Kenali Beberapa Gejala Kerusakan Kiprok Motor Matic

Mengenali berbagai ciri atau tanda kerusakan kiprok pada motor matic yang sering tidak disadari banyak orang

Kerusakan Kiprok Motor Matic – Bukan hal yang asing lagi bahwa motor matic merupakan kendaraan roda dua yang saat ini banyak digunakan sebagai alat transportasi banyak orang.

Wajar saja mengingat sisi kepraktisan dan kemudahan dalam berkendara menjadi salah satu aspek yang banyak mempengaruhi banyak orang memilih kendaraan bermesin transmisi otomatis ini.

Meski demikian, tetap saja diperlukan perawatan mendalam agar kondisi motor matic tersebut selalu dalam keadaan yang prima dan pas.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah pada sistem kelistrikannya. Mengingat, hampir secara keseluruhan sistem pada motor matic dikendalikan oleh mekanisme kelistrikan.

Gejala Kerusakan Kiprok Motor Matic

Di antaranya yang seringkali bermasalah adalah pada bagian kiprok. Yang mana, komponen yang ada pada bagian kelistrikan motor matic ini memang seringkali mengalami permasalah serius.

Hanya saja, tak jarang orang yang mengenali apa saja ciri daripada kerusakan yang terjadi pada kiprok. Karena, kerusakan yang ditimbulkan oleh kiprok terkadang tidak disadari sama sekali oleh para pemiliknya.

Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan motor matic, ada baiknya Anda mempelajari berbagai gejala atau tanda kerusakan kiprok motor matic. Berikut penjelasannya.

Tanda Kerusakan Kiprok Motor

Ada beberapa ciri atau tanda yang mengindikasikan bila ada kerusakan di bagian komponen kelistrikan kiprok. Apa saja itu? Yuk, kita simak ulasan lengkapnya.

Efek Kiprok Rusak

Lampu Motor Sering Mati atau Redup Tiba-Tiba

Umumnya, gejala kiprok motor matic mengalami kerusakan bisa ditandari dengan kondisi lampu motor yang sering mati atau redup secara tiba-tiba.

Kondisi ini diakibatkan dari kiprok yang sama sekali tidak bisa membatasi tegangan yang masuk pada bagian lampu itu sendiri.

Bilamana memang terjadi kondisi tegangan tinggi maka secara otomatis lampu motor seketika dipastikan bakal putus.

Ini merupakan salah satu gejala yang sangat umum terjadi pada motor matic yang diakibatkan karena kiprok motor sudah mulai tak mampu menjalankan fungsinya sebagai kendali untuk menstabilkan arus dan tegangan yang mengalir ke sektor aki.

Tegangan Aki Cepat Menurun (Tekor)

Aki menjadi salah satu komponen utama dari sistem kelistrikan pada motor matic. Namun, tampaknya aki juga turut mendapat pengaruh atau dampak kerusakan akibat dari kiprok yang mengalami masalah.

Biasanya, aki yang baru saja diganti tiba-tiba tekor, itu menandakan bahwa ada masalah pada bagian kiprok.

Perlu untuk Anda ketahui dan pahami bahwa pengaruh paling besar yang muncul biasanya bakal berakibat sektor kelistrikan dalam baterai terkuras.

Tak sampai di situ saja, bahkan aki menjadi mudah drop. Kondisi ini sangat berpotensi terjadi bila terdapat tanda bahwa starter motor mati dan klakson bersuara seperti sember. Bukan saja kondisi aki yang menjadikan tekor, lebih dari itu yang mana gejala ini bisa terjadi akibat kiprok yang rusak.

Dengan demikian, sangat disarankan untuk Anda jangan tergesa-gesa mengganti aki motor. Sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu baterai kiprok tidak sedang mengalami drop.

Motor Mati Tiba-Tiba

Gejala yang paling parah akibat dari tanda kerusakan kiprok motor matic juga bisa diketahui dari kondisi mesin motor yang tiba-tiba mati mendadak.

Keadaan ini jelas mengindikasikan bila kiprok motor sudah benar-benar tak mampu menjalankan perannya sebagai penstabil arus listrik. akibatnya seluruh komponen kelistrikan tidak dapat berfungsi.

