Kapan Ganti Oli Mobil? Simak Penjelasannya di Sini

Informasi mengenai waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin mobil agar performa tetap terjaga

Kapan Ganti Oli Mobil? – Oli pada mesin mobil memang patut diganti secara rutin. Namun siapa sangka, ternyata tak jarang orang yang bertanya-tanya, kira-kira kapan ganti oli mobil?

Tentu saja, pertanyaan soal penggantian oli mobil tersebut tak lepas dari pentingnya sirkulasi pergantian oli yang perlu dilakukan secara rutin. Dimana, hal ini dimaksudkan agar mesin pada mobil tetap terjaga performanya.

Di sisi lain, terkait dengan kapan ganti oli mobil ini juga memicu munculnya berbagai spekulasi dan pendapat. Ada yang menyebut jika waktu yang pas mengganti oli mobil harus disesuikan dengan capaian kilometer namun tak jarang yang menyebut jika oli wajib diganti setidaknya 6 bulan sekali.

Kapan Ganti Oli Mobil

Berbagai pandangan yang muncul di tengah masyarakat tersebut sudah barang tentu akan membingungkan publik, khususnya bagi para pemula.

So, tak heran jika berbagai pendapat mengenai kapan waktu yang tepat mengganti oli pada mesin mobil tersebut menjadi pemicu informasi baru untuk mengungkap ketepatan waktu dalam melakukan penggantian oli mobil.

Nah, terkait soal kapan ganti oli mobil, berikut akan Mas Sena paparkan beberapa langkah untuk mengetahui kapan waktu yang tepat dan sesuai untuk mengganti oli pada mesin mobil Anda.

Akan tetapi, sebelum jauh mengulas mengenai kapan ganti oli mobil, kenali dulu ciri oli mobil sudah harus diganti.

Ciri Oli Mobil Sudah Harus Diganti

Berikut ini adalah tanda atau ciri oli mobil sudah harus diganti yang patut untuk Anda pahami mendalam.

Ciri Oli Mobil Sudah Harus Diganti

Asap Knalpot Mulai Berwarna Kehitaman

Ciri oli mobil sudah harus diganti yang pertama bisa dilihat dari asap knalpot yang mulai menghitam.

Pasalnya, kondisi seperti ini tak menutup kemungkinan jika oli yang sudah turun kualitasnya menguap sehingga ikut terbakar yang memicu adanya asap hitam.

Suara Mesin Mobil Mulai Kasar

Fungsi oli sendiri adalah sebagai pelumas mesin ketika mesin dihidupkan. Namun, bila oli kurang sudah mulai kurang mampu melumasi pada bagian komponen mesin maka secara otomatis justru akan memberikan efek suara mesin yang kasar

Jika kondisi ini Anda alami maka segeralah untuk membawa mobil Anda ke bengkel untuk melakukan pengecekan kondisi oli dan ganti oli jika diperlukan.

Lampu Indikator Oli Menyala

Selain itu, ciri oli mobil sudah harus diganti juga bisa dilirik dari lampu indikatornya yang mulai menyala pada bagian speedometer atau instrumen cluster dari mobil.

Cara ini terbilang paling mudah untuk mengenali tanda oli sudah mulai menurun kualitasnya dan patut untuk segera diganti.

Hanya saja, jika bila lampu indikator ini menyala terus bahkan saat mobil dijalankan, itu artinya bahwa ada masalah pada kondisi oli di dipstick. Ada baiknya untuk sesegera mungkin melakukan pengecekan di bengkel.

Kapan Ganti Oli Mobil?

Kira-kira kapan ganti oli mobil? Oke, berikut adalah informasi terbaru mengenai waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil yang didasarkan atas beberapa penyesuaian dan pertimbangan dari berbagai aspek.

Ganti Oli Mobil

Penggantian Oli pada Mobil Baru

Kapan ganti oli mobil? Tentu saja hal itu bisa disesuaikan dengan kondisi mobil, seperti penggantian oli pada mobil baru.

Nah, umumnya mobil keluaran terbaru, penggantian oli mobil disesuaikan dengan capaian jarak Km pada odometer. Dimana, biasanya penggantian oli disarankan ketika angka odometer menunjukkan 1.000 Km.

Namun, ini berlaku untuk mobil yang masih baru keluaran pabrik. Artinya, untuk penggantian oli berikutnya, biasanya sesuai kelipatan dari capaian Km odometer pertama. Yakni ketika jarak yang ditempuh sudah mencapai 2.000 Km.

