Jangan Sepelekan! Ini Tanda CVT Motor Matic Rusak

Mengenal kerusakan pada CVT motor matic adalah salah satu langkah perawatan untuk menjaga performa mesin motor matic

Ciri CVT Motor Matic Rusak – Tak bisa dipungkiri bahwa motor matic saat ini menjadi kendaraan pribadi yang banyak dipilih oleh masyarakat kita

Praktis dan fleksibel dikendarai di segala medan, membuat skutik pun banyak dimiliki sebagai alat transportasi utama.

Bukan tanpa alasan, dengan mengandalkan transmisi Continuous Variable Timing-nya, rider pun tentu tak perlu repot-repot tarik tuas kopling maupun injek tuas perseneling. Tinggal pelintir gas saja, motor bisa langsung jalan.

Meski demikian, Anda tetap saja tak bisa meninggalkan langkah perawatannya. Mengingat, tak menutup kemungkinan bahwa potensi kerusakan tetap akan dialami oleh motor matic ini.

Ciri Cvt Motor Matic Rusak

Salah satu komponen yang juga seringkali bermasalah adalah pada bagian CVT. Jika komponen ini mengalami kerusakan, tentu saja akan membuat motor matic tak akan bisa berjalan.

Maka dari itu, salah satu langkah untuk meminimalisir kerusakan adalah dengan melakukan tindakan pencegahan kerusakan CVT skuter matik.

Di antaranya yakni mengenali gejala atau tanda awal adanya kerusakan di bagian CVT motor matic ini. Sehingga, bisa langsung diperbaiki tanpa perlu menunggu sampai benar-benar rusak.

Mengingat, bila dibiarkan begitu saja maka kerusakan pada CVT motor matic ini akan merembet ke komponen lain.

Nah, oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengenali tanda atau ciri CVT motor matic rusak sebagai tindakan preventif untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Gejala Kerusakan CVT pada Motor Matic

Sebagai komponen vital, tentu saja CVT pada skutik harus mendapat perhatian dan perawatan serius. Salah satunya dengan mengenali tanda kerusakan CVT pada motor matic ini.

Cvt Motor Matic Rusak

Terdengar Suara Berisik di Bagian V-Belt

Pada umumnya, gejala rusaknya sistem CVT pada motor matic biasanya bisa ditunjukkan dengan adanya suara berisik yang muncul di sektor V-Belt.

Ini merupakan tanda bahwa ada masalah pada CVT yang mengharuskan Anda untuk melakukan pengecekan mendalam.

Apalagi, jika suara yang dikeluarkan sangat keras dan berisik. Sehingga, Anda tidak boleh menunggu terlalu lama untuk memperbaikinya.

Ada Getaran saat Motor Digas

Kemudian, ciri lain yang menandakan bahwa ada masalah di bagian CVT, tentu saja bisa diketahui dari adanya getaran yang muncul. Terutama saat motor digas pertama kali atau saat akselerasi.

Umumnya, kondisi ini menjadi tanda bahwa ada kerusakan pada bagian roller CVT. Bisa dikarenakan masa pakainya atau pun sudah mulai aus.

Kondisi ini memang terkadang tidak terdeteksi sama sekali. Namun, bila sudah mulai ada getaran, itu tanda bahwa roller CVT sudah mulai menginjak masa pakai habis dan harus segera diganti.

Untuk memastikannya, Anda bisa bertanya kepada mekanik saat sedang melakukan service rutin atau penggantian oli berkala.

Motor Terasa Ndut-Ndutan ketika Digas

Di sisi lain, Anda juga harus mencermati bagaimana kondisi motor saat digas. Karena, kerusakan CVT bisa diketahui saat Anda menjalankan motor.

Yang mana, ada terasa motor seperti ndut-ndutan atau tersendat seperti kehabisan bensin. Ini merupakan gejala kerusakan pada bagian mangkuk kopling CVT.

Jika sudah terjadi demikian maka Anda perlu untuk melakukan pengecekan secara mendalam.

Mengingat, belum tentu kondisi motor yang tersendat seperti ini menjadi tanda atau ciri CVT mengalami kerusakan. Bisa jadi ada masalah di bagian rantai.