Yang selanjutnya akan membuat tegangan pada aki pun menjadi drop dan motor pun tak bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

Ini adalah ciri paling jelas dan parah bila memang sudah terjadi kerusakan mendasar pada bagian kiprok motor matic itu sendiri.

Oleh sebab itu, jika sudah ada tanda bahwa lampu redup atau starter mengalami kendala, segera cek dan bawa motor ke bengkel. Sebab, sangat berpotensi sekali bahwa itu merupakan pertanda kiprok motor bermasalah.

Tips Perawatan Kiprok Motor

Sebenarnya, tak banyak hal yang sulit untuk dilakukan dalam merawat kiprok motor. Hanya saja, memang dibutuhkan beberapa langkah konkrit sebagai upaya dalam mencegah kiprok motor matic bermasalah. Di antaranya adalah sebagaimana yang dijelaskan berikut ini.

Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Rutin Cek Kelistrikan Motor

Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan kiprok motor matic adalah dengan melakukan pengecekan rutin, terutama di bagian sistem kelistrikan motor.

Bukan tanpa sebab karena dengan rutin melakukan pengecekan rutin terhadap sistem kelistrikan, jika ada masalah pun Anda bisa segera mengetahui dan segera dilakukan perbaikan.

Sehingga, hal ini akan menekan kerusakan yang lebih parah. Apalagi, bagian kiprok motor yang bila sudah ada sedikit saja tanda kerusakan maka akan mudah berakibat atau berdampak pada komponen lain.

Service Rutin

Satu hal pasti yang tak bisa diganggu gugat adalah dengan melakukan service rutin ke bengkel resmi sebagai upaya untuk mencegah kerusakan.

Jika Anda melakukan service sebaiknya minta kepada mekanik untuk melakukan pengecekan mendalam pada sistem kelistrikan.

Biasanya, untuk pengecekan di bagian kelistrikan akan ada biaya tambahan mengingat sedikit rumit. Namun, hal itu tentu akan lebih baik daripada mengeluarkan biaya perbaikan yang tentunya jauh lebih besar.

Maka oleh sebab alasan itu, sangat disarankan sekali untuk selalu memberikan fokus pada bagian sistem kelistrikan motor matic ini.

Hindari Penggunaan Kelistrikan Terlalu Sering

Meski hampir keseluruhan motor matic dikendalikan oleh sistem kelistrikan namun Anda bisa menekan penggunaan sistem kelistrikan motor.

Seperti dengan menggunakan starter kick saat akan memanaskan motor di pagi hari. Hal ini tentu akan mencegah kelistrikan motor dari bagian starter otomatis menjadi lebih awet.

Karena, saat motor dalam kondisi dingin, tentu proses pengapiannya akan membutuhkan waktu yang lama. Dimana, hal ini berpengaruh pada beban kelistrikan untuk memantik api di sistem pembakaran.

Oleh karenanya, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk selalu menjaga sistem kelistrikan motor matic dengan melakukan hal sederhana seperti itu.

Di sisi lain, Anda juga perlu mengendalikan tarikan gas saat mengendarai motor matic. Karena, jika gas dimainkan maka secara tak langsung akan berakibat pada beban tegangan yang diatur oleh kiprok menjadi kurang seimbang.

So, perawatan sederhana seperti ini perlu untuk Anda perhatikan sebagai salah satu upaya preventif agar nantinya ke depan tidak memicu masalah serius.

Penyebab Kiprok Rusak

Dari berbagai pemaparan terkait masalah kiprok motor matic di atas, agaknya teman-teman sudah bisa mengenali apa saja gejala yang ditimbulkan sebagai indikasi adanya kerusakan pada kiprok motor matic.

Selain itu, ada pula penjelasan mengenai perawatan sederhana yang sebenarnya sangat mudah dilakukan namun berpengaruh baik bagi kondisi kiprok motor matic Anda.

Satu hal yang jelas dan pasti, untuk mencegah kerusakna kiprok, sangat disarankan untuk selalu mengecek sistem kelistrikan pada motor matic. Sebab, nantinya Anda akan lebih bisa mengontrol bagaimana kondisi kelistrikan, termasuk kiprok dan aki motor yang mana saling berkaitan serta rentan terhadap kerusakan.

Semoga, artikel mengenai gejala kerusakan kiprok motor matic di atas bisa menjadi solusi untuk kawan-kawan semua. Sekian dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan