Jangan Sepelekan! Kenali Tanda Motor Injeksi Bermasalah

Mengenali ciri-ciri motor injeksi mengalami masalah

Tanda Motor Injeksi Bermasalah – Motor injeksi tampaknya saat ini menjadi trend kendaraan bermotor yang banyak dikembangkan oleh produsen di Indonesia.

Hal itu tentu tak lepas dari kelebihan motor dengan teknologi injeksi. Yang mana teknologi injeksi tersebut berperan utama dalam menjamin efisiensi konsumsi bahan bakar.

Oleh sebab itu, tak heran jika motor injeksi adalah pilihan bagi para konsumen di Indonesia saat ini.

Di samping memiliki kelebihan, tentu motor injeksi sudah pasti tak akan lepas dari berbagai masalah yang ada.

Yang mana, masalah yang terjadi pada kendaraan bermotor tersebut terjadi karena beberapa faktor. Seperti soal bagaimana perawatan, usia, dan intensitas pemakaian daripada motor itu sendiri.

Ciri Motor Injeksi Bermasalah

Nah, terkait soal injeksi pada motor, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Salah satunya gejala yang menunjukkan bahwa ada masalah pada motor injeksi Anda.

Jika Anda tak mengetahui atau tak mengenal apa saja tanda-tandanya, bila dibiarkan saja maka akan berpotensi memicu kerusakan yang fatal.

Mau tahu apa saja indikasi kerusakan pada motor injeksi?

Jangan khawatir, berikut ini Mas Sena akan berbagi informasi penting mengenai apa saja tanda motor injeksi bermasalah sebagai bahan pertimbangan untuk Anda.

Tanda Motor Injeksi Bermasalah

Sebagaimana diketahui bahwa ada beberapa masalah yang seringkali terjadi pada motor injeksi yang tak disadari banyak orang. Berikut penjelasan lengkapnya.

Sistem Injeksi Motor Rusak

Motor Tiba-Tiba Sulit Distarter

Tanda pertama yang paling mudah diketahui bila motor injeksi bermasalah, bisa dilihat dari sistem operasional starternya.

Dimana, motor tiba-tiba mengalami masalah saat distarter yang umumnya disebabkan karena dua faktor. Bisa dari busi atau pada sistem injektornya.

Bila busi tak bermasalah maka sudah pasti penyebabnya terletak di sektor injektornya yang mengalami kendala.

Kurangnya asupan bensin yang disuplai oleh injektor ke ruang bakar bisa menjadi sebab sepeda motor susah untuk distarter terutama pada keadaan dingin.

Untuk itu, sangat disarankan jika kondisi ini sudah dialami berulangkali, Anda perlu mengecek atau menservicenya di bengkel resmi agar bisa segera diperbaiki oleh mekanik.

Mesin Tiba-Tiba Sering Brebet

Di satu sisi, indikasi lain yang menunjukkan bahwa ada masalah pada sistem injeksi mesin motor bisa diketahui dari mesinnya.

Umumnya, masalah pada injektor mesin akan memberikan sinyal dari seringnya mesin motor yang tiba-tiba brebet. Terutama saat gas motor digeber dalam kondisi rpm tinggi.

Kondisi seperti ini pada umumnya tak bisa dilepaskan dari keadaan kurangnya suplai bahan bakar yang tidak maksimal masuk ke ruang pembakaran.

Kurangnya suplai bahan bakar ini tentu tak bisa dilepaskan dari injektor motor yang mengalami masalah.

Sehingga, Anda perlu mewaspadai bila motor tiba-tiba mengalami kendala brebet, terutama ketika digeber atau digas menaiki medan yang menanjak.

Motor Mendadak Mati tanpa Sebab

Kondisi lain yang mengindikasikan bila ada masalah pada injektor, bisa juga diketahui dari kondisi motor yang mati secara mendadak.

Dampak dari adanya kendala pada injektor yang semakin parah tersebut, tentu saja ke depannya akan berpengaruh pada kondisi selenoid yang membuka dan menutup menjadi tidak berfungsi normal.

Dengan begitu maka pada saat selenoid menutup aliran bensin ke ruang bakar menjadi tidak ada dan motor bisa mati mendadak.

Ini yang menjadi penyebab utama kenapa kenapa mesin motor menjadi mati secara mendadak seolah tanpa sebab.

