Kaki Kaki Mobil Bunyi? Waspada! Cek Segera Komponen Ini

Penyebab kaki-kaki mobil bunyi yang bisa jadi dipicu oleh masalah pada bagian komponen terkait

Kaki-Kaki Mobil Bunyi – Tak bisa dipungkiri bahwa masalah pada kaki-kaki mobil terkadang menjadi kendala yang seringkali membuat pusing banyak pemilik mobil. Terutama para pemilik mobil yang masih pemula

Bukan tanpa alasan mengingat sektor kaki-kaki pada mobil memiliki fungsi atau peran yang sangat penting sebagai penjaga kestabilan beban sekaligus meminimalisir dampak dari getaran saat melalui medan bergeronjal melalui suspensi yang terpasang di sektor ini.

Tentu saja, keberadaannya sangat diperlukan. Sehingga, harus dipastikan bahwa kondisi kaki-kaki mobil selalu dalam keadaan prima yang siap tempur.

Kaki Kaki Mobil Bunyi

Namun, bagi sebagian pemilik mobil tentu saja pernah mengalami mendengar suara bunyi yang bersumber dari sektor kaki-kaki.

Dimana, tak jarang hal semacam ini menjadi indikasi bahwa ada kerusakan yang perlu untuk segera dilakukan penanganan atau perbaikan khusus guna menghindari masalah yang lebih parah.

Lantas, apa sih yang menjadi pemicu bunyi di bagian kaki-kaki pada mobil itu?

Tentu ada cukup banyak komponen yang bisa menjadi penyebab kaki-kaki mobil bunyi. Nah, jika Anda ingin tahu lebih detail apa penyebabnya, berikut Mas Sena akan jelaskan secara terperinci dan lengkap.

Penyebab Kaki-Kaki Mobil Berbunyi

Dalam kaitannya kaki-kaki pada mobil, tentu saja ada beberapa faktor yang memicu munculnya bunyi dari bagian kaki-kaki mobil. Salah satunya, Anda harus periksa beberapa komponen berikut yang bisa jadi penyebab masalah pada kaki-kaki tersebut. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Agar Kaki Kaki Mobil Senyap

 

Stabilizer Bar

Komponen pertama yang berkaitan dengan sektor kaki-kaki mobil adalah stabilizer bar. Yang mana, memiliki peran penting dalam menjaga tingkat ketinggian di antara roda kanan dan kiri. Termasuk saat roda menerima gaya suspensi pada sistemnya.

Letaknya berada di bagian roda depan sisi kanan dan kiri. Dimana, bentuknya mirip dengan dua buah ball joint.

Terkait soal itu, jika stabilizer bar ini mengalami masalah atau berkendala, biasanya akan diindikasikan dengan munculnya suara yang cukup berisik.

Apalagi, saat mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi. Bahkan, dalam beberapa kasus, umumnya bunyi tersebut akan kian terdengar nyaring saat mobil berbelok.

Wajar saja mengingat sistem kinerja pada stabilizer bar tersebut akan memicu bunyi yang terdengar seperti kletek-kletek saat mobil tengah bermanuver.

Untuk memastikannya, Anda perlu melakukan pengecekan secara detail dan teliti pada bagian ini. Bisa jadi bunyi tersebut bersumber dari adanya masalah dari sektor stabilizer bar ini.

Ball Joint

Selain itu, bagian lain yang sangat perlu dilakukan pengecekan mendalam, terletak pada sektor ball joint.

Dimana, ball joint sendiri terletak di bagian dalam dari stabilizer mobil itu sendiri. Yang bila ada kendala pada komponen ini maka akan memicu timbulnya bunyi yang sangat mengganggu.

Bahkan, terkadang bunyi akibat kerusakan bagian tersebut terdengar tidak lazim seperti ada yang mengganjal di area kaki-kaki mobil. Fungsi dari komponen ini sendiri ialah menjadi engsel untuk perputaran roda saat berbelok.

So, untuk mengetahui kepastiannya, disarankan untuk turut memeriksa bagian ball joint ini bersamaan saat menegcek bagian stabilizer bar.

Karena, tak menutup kemungkinan jika ball joint pada mobil sangat berpotensi memicu gesekan yang sangat mungkin terjadi menimbulkan suara atau bunyi kletek-kletek yang tentunya akan mengurangi kenyamanan Anda dalam berkendara mobil.

Tie Rod End

Selanjutnya, komponen lain yang harus diperiksa jika terindikasi ada bunyi di kaki-kaki mobil, yakni tie rod end.