Namun, jika memang sudah terjadi berulang kali maka sangat dimungkinkan sekali bahwa mangkuk kopling CVT motor matic ini mengalami masalah atau kerusakan yang perlu mendapat perbaikan khusus.

Cvt Motor Matic Tersendat

Akselerasi dan Kecepatan Berkurang Drastis

Kemudian, tanda atau masalah lain yang sangat serius dan menjadi gejala kuat akan adanya kerusakan pada sektor CVT skutik terletak dari akselerasi dan kecepatan motor matic yang secara drastis mulai menurun.

Kurang bertenaganya mesin motor matic saat digas seperti ini, ada kemungkinan terjadi masalah di bagian kampas sentrifugal.

Yang mana, kampas ini memiliki peran sebagai media untuk menekan dan menahan mangkuk kopling sehingga transfer tenaga bisa langsung diteruskan ke roda.

Jika kampas sedikit ada masalah saja maka tenaga yang ditransfer ke roda pun juga tak akan maksimal.

Hal itulah yang membuat tenaga motor matic terasa ngopos atau kurang maksimal. Apalagi jika melewati jalanan yang menanjak.

Bila terjadi yang demikian, sebaiknya hindari dulu membawa atau mengendarai motor matic untuk menempuh jarak jauh.

Mengingat, sangat berpotensi sekali terjadi macet mendadak di jalanan karena kampas sudah mulai aus dan tipis sehingga, tidak bisa menjalankan fungsi atau perannya sebagaimana mestinya.

Ada Kebocoran Oli/Rembes

Siapa sangka, ternyata kebocoran oli yang merembes bisa menjadi tanda atau indikasi bahwa ada kerusakan di bagian CVT motor matic Anda.

Karena, hal ini tak lepas dari corong CVT yang sudah aus sehingga tidak bisa menutup semua celah pada bagian sektor permesinan.

Perlu diketahui juga bahwa corong CVT di sini sangat berkaitan atau berhubungan dengan mekanisme kerja kampas kopling dan v-belt.

Maka, bila ada kerusakan di sektor corong CVT, sudah barang tentu akan membuat kampas koling maupun V-belt menjadi slip.

Kondisi seperti ini bisa terjadi secara tiba-tiba. Khususnya saat dikendarai di medan jalan menanjak, seperti di perbukitan atau pegunungan.

Bila sudah ada tanda oli rembes seperti ini, segera bawa motor ke bengkel agar tidak menjalar ke bagian lain yang dimungkinkan justru akan menambah resiko kerusakan pada komponen lain.

Apalagi, bila motor sudah mulai sering macet atau tersendat saat dikendarai di jalanan tanpa sebab yang pasti.

Bahan Bakar Mudah Boros

Selain itu, ciri jika CVT pada skutik mulai rusak juga bisa diketahui dari kondisi motor yang terasa sangat boros bahan bakar.

Kenapa demikian? Tentu saja hal itu tak bisa dihindari dari adanya ruang pembakaran yang terganggu akibat CVT tidak sejalan dengan tenaga yang ditransfer.

Dengan kata lain, bila pembakaran membakar bahan bakar untuk kecepatan sekian namun ketika sampai pada roda, kecepatan berada di bawah dari tenaga yang seharusnya dikeluarkan.

Ini sudah jelas akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dan tidak efisien.

Jika sudah berpengaruh pada ruang pembakaran dengan indikasi borosnya bensin maka kerusakan CVT sebenarnya sudah terindikasi parah.

Artinya, Anda sesegera mungkin harus membawanya ke bengkel untuk dicek dan diperbaiki secara lebih detail pada tiap komponen yang terhubung dengan sistem rangkaian CVT.

Kerusakan Cvt Motor Matic

Setelah Anda mengenali berbagai gejala kerusakan CVT di motor matic, bukan hal yang mengherankan lagi jika beberapa kondisi di atas dialami oleh motor matic yang Anda miliki.

Artinya, setiap gejala yang timbul, tentu Anda sudah mengenali kenapa hal itu bisa terjadi pada motor matic. Sehingga, bisa langsung dibawa ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Baik kawan, itulah tadi berbagai jenis gejala maupun ciri CVT motor matic rusak. Semoga bisa menjadi artikel yang bermanfaat untuk teman-teman Mas Sena semua.

Bagan