Kenali Ciri Mobil Bekas yang Masih Bagus dan Berkualitas

Mengetahui tanda utama mobil bekas yang masih berkualitas yang wajib Anda ketahui sebelum membeli mobil second

Mobil Bekas yang Masih Bagus – Pasar mobil second sampai detik ini masih ramai menjadi segmen pasar yang diburu para konsumen.

Tentu saja, harga yang lebih murah menjadi aspek utama yang membuat para konsumen lebih memilih mobil bekas sebagai pilihan terbaik.

Oleh sebab itu, tak heran jika pasar mobil bekas pun menjadi salah satu alternatif yang dijadikan pilihan untuk mendapatkan mobil pilihan dengan harga yang bisa disesuaikan budget.

Namun, satu hal yang perlu dipahami bahwa dalam memilih mobil second, Anda perlu tahu beberapa ciri atau tanda yang mengindikasikan bahwa mobil tersebut masih layak pakai/berkualitas atau tidak.

Ciri Mobil Bekas Yang Masih Bagus

Karena, jika Anda tidak memahami ciri mobil bekas yang masih berkualitas, tentu Anda tak akan tahu bagaimana kondisi nyata dari mobil tersebut.

Bisa jadi kondisi mobil sudah rusak parah pada bagian tertentu. Atau, tak menutup kemungkinan mobil tersebut telah mendapatkan penggantian beberapa komponen akibat dari kecelakaan.

Nah, di sinilah letak pentingnya Anda untuk mengenali tanda dari mobil bekas yang masih layak pakai atau tidak.

Untuk itu, Mas Sena di sini akan memberikan beberapa penjelasan terkait ciri mobil bekas yang masih bagus dan berkualitas.

Tanda Mobil Second yang Masih Berkualitas

Sebagai persiapan sebelum membeli mobil second, ada baiknya Anda mengetahui dan memahami ciri mobil bekas yang kondisinya masih bagus. Berikut penjelasan lengkapnya.

Mobil Second Masih Bagus

Mesin Bersuara Halus dan Tidak Berisik

Pertama, tanda yang bisa Anda jadikan untuk memastikan kondisi mobil bekas yang hendak dibeli, Anda bisa mengenali dari sektor suara mesinnya.

Suara mesin mobil bekas yang masih berkualitas tentu akan terdengar halus dan tidak berisik. Baik dalam kecepatan sedang maupun tinggi.

Karena, mesin yang terdengar kasar, tentu saja menjadi sebuah indikasi jika ada gesekan atau benturan perkakas atau komponen pada bagian dalam mobil.

Untuk memastikannya, Anda bisa menghidupkan mesin selama 5 menitan dengan kondisi kap mesin terbuka.

Jika tak ada suara yang aneh maka kondisi mesin mobil masih bagus. Namun, bila Anda mendengar ada suara yang berisik pada bagian mesinnya saat mesin dihidupkan, segera tanyakan kepada penjual.

Minus Kebocoran Oli maupun Bensin

Di sisi lain, masalah lain yang bisa menjadi alasan untuk memastikan kondisi mobil yang akan Anda beli, Anda bisa mengecek apakah ada kebocoran pada mobil tersebut.

Kebocoran yang dimaksud tentunya berkaitan dengan kebocoran bensin maupun oli yang menjadi aspek komponen dalam bentuk cairan.

Pastikan kondisi keduanya masih bagus dan tidak bocor. Salah satu tanda mobil yang akan Anda beli bermasalah adalah adanya rembesan cairan yang keluar dari dalam mobil.

Maka dari itu, Anda harus benar-benar detail dalam memperhatikan kondisi mobil bekas yang hendak Anda beli.

Hindari membeli mobil yang mengalami kebocoran oli maupun bensin meskipun hanya setetes. Karena, ke depan dipastikan Anda akan membutuhkan biaya perawatan lebih mahal untuk memperbaikinya.

Asap Knalpot Tak Berwarna Hitam Pekat

Selain itu, ciri kondisi mobil bekas yang masih berkualitas, Anda juga bisa melakukan pengecekan pada warna asap dari knalpot tersebut.

Asap knalpot yang berwarna hitam menunjukkan proses pembakaran yang tidak tuntas dan sempurna. Sedangkan asap knalpot putih berarti ada campuran oli pada bagian mesin pembakarannya.

