandai dengan berbagai ciri atau tanda. Salah satunya yakni tenaga mesin yang mulai terasa tidak maksimal.

Kampas Ganda Motor Matic

Namun, terkadang kondisi kampas ganda motor matic yang sudah aus ini tidak melulu langsung terasa pada tenaga yang mulai berkurang. Melainkan tanpa ada gejala apapun di awal-awalnya.

Maka dari itu, tak heran jika tak jarang kerusakan pada kampas ganda motor matic ini sulit dideteksi atau diketahui secara pasti.

Namun jangan khawatir, berikut ini Mas Sena akan berbagi ulasan lengkap mengenai ciri kampas ganda motor matic aus yang sering disadari oleh para pemilik motor matic. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tanda Kampas Ganda Motor Matic Aus

Berikut adalah beberapa gejala yang umum terjadi saat kampas ganda pada motor matic mulai aus. Mari, kita kenali gejala atau ciri-cirinya.

Tanda Kampas Ganda Aus

Tarikan Motor Terasa Melemah

Ciri atau gejala pertama yang sering muncul sebagai indikasi jika kampas ganda pada motor matic mulai aus biasanya bisa dikenali dari tenaga tarikan motor itu sendiri.

Dimana, jika kondisi kampas kopling motor matic Anda sudah mulai menipis habis, motor pun akan mengalami penurunan performa. Performa yang turun dari motor Anda tersebut utamanya adalah akselerasi motor yang terasa sedikit berat. Biasanya yang terpengaruh adalah top speednya.

Jika Anda sudah merasa ada kondisi seperti ini maka sangat dimungkinkan kampas ganda motor sudah mulai waktunya untuk diganti. Anda bisa memastikannya dengan mengeceknya ke bengkel. Bila memang sudah sepatutnya diganti maka sebaiknya diganti dengan yang lebih baru.

Kopling Selip

Kopling selip pada motor matic pada umumnya terjadi karena kondisi kampas kopling yang sudah mulai aus atau menipis.

Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa kopling selip terjadi karena kualitas daripada oli mesin yang sudah menurun. Atau, bisa jadi juga disebabkan oli mesin yang tidak cocok dengan spek mesin.

Jika Anda mengalami kopling pada motor matic selip maka itu tanda bahwa kampas ganda pada motor Anda sudah selayaknya mendapat penggantian yang lebih baru.

Bila kondisi seperti ini dibiarkan begitu saja maka dikhawatirkan justru akan membuat kondisi kampas kopling akan memicu kerusakan pada komponen lain yang terkait.

Maka dari itu, usahakan untuk segera menggantinya dengan yang baru agar kondisi komponen yang berhubungan langsung dengan kampas kopling tidak mengalami kerusakan lebih serius.

Kick Starter Motor Terasa Berat atau Loss

Di sisi lain, kondisi dimana kick starter atau tuas penghidup mesin motor matic terasa berat juga bisa menjadi tanda bahwa kampas ganda pada motor sudah menipis.

Bahkan, kondisi lain seperti kick starter yang terasa loss saat digunakan pun menjadi ciri atau gejala kampas ganda motor matic sudah minta untuk diganti dengan yang baru.

Karena, kondisi seperti tidak bisa lama-lama dibiarkan begitu saja mengingat akan mudah merusak komponen lain yang ada di dalam motor itu sendiri.

Oleh karenanya, segera ganti dengan kampas ganda yang lebih baru dan tentunya memiliki kualitas terbaik agar tidak mudah aus dan kondisinya awet serta tahan lama.

Kampas Motor Matic

Putaran Mesin Terasa Tinggi (Ngeden)

Kemudian, tanda lain yang mengindikasikan bahwa kondisi kampas ganda motor mulai aus bisa diketahui dari putaran mesin yang mulai tinggi atau terasa seperti ngeden.

Tak bisa untuk kita pungkiri bahwa keadaan dimana putaran performa atau gerak mesin yang semakin tinggi ini disebabkan oleh akselerasi yang melemah dan kampas kopling mulai licin.

Hal menandakan dengan jelas bagaimana mesin bekerja lebih berat dikarenakan kampas ganda pada motor matic sudah mulai aus. Sehingga, bila dibiarkan akan banyak memicu masalah, seperti boros bahan bakar yang sudah barang tentu membutuhkan suplai bensin lebih banyak dari biasanya.

Maka oleh sebab itu, tanda atau gejala putaran mesin motor matic yang ngeden seperti itu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda harus segera membawanya ke bengkel untuk dicek secara lebih detail agar nantinya bisa diperbaiki secara maksimal.

Gigi Persneling Seperti Mengeluarkan Suara Raungan

Tak sampai di situ, gejala yang jarang terjadi namun bisa menjadi patokan sebagai tanda bahwa ada masalah pada kampas ganda motor matic bisa diketahui dari adanya suara raungan berasal dari gigi perseneling.

Gejala ini terjadi pada saat gigi perseneling dimasukkan justru ngowos atau mengeluarkan suara raungan dan tidak mengeluarkan tenaga.

Jika motor matic Anda mengalami kejadian seperti ini, hendaknya jangan dibiarkan begitu saja. Karena, justru akan merusak bagian permesinan mengingat tidak ada kesesuaian atau dukungan dari kampas ganda yang memang memiliki peran penting atas kinerja permesinan motor.

Tenaga Motor Mulai Ngadat

Selain itu, tak jarang juga kondisi motor matic yang mulai ngadat juga menjadi sebuah ciri bahwa kondisi kampas ganda pada motor matic Anda mengalami aus.

Memang, keadaan motor ngadat seperti ini tidak bisa dijadikan patokan prioritas atau yang utama sebagai gejala pasti adanya masalah pada kampas ganda motor matic.

Hanya saja, tak menutup kemungkinan bila tenaga motor yang berkurang atau terjadi ngadat seperti itu juga tak bisa dilepaskan dari kampas ganda motor matic yang mulai mengalami keausan berlebih.

Bila kondisi ini terjadi, segeralah untuk mengeceknya ke bengkel. Sebab, selain dikarenakan kampas ganda yang aus, sangat berpotensi sekali bahwa ada masalah pada proses pembakaran di ruang bakar mesin.

Oleh karenanya, sebaiknya Anda jangan mendiamkan motor begitu saja. Karena, sudah jelas akan banyak masalah yang terjadi ketika nantinya motor matic ini dioperasikan.

Gejala Kampas Ganda Sudah Aus

Setelah mengenali berbagai gejala atau tanda adanya masalah pada bagian kampas ganda di atas, tentu saja Anda bisa memahami apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Setidaknya tahu langkah apa yang perlu dilakukan.

Di satu sisi, perlu untuk Anda pahami juga bahwa masih ada banyak lagi ciri kampas ganda yang menipis. Hanya saja, beberapa gejala di atas adalah tanda yang umum dan sering terjadi namun tidak banyak yang menyadari akan hal tersebut.

Nah, kiranya sampai di sini dulu ulasan dari Mas Sena terkait dengan beberapa tanda kampas ganda motor matic aus atau menipis. Semoga bisa menjadi informasi otomotif yang bermanfaat dalam merawat motor matic Anda. Sekian dan sampai jumpa.

Bagan