Jangan Asal! Ini Cara Paling Tepat Merawat Kopling Motor

Meski sederhana, namun perawatan kopling motor tidak bisa dilakukan asal-asalan. Berikut perawatan kopling secara mudah dan tepat.

Merawat Kopling Motor – Perawatan motor menjadi bagian utama dari langkah-langkah preventif untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada kendaraan bermotor Anda.

Hal itu sudah barang tentu bukan hal yang asing lagi. Karena, dengan menerapkan langkah perawatan motor yang rutin, sudah barang tentu akan bermanfaat banyak pada kondisi performa motor yang lebih awet dan tentunya prima.

Nah, salah satu hal penting dalam soal ini adalah merawat kopling motor. Yang mana, memang perawatan ini dikhususnya untuk kendaraan roda dua dengan tipe mesin koling.

Umumnya, tipe motor bermesin kopling seperti ini lebih didominasi tipe motor sport maupun adventure yang mana banyak digemari para kawula muda.

Merawat Kopling Motor

Motor berkopling pun dinilai memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan mesin motor manual biasa. Karena, tarikan motor bisa disesuaikan dengan mengendalikan kopling sehingga bisa diatur sesuai kebutuhan atau keinginan saat berkendara.

Namun, satu yang perlu diperhatikan adalah soal bagaimana cara merawat kopling motor yang benar.

Bukan tanpa alasan mengingat tak sedikit orang yang belum memahami betul bagaimana menjaga kopling pada motor agar tetap dalam kondisi prima.

Bahkan, ada pula yang menerapkan langkah perawatan kopling motor secara kurang tepat. Ini tentu akan merugikan Anda dan memicu potensi kerusakan motor.

Nah, untuk itu, Mas Sena akan berbagi info mengenai tips bagaimana cara yang tepat merawat kopling motor agar tidak mudah rusak, awet, dan tentunya membuat tarikan motor tetap prima.

Cara Merawat Kopling Motor yang Tepat

Menjaga kopling pada motor memang memerlukan perawatan yang sederhana. Namun, meskipun sederhana, Anda perlu memahami langkah-langkah perawatan yang tepat. Berikut penjelasannya.

Perawatan Kopling Motor

Hindari Menarik Tuas Kopling secara Mendadak

Tak bisa untuk kita pungkiri bahwa kopling pada motor sport maupun motor sejenis memang menjadi kontrol terhadap tarikan atau akselerasi motor.

Namun, perlu diingat bahwa Anda sebaiknya tidak memainkan tuas kopling secara berlebihan dengan niatan untuk mendapatkan tarikan gas yang galak.

Karena, hal ini akan berpengaruh pada kawat kopling yang nantinya mudah putus jika digunakan dengan intensitas tinggi.

Maka dari itu, menarik tuas secara bertahap adalah salah satu tips untuk menjaga kopling motor agar tetap awet dan tidak mudah putus.

Gunakan Kampas Kopling Berkualitas

Dalam soal perawatan kopling motor, tentu saja pengecekan kampas kopling merupakan tindakan yang harus dilakukan para pengguna motor kopling.

Sangat perlu untuk Anda pahami bahwa dalam soal ini, memang kampas yang tengah mengalami kendala sudah barang tentu bakal berpotensi terhadap gangguan saat transmisi dan mempengaruhi laju motor.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan kampas kopling yang benar-benar punya kualitas agar ke depannya tidak mudah rusak.

Namun, satu yang patut untuk Anda pahami pula, jika memang sudah aus atau terkikis, jangan tunggu berlama-lama atau menunda-nunda lagi, segeralah ganti dengan kampas yang baru.

Ini merupakan salah satu cara sederhana dan tepat dalam menjaga sekaligus merawat kopling pada kendaraan bermotor Anda.

Sesuaikan Posisi Gigi dengan Kondisi saat Berkendara

Tak bisa dipungkiri bahwa motor kopling memang memiliki mekanisme kinerja manual yang memerlukan proses.

Tidak seperti motor matic yang hanya tinggal main saja karena pada motor kopling ini, Anda harus menyesuaikan antara gigi transmisi, tuas kopling, dan juga gas.

