Ini Persiapan Motor Matic untuk Perjalanan Jauh

Hal-hal yang wajib Anda persiapkan pada motor matic sebelum menempuh perjalanan dengan jarak tempuh jauh

Persiapan Motor Matic untuk Perjalanan Jauh – Mau berkendara jarak jauh dengan motor matic? Tentu Anda harus mempersiapkan beberapa hal sebelum motor dikendarai.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah saat sedang berkendara menempuh jarak jauh. Sehingga, nantinya kondisi motor matic akan jauh lebih aman saat dikendarai.

Selain itu, persiapan ini dilakukan juga sebagai langkah agar nantinya motor matic Anda lebih awet. Mengingat, jarak tempuh yang jauh, tentunya akan memberikan tugas lebih pada motor.

Dengan begitu, persiapan seperti ini sudah menjadi hal wajib yang jelas bakal banyak memberikan pengaruh pada performa maupun keselamatan pengemudi.

Persiapan Motor Matic Untuk Perjalanan Jauh

Terutama beberapa komponen yang vital, seperti busi, oli mesin, maupun beberapa komponen lain yang berkaitan dengan performa maupun kenyamanan.

Mengingat, beberapa komponen tersebut, bila mengalami masalah maka akan membuat performa motor menjadi tidak handal. Bahkan, bisa mengancam keselamatan pengemudi.

Nah, berkenaan dengan soal itu, berikut ini Mas Sena akan membagikan tips terkait persiapan motor matic untuk perjalanan jauh yang perlu Anda lakukan.

Langkah Persiapan Motor Matic untuk Perjalanan Jauh

Berikut ini hal-hal penting yang perlu Anda lakukan sebagai tahapan persiapan untuk mencegah terjadinya masalah pada motor matic Anda saat dikendarai guna menempuh perjalanan jarak jauh. Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya.

Mudik Dengan Motor Matic

Cek Performa Busi

Mengenai soal persiapan, komponen paling penting untuk Anda cek dan periksa sebelum digunakan bepergian adalah busi motor.

Bukan tanpa alasan karena peran busi di sini bertugas sebagai pemantik api di ruang pembakaran dalam mesin motor matic.

Bila terjadi masalah pada busi maka sudah barang tentu bakal banyak berpengaruh pada sistem mesinnya.

Tak bisa dipungkiri, jika terjadi masalah pada sistem pembakaran dari busi maka sudah barang tentu performa mesin motor akan terganggu. Bahkan, parahnya mesin bisa mati.

Maka dari itu, cek kondisi busi motor matic dengan cara memeriksa bagian kepala busi. Pastikan bersih dan tidak ada kotoran agar pembakaran yang dihasilkan pun menjadi sempurna.

Pembakaran yang sempurna sudah barang tentu bakal sanggup menjamin performa mesin mampu bekerja secara optimal sehingga akan menjamin kenyamanan saat mengendarai motor matic di segala medan.

Pastikan Ban dalam Kondisi Normal

Komponen lain yang perlu untuk Anda periksa adalah ban motor itu sendiri. Mengingat, ban memiliki peran dalam menjalankan motor.

Akan sangat berbahaya kalau kamu memaksa melakukan perjalanan dengan menggunakan ban yang sudah gundul atau aus.

Dimana, ban yang sudah aus atau tipis memiliki potensi besar mengalami tergelincir, apalagi saat musim hujan tiba.

Kondisi seperti ini sudah barang tentu akan sangat berbahaya bagi pengendara. Jadi, Anda harus cek dulu dan pastikan kondisi ban motor sebelum memulai perjalanan jarak jauh yang bakal Anda tempuh.

Selain itu, pastikan tekanan ban juga sesuai dengan rekomendasi pabrik. Gunakan pula pengisian menggunakan nitrogen agar tekanan dalam ban motor menjadi lebih rata guna meminimalisir terjadinya ban meletus.

Cek Kondisi Rem Depan dan Belakang

Selain itu, perlu untuk Anda cek juga komponen pengereman pada motor matic, baik rem depan maupun rem belakang.

Kenapa? Tentu saja sudah jelas sebagai langkah untuk memastikan bahwa rem motor masih bekerja dengan baik.

