Ini Faktor Penyebab Motor Sering Mati saat Panas

Mengenali faktor utama yang memicu terjadinya kondisi motor yang sering mogok dan mati saat kondisi mesin panas

Motor Sering Mati saat Panas – Bukan sekedar masalah biasa saja, terkadang kondisi motor mogok dan mati tiba-tiba, membuat sebagian besar orang merasa frustasi.

Jelas bahwa hal ini secara tak langsung kondisi seperti itu memberikan sebuah isyarat bahwa ada yang tidak beres dengan salah satu komponen atau sektor pada sepeda motor.

Jika keadaan mogok sering terjadi, terutama saat mesin motor panas, maka Anda sudah sepatutnya untuk curiga.

Mengingat, kondisi motor sering mati saat panas tentu saja tak bisa dilepaskan dari berbagai aspek yang sangat kompleks. Sehingga, diperlukan perbaikan yang benar-benar mendalam.

Motor Sering Mati Saat Panas

Lantas, apa saja sih yang membuat motor tiba-tiba mogok begitu saja ketika mesin panas?

Sudah barang tentu bahwa pertanyaan ini seringkali terlontar oleh para pemilik motor. Terutama bagi yang memiliki intensitas penggunaan motor yang tinggi.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut akan Mas Sena jelaskan beberapa hal yang jadi penyebab utama motor sering mati saat panas sebagai bahan referensi untuk Anda semua.

Penyebab Motor Sering Mati saat Panas

Sebaiknya, Anda tak perlu panik mengingat ada beberapa hal yang perlu diketahui mengapa mesin motor mati saat kondisi panas. Jika anda memahami apa saja yang menyebabkan hal ini terjadi, dengan mudah bisa mengatasi masalah tersebut. Berikut di antaranya.

Penyebab Motor Sering Mati

Kapasitas Oli Menurun

Siapa sangka? Ternyata, kondisi penyebab motor sering mati, khususnya saat kondisi mesin dalam suhu yang panas, disebabkan karena kekurangan oli.

Bukan tanpa alasan mengingat tak bisa dipungkiri bahwa dalam beberapa kasus, oli seringkali merembes keluar melalui pori-pori endapan mesin. Terutama bagi Anda yang sering bepergian dengan jarak tempuh yang jauh.

Perlu untuk Anda pahami bahwa oli mesin dalam kondisi kurang, sangat bisa berpengaruh pada lemahnya piston ring.

Dengan begitu maka akan mengakibatkan motor mengeluarkan asap putih melalui knalpot. Masalah ini juga sangat berpotensi memiliki dampak pada busi yang terkena oli sehingga membuatnya tidak mudah tahan lama.

Akhirnya, mesin pun akan kemasukan oli dan menjadi panas. Oleh sebab itu, kapasitas li yang menurun atau berkurang inilah yang memicu mesin motor mati secara mendadak.

Maka, cek kondisi kapasitas olinya. Apakah masih dalam batas indikator atau justru sudah turun drastis.

Melemahnya Sistem Pengapian

Di sisi lain, penyebab lain yang terkadang tak disadari, terletak pada kondisi dimana sistem pengapian yang melemah.

Hal ini biasanya diakibatkan karena komponen spul api pada motor bisa mengalami lemah yang berdampak pada suhu mesin yang tiba-tiba mengalami peningkatan secara mendadak.

Spul pada motor yang sudah mencapai batas usia pakai, biasanya menjadi penyebab kondisi tersebut.

Namun, tak menutup kemungkinan bahwa kondisi tersebut terjadi dipicu karena kondisi spulnya eror atau cacat sehingga beradu api antara satu dengan yang lain. Bila hal ini terjadi, bisa cek kabel hitam list merah dari spul bagian bawah.

Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek bagian spul di ruang pembakaran. Namun, disarankan untuk pengecekan seperti ini dilakukan di bengkel oleh ahlinya. Sehingga, akan lebih mudah dalam proses perbaikannya ke depan.

Jadi, sebaiknya Anda untuk menghindari dalam memeriksa atau mengecek spull motor pembakaran secara mandiri untuk mencegah hal-hal yang sudah barang tentu tak diinginkan.