Perlu untuk Mas Sena sampaikan bahwa tie rod end di sini merupakan bagian ujung pada sistem steering mobil.

Fungsinya tentunya tak akan lepas dari sistem kendali setir mobil. Yang mana, sebagai penghubung lengan power steering dengan bagian steering knuckle yang ada pada roda mobil.

Engselnya juga menggunakan ball joint yang tak berbeda jauh dengan bagian stabilizer bar. Nah, bila ball joint ini sudah mulai usang maka sudah barang tentu akan memicu timbulnya suara berisik yang mengganggu.

Tak sampai di situ saja, bahkan terkadang bila tie rod end rusak, tak hanya sekedar bunyi saja yang muncul, tetapi juga akan memicu timbulnya masalah pada bagian setir yang oleng.

Sudah jelas jika kondisi ini dibiarkan maka akan mengganggu jalannya proses Anda dalam berkendara mobil.

Jadi, ada baiknya komponen pada tie rod end ini turut menjadi bagian yang harus untuk Anda fokuskan dan pertimbangkan secara mendalam. Sekaligus dicek untuk memastikan bagaimana kondisi realnya.

Kaki Kaki Mobil Bunyi Kletek Kletek

Shock Absorber

Shock Absorber tentu saja menjadi salah satu aspek penting pada kendaraan rodan empat, khususnya dalam hal menjaga kenyamanan berkendara.

Bukan tanpa sebab karena shock absorber sendiri memiliki fungsi atau peran sebagai peredam getaran maupun goncangan pada mobil tersebut.

Secara visualnya, bentuk dari komponen ini mirip seperti tabung yang penempatannya berada dalam pegas spiral di bagian roda depan.

Umumnya, masalah yang seringkali menjadi kendala pada bagian shock absorber ini adalah adanya kebocoran di bagian tabung.

Guna mencegah atau meminimalsir suara yang muncul, sangat penting sekali untuk memeriksa bagian ini. Mengingat kinerja gerak daripada suspensi yang terlalu berlebihan, sangat berpotensi memicum dampak pada suara yang aneh ketika mobil dijalankan.

Bahkan, bila mobil melalui jalan yang bergeronjal maka sangat mungkin sekali jika kaki-kaki mobil akan mengelaurkan bunyi atau suara keletek-kletek.

Untuk menghindari kaki kaki mobil yang menimbulkan bunyi kletek-kletek, Anda sebaiknya sering melakukan servis secara berkala ke bengkel khusus kaki-kaki mobil. Terutama pada bagian komponen yang sangat rentan terhadap berbagai kerusakan.

Suspensi Mobil Rusak

Lalu, dalam hal lain pun tak menutup kemungkinan bahwa kaitannya dengan timbulnya bunyi dari sisi kaki-kaki mobil, sangat potensi sekali dikarenakan kerusakan pada suspensi.

Artinya, suspensi yang seharusnya bertugas meredam getaran namun justru tak mampu menjaga kestabilan atau menekan goncangan. Sehingga, dampak atau indikasi yang ditimbulkan tentunya akan membuat bunyi gesekan akibat dari suspensi yang bermasalah tersebut.

Untuk mengatasinya, ada baiknya Anda cek usia suspensi tersebut. Bila sudah waktunya untuk diganti, sebaiknya diganti saja suspensi dengan yang baru.

Dengan demikian, tentu kaki-kaki mobil akan menjadi lebih aman dan prima dalam fungsinya sebagai penopang sekaligus penjamin kestabilan mobil.

Penyebab Kaki Kaki Mobil Berisik

Mengingat sangat pentingnya beberapa komponen kaki-kaki mobil di atas, Anda sepatutnya memahami apa saja komponen tersebut dan bagaimana kinerjanya.

Karena, beberapa komponen yang Mas Sena jelaskan di atas memang menjadi komponen yang memiliki kaitan erat dengan suara atau bunyi yang muncul dari sektor kaki-kaki mobil.

Dengan alasan tersebutlah, topik mengenai kaki-kaki mobil bunyi seperti ini bisa ditekan atau diminalisir dengan merawat secara intensif dan rutin.

Sampai di sini, Mas Sena harap artikel soal bunyi pada kaki-kaki mobil tersebut bisa menjadi artikel yang mampu menambah pengetahuan Anda dalam soal perawatan kaki-kaki mobil. Sekian dan sampai berjumpa kembali.

Bagan