Jarang Diketahui, Ini Tanda Busi Motor Sudah Lemah

Mengenali berbagai ciri busi moto sudah mulai melemah dengan berbagai gejala yang muncul

Tanda Busi Motor Melemah – Berbagai langkah dalam memelihara motor tentu saja menjadi hal penting yang sudah sepantasnya dipahami sekaligus diterapkan oleh para pemiliknya.

Tentu saja, hal tersebut sebagai salah satu upaya dalam mencegah terjadinya masalah berupa kerusakan pada motor. Sehingga, kerusakan parah pun bisa diminimalisir.

Salah satu aspek penting dalam menjaga performa motor adalah dengan mengenali ciri kerusakan pada setiap komponen. Seperti tanda busi motor sudah lemah.

Dimana, tak jarang yang memahami gejala busi lemah pada motor. Padahal, jika dibiarkan saja maka busi tak akan mampu beroperasi sebagaimana mestinya.

Tanda Busi Motor Sudah Lemah

Sebagai salah satu komponen utama, khususnya dalam fungsinya di ruang pembakaran, sudah jadi hal wajib untuk memahami kondisi busi pada motor Anda.

Karena, efek tidak ganti busi motor yang rusak sudah pasti nantinya akan memicu berbagai masalah yang lebih parah.

Maka dari itu, sebelum sampai rusak parah, disarankan untuk mengenali berbagai ciri awal yang menunjukkan adanya kerusakan pada busi motor Anda.

Nah, untuk mengenal lebih jauh terkait kendala pada busi tersebut, berikut Mas Sena akan memaparkan berbagai ciri atau tanda busi motor sudah lemah sebagai referensi bagi Anda dalam merawat kendaraan roda dua.

Ciri Busi Motor Mulai Lemah

Ada beberapa gejala yang mungkin tidak Anda sadari terkait dengan gejala kerusakan pada busi motor. Berikut pemaparan lengkapnya.

Pengaruh Busi Jelek Pada Motor

Mesin Motor Sulit Dihidupkan

Pertama, jelas dan pasti jika mesin motor Anda sulit dihidupkan, maka itu merupakan tanda awal adanya kerusakan pada busi motor.

Bukan tanpa alasan mengingat dalam hal ini, busi pada motor menjadi salah satu komponen utama dalam proses pembakaran untuk menyalakan mesin.

Jika kemampuan busi sudah melemah maka proses pembakaran pun juga akan kurang maksimal. Sehingga menyebabkan mesin motor pun sulit untuk dihidupkan.

Tak hanya itu, gejala mesin motor yang sulit dihidupkan pun juga menjadi pertanda bahwa bisa jadi adanya masalah di area busi.

Nah, bila Anda sudah mulai mengalami masalah kesulitan dalam menghidupkan mesin pada motor, maka Anda perlu untuk mengecek kondisi busi motor.

Mesin Motor Sering Brebet

Di sisi lain, aspek lain yang jadi ciri melemahnya busi motor juga bisa ditandai dengan gejala mesin yang tiba-tiba brebet tanpa alasan.

Ciri seperti ini tentu saja kemungkinan terjadi disebabkan missed fire atau kekurangan percikan api dalam ruang bakar alias silinder.

Dimana, faktor pemicunya tak lain dari kinerja busi yang mulai menurun kualitas kinerjanya. Atau, ujung busi tertutup oleh kerak akibat dari rembesan oli yang terbakar sehingga membuat proses pembakarannya menjadi berkurang.

Selain itu, kondisi mesin brebet ini juga seringkali terjadi saat motor sedang dikendarai di jalanan. Ibaratnya seperti motor yang akan kehabisan bensin.

Jika memang Anda tengah mengalami kendala atau gejala seperti ini, jangan dihiraukan begitu saja. Segera cek ke bengkel untuk memeriksa area busi.

Pastikan bahwa busi masih normal sehingga hanya perlu dibersihkan. tetapi, jika sudah tampak aus maka segera ganti dengan busi yang masih baru.

Efek Tidak Ganti Busi Motor

Tarikan Lemah

Kemudian, gejala lain yang menjadi indikasi petunjuk bahwa ada masalah pada busi motor, yakni bisa diketahui dari tarikan motor yang mulai melemah.

