Jangan Sepelekan! Ini Tanda Kiprok Rusak

Gejala awal kiprok motor rusak yang perlu dipahami sebelum rusak parah

Tanda Kiprok Rusak – Kiprok pada motor memiliki fungsi dan peran yang sangat penting, terutama yang berkaitan dengan sistem kelistrikan motor.

Bukan tanpa alasan mengingat komponen kecil ini memiliki tugas sebagai penstabil sekaligus penyearah tegangan yang berasal dari spul.

Jadi, jika kiprok tidak dirawat dan mengalami kerusakan, sudah barang tentu sistem kelistrikan pada motor akan bermasalah dan terganggu.

Apalagi jika motor Anda sudah mengusung sistem teknologi injeksi dengan berbagai macam tipe sensor sensornya. Sudah pasti akan lebih berpotensi mengalami kerusakan jika kiprok bermasalah.

Tanda Kiprok Motor Rusak

Salah satu cara perawatan yang perlu dilakukan adalah dengan mengenali apa saja tanda kiprol rusak yang berupa gejala awal.

Dimana, berbagai gejala kerusakan pada kiprok motor ini biasanya seringkali tak disadari oleh banyak orang.

Padahal, efek kiprok rusak akan berpengaruh besar pada setiap sistem kendali kelistrikan motor. Sehingga, sangat dimungkinkan sekali motor bakal mengalami macet total, terutama motor dengan sistem injeksi.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memahami apa saja yang menjadi tanda awal dari kerusakan part kecil dalam sistem kelistrikan motor ini.

Nah, untuk lebih jelasnya, Mas Sena akan jelaskan beberapa tanda kiprok rusak yang berupa gejala kecil yang seringkali diabaikan.

Gejala Kerusakan Kiprok Motor

Ada beberapa indikasi yang menjadi petunjuk bahwa ada kerusakan pada kiprok motor. Dimana, indikasi tersebut berupa gejala ringan yang mungkin saja tidak disadari oleh banyak orang namun jika dibiarkan akan berdampak parah. Berikut penjelasan lengkapnya.

Penyebab Kiprok Rusak

Lampu Motor Sering Putus

Jika Anda seringkali mengalami lampu pada motor putus secara tiba-tiba, itu bisa menjadi ciri kuat jika ada masalah pada bagian kiprok.

Kondisi putusnya lampu motor yang tak wajar ini tentu saja dipicu karena kiprok tak mamp lagi memerankan fungsinya sebagai penstabil tegangan listrik.

Dimana, kiprok tidak lagi mampu membatasi arus listrik yang masuk ke lampu sesuai kebutuhan daya dari lampu motor.

Maka dari itu, tak heran jika tegangan melebihi kemampuan menerima yang biasa 12v maka akan sering putus.

Oleh karena itu, tanda kiprok motor bermasalah seperti ini jangan Anda hiraukan. Segera pastikan letak atau sumber kerusakannya dengan mengecek kondisi kiprok.

Aki Mulai Tekor

Tak sampai di situ saja, bahkan ciri lain yang menjadi indikasi kuat jika ada kerusakan di bagian kiprok motor, bisa jadi disebabkan karena masalah aki.

Salah satunya yakni kondisi aki motor yang sudah mulai tekor atau mengalami soak. Sehingga, tak mampu lagi menyimpan ataupun memberikan suplai daya ke komponen pada motor yang membutuhkan daya listrik.

Kerusakan aki di sini juga tak menutup kemungkinan disebabkan karena kiprok yang sudah tak lagi sanggup menyimpan atau menyalurkan arus tegangan ke setiap komponen sesuai kebutuhan dayanya.

Maka dari itu, tak heran jika aki yang baru saja diganti tiba-tiba mendadak tak sanggup lagi digunakan. Tentu saja, kondisi itu menjadi sebuah tanda bahwa kiprok pada motor mengalami kerusakan.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda tanyakan kembali ke bengkel khusus aki. Jika aki masih bisa diperbaiki maka Anda pun tak perlu menggantinya.

Sedangkan, jika memang sudah soak maka sudah barang tentu Anda harus menggantinya dengan aki yang baru.

Di satu sisi, jika memang benar dipastikan kerusakan aki disebabkan karena kiprok maka Anda juga harus mengganti kiprok pada motor tersebut.