Adanya Masalah pada CDI Motor

Selain daripada itu, aspek lain yang turut menjadi faktor utama penyebab kondisi motor sering mati saat mesin panas adalah dikarenakan adanya masalah pada sektor CDI.

Tidak bisa untuk kita pungkiri bahwa komponen yang satu ini juga sangat rawan dan rentan jika kondisi motor dalam keadaan panas berujung mesin mati mendadak.

Saat hal ini terjadi pada motor, anda bisa lakukan pengecekan komponen CDI apakah masih berfungsi atau sudah mulai mengindikasikan adanya kerusakan.

Sedangkan di sisi lain, pada komponen koil pun juga turut memberikan potensi kemungkinan sangat kecil mengingat dalam hal ini biasanya kondisi koil dalam keadaan ini masih cukup bagus. Dengan begitu maka Anda pun tidak perlu takut untuk melakukan penggantian dengan yang baru.

Motor Macet

Kepala Busi Longgar

Di samping itu, perlu untuk Anda ketahui juga bahwa kondisi busi, terutama pada bagian kepala busi yang longgar bisa menjadi faktor yang membuat motor sering mati ketika suhu mesin naik.

Jika hal ini menjadi penyebab utamanya, sebaiknya segera anda ganti busi yang baru. Segera periksa kondisi komponen busi saat motor anda mati mendadak.

Apalagi, bila memang usia busi sudah melewati masa pakainya. Sehingga, sangat disarankan bagi Anda untuk mengganti busi yang baru dan original.

Penggunaan Bahan Bakar dengan Oktan yang Tidak Sesuai

Penyebab motor mati saat mesin panas yang seringkali juga dihiaukan adalah pada penggunaan bahan bakar yang memiliki kadar oktan rendah.

Tentu saja, kondisi seperti inilah yang menjadi penyebab jumlah timbal yang lepas menghambat klep.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka sudah pasti motor pun akan mati secara mendadak. Padahal, mesin motor sudah dipanasi sebelum dipakai berkendara.

Oleh sebab itu, sangat disarankan sekali untuk menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan yang sesuai. Atau, paling tidak menggunakan kadar oktan yang tinggi untuk menjaga agar ruang pembakaran lebih sempurna dan tidak mudah memicu suhu mesin yang lebih panas.

Pemasangan dan Setting Klep yang Kurang Sempurna

Di sisi lain, kondisi yang juga menjadi penyebab keadaan motor seringkali mati mendadak saat suhu panas adalah setting klep yang dirasa masih kurang sempurna.

Perlu untuk Anda ketahui dan pahami bahwa bilamana celah pada kelp sangat rapat maka secara otomatis pun nantinya mesin akan cepat mengalami kenaikan suhu serta akselerasi menjadi sangat kurang.

Settingan klep yang tepat agar bisa renggang tentu saja menjadi aspek yang sangatlah penting. Oleh sebab alasan itu maka setiap jenis motor diberikan rentang ukuran klep yang disesuaikan dengan spesifikasi mesin.

Filter Udara Mulai Kotor

Nah, masalah lain yang tentunya jadi faktor pemicu kondisi suhu mesin motor panas dan menyebabkan mati adalah keadaan daripada filter udara.

Dimana, kondisi filter udara yang kotor tentu saja akan menghambat masuknya udara ke ruang bakar.

Padahal, udara di sini memiliki peran yang sangat penting dan dibutuhkan untuk memaksimalkan sistem pembakaran yang sempurna.

Jika ruang pembakaran bisa dioptimalisasi secara maksimal maka kondisi suhu mesin motor bisa diminimalisir untuk mengurangi potensi mesin motor macet.

Motor Sering Mogok

Setelah Anda mengetahui dan mengenali beberapa faktor penyebab di atas maka sudah barang tentu Anda pun sudah bisa mempraktekkan apa saja aspek yang seringkali bermasalah pada motor yang mengakibatkan mesin motor mudah mati/mogok.

Nah, kiranya sampai di sini dulu ulasan terkait beberapa faktor penyebab motor sering mati saat mesin panas yang bisa Anda pelajari. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Bagan