Penggantian Oli Sesuai Buku Petunjuk Manual

Selanjutnya, terkait kapan waktu terbaik untuk melakukan pergantian oli mobil, Anda bisa melihat buku petunjuk manual yang biasanya disertakan saat melakukan pembelian mobil baru.

Biasanya, pada buku petunjuk manual tersebut merekomendasikan jika penggantian oli mobil jika odometer sudah mencapai 10 ribu Km.

Namun, dikhususkan untuk pemilik yang tinggal di kota-kota besar yang syarat akan kemacetan, disarankan untuk mengganti oli setiap 5 ribu Km. Bukan tanpa alasan mengingat meski jarak tempuhnya lebih kecil, namun dalam kondisi macet, mesin tetap berputar yang berdampak pada kualitas oli.

Penggantian Oli Berdasarkan Kekentalan Oli

Selain itu, untuk penentukan waktu kapan ganti oli mobil, Anda bisa mengeceknya melalui tingkat kekentalan atau Viskositas dari oli itu sendiri.

Anda bisa melihat tingkat kekentalan oli melalui kode Society of Automotive Engineering (SAE) yang tertera pada kemasannya.

Nah, dalam kode tersebut ada angka-angka yang merujuk pada tingkat kekentalan oli. Misalnya, kode menunjukkan angka 20W-50 yang mana mengindikasikan jika oli tidak terlalu kental dengan penggantian oli pada kilometer 3 – 5 ribu tergantung kondisinya.

Sedangkan, jika kode SAE menampilkan angka 10W-40, itu artinya bahwa penggantian oli pada mobil bisa dilakukan pada rentang jarak antara 7.500 hingga 10 ribu kilometer.

Penggantian Oli dari Kualitas Oli

Nah, selain itu, cara terbaik untuk menentukan waktu yang tepat mengganti oli yakni dengan mengecek kualitas oli itu sendiri.

Anda bisa memastikan kualitas oli mobil masih normal atau sudah layak diganti dengan memperhatikan secara jeli apakah ada perubahan warna oli atau tidak.

Ciri oli yang sudah harus diganti adalah bila warnanya sudah berubah hitam pekat dan menimbulkan bau tengik. Perubahan warna dan adanya bau kurang enak tersebut umumnya dikarenakan kondisi mesin mobil yang telah digunakan untuk menempuh jarak nan jauh.

Namun, jika warna oli justru berubah menjadi putih dan sangat kental, itu mengindikasikan jika oli sudah tercampur dengan air.

Dimana, dari sini menandakan bahwa mesin mobil Anda tengah mengalami masalah yang cukup serius. Sehingga, diperlukan pengecekan dan perbaikan lebih lanjut ke bengkel jika kondisi ini terjadi pada mobil Anda

Cek Filter Oli Mesin

Langkah lain yang patut dilakukan untuk mengenali waktu penggantian oli mobil yakni dengan melakukan pengecekan pada filter oli mesin.

Pasalnya, perubahan atau menurunnya kualitas oli sangat dipengaruhi oleh filter oli mesin pada mobil Anda. Sebab, kotoran yang mengendap dan menumpuk memicu sirkulasi oli yang tidak maksimal ketika mesin mobil dihidupkan.

Maka dari itu, disarankan untuk selalu mengecek bagian filter oli mesin ini. Karena, jika sudah terlalu kotor, justru akan membuat kualitas oli cepat menurun.

Jika perlu gantilah filter oli mesin tersebut dalam kurun waktu setiap dua kali penggantian oli guna memaksimalkan sirkulasi oli agar lebih optimal.

Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Mobil

Beberapa langkah atau cara di atas merupakan tips untuk menentukan kapan ganti oli mobil. Dimana, beberapa cara tersebut cukup efektif untuk menentukan kapan waktu terbaik dalam melakukan penggantian oli mesin pada mobil.

Namun, ada baiknya untuk selalu melakukan penggantian oli setiap 10 ribu Km. Atau, jika mobil dalam kondisi sering digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, ada baiknya untuk melakukan penggantian dalam kurun waktu 5 ribu Km.

Semoga informasi mengenai kapan ganti oli mobil yang telah Mas Sena rangkum dalam uraian di atas bisa menjadi sumber informasi atau referensi bermanfaat untuk Anda semua. Sekian dan sampai bertemu kembali pada lain topik.

Bagan