Untuk itu, Anda disarankan untuk menyesuaikan posisi gigi sesuai dengan kondisi daripada kecepatan Anda berkendara.

Misalnya, jika Anda berkendara melewati medan jalan menanjak maka gunakan gigi kopling 2. Sedangkan, jika di jalanan lurus dan tidak macet maka Anda bisa memaksimalkan kecepatan dengan posisi gear pada gigi 6.

Namun, satu hal yang sangat perlu untuk Anda catat bahwa saat melakukan perpindahan gigi, tentunya Anda harus melakukannya secara perlahan, terutama saat menarik tuas kopling agar kondisi kawat kopling tidak tegang sehingga tak menyebabkan mudah putus.

Mencegah Kopling Rusak

Rutin Cek dan Bersihkan Kabel Kopling

Dalam proses perawatan, hal terpenting untuk menjaga agar performa kopling tetap prima adalah selalu menjaga sekaligus mengecek secara rutin kampas kopling.

Bukan tanpa sebab mengingat saat kopling digunakan tentu saja ada beberapa partikel kecil, seperti kotoran pasir kecil atau karat yang mungkin saja membuat tarikan tuas kopling terasa berat.

Jika memang benar demikian adanya maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan sesering mungkin melakukan pengecekan bagian ini.

Bila terlihat ada kotoran, Anda sebaiknya membersihkannya dengan memanfaatkan cairan pelumas anti karat ke bagian kabel.

Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk menarik handling kopling secara perlanan beberapa kali agar cairan pelumas bisa merata melumasi seluruh permukaan kabel kopling.

Tentu saja, cara ini terbilang begitu efektif guna menjamin akses kemudahan para pengguna dalam menggunakan tuas kopling tanpa terasa berat.

Selalu Pastikan Tuas dalam Kondisi Enteng

Maksudnya, sebelum Anda bepergian, ada baiknya untuk memastikan bahwa kondisi tuas kopling dalam keadaan normal.

Dimana, kondisinya yang enteng dan mudah untuk ditarik ketika berkendara adalah kopling yang benar-benar normal.

Ini juga merupakan langkah simple dan bisa dibilang sepele namun sangat efektif untuk selalu memantau kondisi kopling terkini dari kopling pada motor Anda.

Sehingga, berkendara akan terasa lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kabel kopling putus mengingat indikasi kabel kopling putus biasanya mulai terasa berat ketika tuas kopling ditarik.

Jadi, selalu cek dan pastikan sebelum berkendara kondisi tuas kopling dengan cara menekan tuasnya, apakah berat atau masih enteng.

Cek saat Musim Hujan dan Pastikan Tak Ada Air Masuk

Di satu sisi, saat Anda melakukan pengecekan kopling motor, usahakan juga untuk selalu memastikan bahwa kondisi kopling tidak kemasukan air, terutama di bagian kabelnya.

Apalagi, saat musim hujan. Mengingat, potensi kabel kopling kemasukan air sangat besar ketika musim hujan tiba.

Nah, pengecekan ini dilakukan supaya kabel kopling yang berbahan kawat tersebut tidak mengalami korosi diakibatkan air hujan yang mengandung klorin yang tinggi.

Maka dari itu, Anda harus benar-benar memastikan bahwa kondisi kopling benar-benar terhindar dari air hujan yang masuk. Apalagi, ketika motor setelah digunakan saat hujan deras.

Mencegah Kerusakan Kopling Motor

Melihat kondisi atau beberapa langkah perawatan di atas, Anda tentu saja sudah bisa memahami apa saja langkah terbaik untuk menjaga kondisi kopling motor.

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa dalam proses merawat kopling pada motor memang harus dilakukan dengan tepat namun tidak terlalu rumit.

Dimana, beberapa cara di atas sudah jelas bisa Anda coba satu per satu untuk menjaga kondisi kopling motor agar bisa lebih awet dan kondisinya tetap dalam keadaan prima.

Nah, demikian tadi beberapa langkah konkrit dan tepat untuk memastikan perawatan kopling motor yang bisa Anda lakukan secara mandiri dan mudah. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan sampai jumpa.

Bagan