Lampu Redup Tiba-Tiba

Siapa sangka, ternyata gejala ringan yang ditunjukkan dari adanya masalah pada kiprok, tandanya bisa dilihat dari sorotan cahaya lampu motor yang mulai meredup.

Wajar saja mengingat arus yang disalurkan ke komponen lampu melalui kiprok tidak bisa stabil sebagaimana dalam kondisi normal.

Dengan demikian maka arus yang tidak stabil tersebut menyebabkan tegangan untuk menghidupkan lampu menjadi tidak stagnan atau redup.

Jika kondisi lampu redup ini sudah terjadi beberapa kali, maka Anda patut curiga pada kiprok motor Anda.

Sebab, ciri seperti ini tak melulu soal adanya masalah pada aki melainkan juga bisa saja dikarenakan adanya gagal fungsi dari kiprok sebagai penstabil arus atau tegangan listrik.

Oleh karenanya, sangat disarankan sekali untuk selalu lebih teliti terhadap lampu motor. Mengingat, umumnya tanda kerusakan kiprok motor bisa ditengarai dari performa lampu pada motor itu sendiri.

Cara Cek Kiprok Rusak

Motor Terasa Brebet

Kemudian, ciri lain yang menjadi faktor penyebab kirpok motor mati atau rusak adalah kondisi motor yang terasa brebet ketika dikendarai.

Bukan karena bensin yang sudah mendekati limit batas atau karburator maupun injektor yang kotor, melainkan memang tegangan dari kiprok yang sudah lagi stabil.

Pada saat Anda mengalami hal serupa, sangat patut sekali bagi Anda untuk melakukan detail cek di bengkel langganan agar nantinya bisa dengan cepat ditangani dan tidak merembet ke part lain.

Namun, belum tentu motor brebet dikarenakan kiprok. Karena, tak menutup kemungkinan bahwa motor yang brebet bisa disebabkan karena bensin atau bahan bakar yang belum mampu menyuplai ke sistem ruang pembakaran.

Atau, mungkin saja oli belum tersebar secara merata pada setiap sisi di dalam komponen performa mesin pacu dari motor Anda.

Oleh karena itu, Anda harus bisa memastikan dan mendeteksi dengan tepat, apakah gejala motor brebet tersebut karena adanya masalah pada kiprok atau justru karena oli dan sistem ruang pembakaran yang belum sempurna.

Mesin Motor Sulit Dinyalakan

Lalu, menginjak pada faktor penyebab lainnya, tak menutup kemungkinan bahwa kerusakan kirpok juga berdampak atau berpengaruh besar pada mesin motor yang tiba-tiba sulit dinyalakan. terutama motor yang sudah dilengkapi dengan sistem injeksi.

Wajar saja mengingat sistem motor injeksi tentu saja membutuhkan daya listrik saat akan menghidupkan motor melalui sekring otomatis (bukan engkel kaki).

Untuk mencegahnya, Anda bisa sesekali menggunakan engkel kaki untuk menghidupkan mesin, khususnya ketika motor hendak dipanaskan.

Karena, jika menggunakan starter elektrik maka kemungkinan besar akan memperbesar kerusakan aki maupun kiprok motor mengingat kondisi motor yang mesinnya masih dingin tentu saja membutuhkan daya listrik yang lebih besar dibanding mesin motor dalam keadaan panas.

Efek Kirpok Rusak

Setelah memahami berbagai penyebab kondisi kiprok motor yang bermasalah di atas, poin paling penting dalam hal ini adalah Anda harus selalu mengecek beberapa aspek yang berkenaan dengan kiprok.

Dimana, pengecekan dilakukan guna memastikan bahwa kondisi daripada kiprok bagus dengan melihat beberapa gejala di atas.

Karena, terkadang indikasi atau tanda rusaknya kiprok tersebut, meskipun ringan seringkali tak disadari oleh banyak orang. Bahkan, diabaikan begitu saja.

Demikian artikel dari Mas Sena mengenai berbagai macam tanda kiprok motor rusak dengan berbagai penyebab yang mana bisa Anda jadikan referensi dalam langkah perawatan motor ke depannya, terutama yang berkenaan dengan aspek kelistrikan. Sekian dan sampai jumpa.

Bagan