Di sisi lain, kondisi mobil bekas yang masih normal juga ditandai dengan ujung knalpotnya yang berwarna cokelat sedikit kemerahan semenjak mesin mobil dihidupkan beberapa menit.

Dimana, warna knalpot yang agak kemerahan seperti itu tentunya merupakan salah satu aspek bila komposisi bahan bakar serta udara di dalam ruang pembakaran sudah ideal.

Bahkan, keadaan knalpot yang seperti ini juga secara tak langsung mengindikasikan bahwa hampir secara keseluruhan kondisi mesin masih dalam keadaan normal dan prima.

So, Anda jangan ragu untuk mulai mempertimbangkan mobil bekas dengan kondisi seperti ini karena menjadi sebuah indikasi jika mobil second tersebut sehat.

Cara Memilih Mobil Bekas

Transmisi Halus

Kemudian, untuk soal lain, di antara beberapa ciri yang bisa Anda jadikan tanda bahwa kondisi mobil bekas masih baik adalah soal perpindahan giginya.

Dimana, mobil yang masih bagus sudah barang tentu memiliki proses perpindahan gigi yang sangat halus.

Hal itu tentu saja menjadi sebuah indikasi kuat jika mobil dalam keadaan yang cukup prima untuk dijadikan sebagai salah satu pilihan utama bagi Anda.

Maka dari itu, sangat disarankan sekali untuk selalu memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan yang ideal, termasuk dalam soal perpindahan gigi transmisi yang halus saat test drive.

Jika hal demikian Anda rasakan maka Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk dimasukkan list atau daftar mobil pilihan Anda.

Sebab, transmisi yang halus di sini sangat jarang ditemui pada mobil bekas, khususnya mobil produksi tahun tua.

Speedometer Masih Berfungsi

Lalu, dalam aspek lain, tentunya ciri yang cukup jelas untuk memastikan kondisi mobil bekas masih normal bisa dilihat dari bagian speedometer maupun indikatornya.

Mobil yang masih layak pakai, tentu speedometer dan indikatornya masih berfungsi dengan normal. Kondisi ini juga secara tak langsung menunjukkan pada sistem kelistrikan pada mobil masih dalam keadaan yang layak.

Maka dari itu, sangat disarankan sekali bagi Anda saat akan membeli mobil second untuk selalu memastikan bahwa kondisi speedometer masih berjalan normal.

Karena, bila ada masalah pada bagian speedometer maka secara tak langsung juga menjadi sebuah tanda bahwa ada masalah pada sistem kelistrikan yang terkait dengan sistem operasi pada speedometer maupun indikator pada mobil bekas tersebut.

Rangka dan Kaki-Kaki Masih Presisi

Di samping itu, perlu diketahui juga bahwa kondisi kaki-kaki mobil yang masih presisi dengan rangka yang kokoh bisa menjadi sebuah alasan bahwa mobil dalam keadaan yang prima dan layak pakai.

Sebab, tak bisa dipungkiri jika kaki-kaki mobil masih normal itu tandanya bahwa mobil tidak pernah atau belum mengalami benturan.

Tak bisa dipungkiri bahwa mobil yang kaki-kaki maupun rangkanya tak presisi sangat dipastikan jika hal tersebut kemungkinan besar mobil pernah mengalami benturan yang keras atau terjadi kecelakaan.

Maka, Anda harus cermat dalam meneliti bagian rangka dan kaki-kaki pada mobil bekas untuk memastikan bahwa masih dalam kondisi utuh dan kokoh.

Tanda Mobil Bekas Masih Berkualitas

Terkait soal beberapa tanda di atas, Anda sudah bisa memahami apa saja langkah terbaik yang diperlukan untuk memastikan kondisi mobil bekas tersebut masih bagus dan layak pakai.

Karena, beberapa ciri di atas umumnya menjadi salah satu patokan yang tentunya akan memberikan informasi mendalam soal kondisi atau keadaan real dari mobil bekas yang hendak Anda beli.

Nah, dengan berbagai informasi di atas, Mas Sena harap teman-teman sudah bisa memahami apa saja ciri atau tanda yang mengindikasikan mobil bekas masih bagus dan berkualitas. Sehingga, layak untuk Anda pilih sebagai kendaraan pilihan.

Bagan