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa tarikan motor dipengaruhi dari proses besaran pembakaran. Semakin tarikan digas cepat maka tentu akan membutuhkan kinerja pembakaran yang lebih besar dan cepat.

Jika busi sudah melemah, sudah barang tentu tarikan motor pun akan ikut melemah dikarenakan efek dari kurang sempurnanya pembakaran di ruang bakar.

Efek seperti ini umumnya terjadi pada beberapa motor yang sudah berusia lanjut. Karena, kemungkinan tak hanya busi saja melainkan beberapa komponen lain yang saling terkait dengan busi motor.

Untuk itu, jika Anda merasa bahwa akselerasi atau tarikan pada motor Anda mulai kurang responsif, segera cek untuk memastikan bagaimana kondisi terkini dari area busi motor.

Sebab, bisa saja tarikan motor bukan melulu busi lemah melainkan busi normal yang kotor pun bisa menjadi faktor pemicu masalah ini.

Suara Mesin Motor Kasar

Tak sampai di situ saja, gejala busi motor melemah bisa juga ditandai dengan suara mesin kotor yang mulai kasar.

Gejala seperti ini tentunya kurang lebih memicu masalah dalam proses berkendara yang akan mengganggu pengendara.

Yang mana, suara mesin motor kasar menandakan proses pembakaran di ruang bakar bermasalah karena dari busi yang minta untuk diganti.

Oleh sebab itu, bilamana Anda merasa ada suara kasar dari mesin motor, sebaiknya perlu dilakukan pengecekan lebih mendalam pada area busi dan sistem pembakaran.

Dan, disarankan untuk melakukan pengecekan di bengkel resmi agar nantinya pemeriksaan bisa dilakukan secara maksimal dengan didukung alat yang lebih lengkap.

Ujung Busi Gosong

Selain itu, untuk memastikan bahwa busi motor melemah, Anda juga bisa melihat dari kondisi ujung busi yang mulai tampak seperti gosong dan tidak bisa dibersihkan.

Ujung kepala busi seperti ini menandakan bahwa kondisinya sudah mulai tidak normal karena pembakaran yang terjadi tidak sempurna.

Biasanya, kondisi ujung busi yang gosong seperti ini juga tak lepas dari indikasi adanya kebocoran oli yang masuk atau merembes ke area busi motor.

Dengan begitu, diperlukan proses pengecekan secara lebih detail untuk meyakinkan bahwa busi sudah benar-benar gosong dan sudah tidak layak untuk digunakan. Sehingga, disarankan untuk segera melakukan penggantian busi yang lebih baru.

Motor Terasa Kurang Bertenaga

Tak berbeda dengan akselerasi yang lemah, tanda busi motor yang sudah waktunya diganti bisa juga dicirikan dengan tenaga motor yang terasa sangat lemah. Khususnya saat motor tengah melewati medan menanjak.

Kondisi seperti ini tak bisa dilepaskan dari efek busi motor yang tentunya sebagai komponen utama dalam pembakaran tak mampu memantik api dengan sempurna.

Dengan demikian maka sudah barang tentu tenaga mesin motor pun menjadi terasa berkurang karena tidak mampu menciptakan percikan api dengan cepat.

Untuk itu, segera cek dan ganti busi jika memang kondisinya sudah tak memungkinkan lagi. Jangan tunggu sampai busi benar-benar aus karena justru akan memicu kerusakan pada komponen lain.

Ciri Busi Lemah Pada Motor Injeksi

Selain dari berbagai tanda di atas, Anda juga perlu tahu bahwa kualitas busi yang digunakan juga berpengaruh pada masa pakai dan performanya dalam ruang pembakaran.

Jika kualitasnya bagus maka busi motor tak akan mudah rusak sekalipun sudah digunakan dalam waktu lama. Sebaliknya, bila businya standar maka kerusakan akan lebih berpotensi terjadi pada motor Anda.

Oleh karenanya, sangat disarankan sekali untuk memastikan penggunan busi motor berkualitas guna mencegah terjadinya kerusakan yang lebih cepat.

Semoga artikel soal tanda busi motor lemah ini bisa jadi sumber referensi bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai jumpa.

Bagan