Bukan tanpa alasan, rem di sini berperan penuh sebagai pengendali daripada laju motor. Dengan demikian maka sudah jelas bakal berguna bagi pengendara saat melewati medan jalan yang tidak rata atau bergeronjal sehingga kecepatan bisa dikendalikan.

Apa jadinya bila rem mengalami masalah? Sudah jelas akan mempersulit pengendara dalam mengendalikan laju motor.

Jika ini terjadinya maka sangat besar sekali kemungkinan pengendarai mengalami kecelakaan, terutama saat motor matic digas di ritme kecepatan tinggi.

Salah satu hal penting dalam pengecekan rem adalah memastikan kampas rem dalam kondisi yang masih normal.

Lalu, pastikan pula bahwa tuas rem dalam keadaan yang ideal, tidak terlalu keras namun juga tak terlalu kendor sehingga akan memudahkan pengguna dalam menggunakan rem.

Motor Matic Untuk Perjalanan Jauh

Jangan Lupa, Cek Lampu Motor

Memang, lampu motor akan jauh lebih berguna ketika berkendara malam hari. Hanya saja, lampu motor di sini menjadi salah satu dari sekian banyak komponen yang cukup penting keberadaannya.

Seluruh jenis lampu, mulai dari lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein harus dijaga dan dipastikan kondisinya.

Bila lampu sudah terindikasi akan mati, seperti mulai meredup maka Anda pun harus segera menggantinya.

Mengingat, dikhawatirkan bila lampu motor tiba-tiba mati mendadak saat sedang melewati medan jalan nan terjal berdekatan dengan jurang atau tebing curam di waktu malam hari.

Jika kondisi lampu dalam kondisi yang tidak normal, maka sangat besar kemungkinan Anda bisa salah jalan dan tidak mengetahui kondisi medan di depannya.

So, pengecekan lampu motor, baik lampu utama maupun lampu belakang adalah hal mutlak yang harus dilakukan sebagai langkah persiapan motor matic sebelum dikendarai untuk menempuh medan yang jauh.

Service dan Ganti Oli Mesin

Sebelum Anda melakukan perjalanan jauh dengan motor matic, ada baiknya Anda melakukan service dan ganti oli terlebih dulu sebagai persiapannya.

Karena, service motor matic di sini akan menjadikan mesin motor menjadi jauh lebih memiliki peluang performa tinggi dan aman dikendarai mengingat sudah dicek secara menyeluruh saat diservice.

Belum lagi dengan kondisi penggantian oli mesin yang juga memiliki peranan begitu vital dan penting dalam melumasi setiap komponen dalam ruang mesin. Sehingga, suhu dalam mesin bisa terjaga dan tentunya akan sangat berpengaruh pada kelancaran mesin saat beroperasi.

Pastikan V-Belt Masih Normal

Lalu, persiapan lain yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi v-belt motor matic.

Bila masa pakai atau pemakaiannya sudah melewati batas normal dan ketebalannya sudah tidak memenuhi standar, maka Anda diharuskan untuk mengganti v-belt dengan yang baru.

Pengecekan V-Belt di sini juga sangat penting mengingat fungsinya yang sangat vital sebagai penghubung gerakan mesin motor dengan roda belakang.

Oleh sebab alasan itu, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk melakukan pengecekan pada bagian ini supaya nantinya berkendara menjadi jauh terasa lebih nyaman, aman, dan tentunya lebih terjamin keselamatannya.

Persiapan Sebelum Touring Dengan Motor

Setelah mengenal berbagai langkah persiapan pada motor sebelum menempuh perjalanan jauh di atas, Anda tentu sudah memahami apa saja komponen yang perlu dicek secara detail dan mendalam.

Yang mana, setiap komponen di atas memiliki peranan penting dalam menjamin kinerja mesin maupun performa daripada motor itu sendiri. Sehingga, perlu mendapat perhatian secara detail dan mendalam.

Nah, demikian tadi ulasan dari Mas Sena terkait apa saja persiapan motor matic untuk perjalanan jauh yang perlu Anda pastikan kondisinya. Semoga, artikel atau tips ini bisa menjadi sebuah informasi yang membawa manfaat untuk teman-teman semua.

Bagan