Oleh karenanya, jika kondisi ini berulangkali terjadi, sebaiknya bawa motor ke bengkel dan cek secara detail untuk mengetahui kondisi terbaru.

Tanda Motor Injeksi Rusak

Warna Asap Knalpot Lebih Pekat

Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mengeluarkan asap dairi knalpot dengan warna yang pekat, itu menandakan bahwa bahan bakar tidak mampu diolah dengan sempurna.

Biasanya, pembakaran yang kurang sempurna seperti ini tak bisa dilepaskan dari suplai bahan bakar dari injektor terlalu banyak.

Adanya suplai bensin yang berkesinambungan tanpa kontrol seperti ini tentu saja memicu proses pembakaran dalam ruang mesin menjadi bermasalah. Tentu hal itu tak bisa dilepaskan dari banyaknya kapasitas bensin yang masuk.

Akibatnya, menimbulkan asap yang berwarna pekat. Ini menjadi indikasi jika ada masalah pada sistem injeksi pada motor yang perlu mendapatkan perbaikan menyeluruh.

Mesin Mogok dan Sama Sekali Tidak Bisa Dihidupkan

Selain itu, tanda jikalau ada masalah pada sektor permesinan mesin motor injeksi tentu tak bisa dilepaskan dari adanya kendala pada sektor mesin motor.

Dimana, kendala tersebut tak hanya sulit dihidupkan melainkan mesin motor juga mengalami mogok dan sama sekali tak bisa dihidupkan. Baik menggunakan starter maupun engkol.

Hal ini sudah pasti ada masalah di antara busi dan sistem injektor yang tidak ada keseimbangan di antara keduanya.

Sehingga, bisa dipastikan bakal sangat memicu terjadinya masalah demikian. Bila hal ini terjadi, jangan tunggu lama. Waktu itu juga Anda harus segera membawanya ke bengkel untuk mendapat perawatan maupun pengecekan secara lebih detail.

Motor Terasa Berat

Sebenarnya, gejala dini yang bisa diketahui bila ada masalah pada mesin motor injeksi ini ditengarai dari motor yang tiba-tiba terasa berat ketika digas.

Akselerasi yang lambat dan terasa seperti ban bocor (padahal tidak), menandakan bahwa ada masalah awal pada motor injektor tersebut.

Bila Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda bisa melakukan tindakan preventif terlebih dulu dengan melakukan pengecekan di beberapa komponen permesinan.

Seperti oli mesin, busi, dan sistem kelistrikan. Namun, bila diketahui beberapa komponen tersebut dalam keadaan baik-baik saja, maka ini menunjukkan bahwa masalah ada pada sektor sistem injektornya.

Bila sudah terjadi demikian disarankan untuk melakukan pengecekan secara lebih awal sebelum menjalar ke bagian komponen lain.

Suara Mesin Kasar

Tanda lain yang bisa Anda ketahui adalah dari suara mesin motor itu sendiri. Dimana, muncul suara mesin yang terdengar kasar, baik saat digeber maupun saat mesin dihidupkan di awal.

Memang, suara mesin yang kasar pada motor injeksi belum tentu serta merta menjadi tanda bahwa ada masalah pada sistem injektor.

Namun, tetap saja ada potensi jikalau suara mesin yang kasar tersebut adalah tanda atau ciri motor mengalami kendala atau masalah di bagian injeksinya.

Ciri Injektor Motor Rusak

Berkaitan dengan beberapa hal di atas, tampaknya kondisi yang disebutkan di atas bisa menjadi tanda yang sangat perlu untuk Anda pahami secara mendalam dan detail.

Bukan tanpa alasan karena beberapa indikasi di atas banyak menjadi salah satu pemicu terjadinya permasalahan bilamana dibiarkan begitu saja.

Namun, dari beberapa gejala di atas, indikasi paling kuat yang mengisyaratkan bila ada masalah pada sistem injeksi terletak pada sistem starter yang sulit beroperasi saat akan menghidupkan mesin serta motor mengalami mogok secara tiba-tiba tanpa sebab.

Oleh sebab itu, bila sudah terjadi hal yang demikian sebaiknya segera periksakan ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan.

Demikian ulasan terkait dengan beberapa tanda motor injeksi bermasalah yang bisa Anda jadikan referensi dan patokan. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali.

Bagan