Kendala Mobil Matic yang Wajib Diwaspadai

Berbagai masalah pada mobil matic yang harus diperhatikan oleh pemilik

Kendala Mobil Matic – Peminat mobil matic yang menggunakan transmisi, saat ini memang terbilang cukup banyak.

Bahkan, mobil matic pun kini menjadi tren yang kian digemari dibandingkan mobil dengan transmisi manual. Meskipun masih ada yang lebih memilih mobil manual.

Namun, dari segi pasar tak bisa dipungkiri bila pasar mobil matic telah mulai mendominasi di tengah persaingan otomotif, termasuk pasar mobil di Indonesia.

Baik mobil baru maupun mobil second (bekas) bertransmisi otomatis ini telah banyak memberikan pengaruh pada minat konsumen di Tanah Air.

Kendala Mobil Matic

Hal itu tentu tak lepas dari sisi kepraktisannya dalam berkendara. Karena, dengan transmisi otomatis maka secara tak langsung membuat pengemudi lebih merasa mudah dan nyaman.

Akan tetapi, di samping kelebihannya itu, tentu ada berbagai macam kendala yang kerap jadi masalah serius jika dihiraukan begitu saja.

So, jika Anda pemilik mobil matic, sudah sepatutnya memahami apa saja permasalahan yang sering terjadi pada mobil matic sebagai upaya dalam perawatan agar lebih intensif.

Dalam soal itu, Mas Sena sendiri akan berbagi informasi mengenai apa saja kendala mobil matic yang sangat perlu untuk Anda ketahui dan waspadai. Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Matic

Tak hanya praktis dan mudah, ternyata ada berbagai kendala yang jadi permasalahan pada mobil matic. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Mobil Matic Rusak

Bahan Bakar Lebih Boros

Salah satu masalah yang seringkali tidak disadari oleh banyak orang terkait kendala mobil matic adalah soal konsumsi bahan bakarnya.

Pasalnya, mobil dengan transmisi otomatis tersebut jauh lebih boros dalam hal penggunaan bahan bakar.

Wajar saja karena sistem transmisi otomatis pada mobil matic lebih cenderung membutuhkan daya yang besar. Sehingga, berimbas pada besaran konsumsi BBM yang tentunya lebih besar daripada mobil manual.

Salah satu solusinya yakni dengan meminimalisir keborosan bahan bakar pada mobil matic tersebut. Yakni, dengan cara mengisi bahan bakar yang memiliki kadar oktan tinggi.

Karena, BBM dengan kadar oktan tinggi akan lebih membuat pembakarannya semakin sempurna. Dengan begitu, maka penggunaan bahan bakar untuk mobil matic seperti ini tentunya bisa ditekan.

Mobil Sering Bergetar

Di sisi lain, tak lupa juga bahwa kondisi yang sering dialami oleh banyak pemilik mobil matic yaitu mobil terasa bergetar.

Sebenarnya, getaran seperti ini wajar mengingat merupakan efek dari gerak mesin yang tentunya akan menimbulkan getaran di dalam kabin.

Akan tetapi, bila getaran terasa kuat dan sering terjadi maka itu bisa jadi merupakan salah satu indikasi kuat bila ada kendala atau masalah pada sistem transmisinya.

Hal ini biasanya dikarenakan kondisi kampas kopling yang sudah aus sehingga terjadi gesekan pada kampas kopling.

Bila tak segera ditangani, sangat berpotensi sekali kerusakannya merambah ke bagian atau komponen lain pada mobil matic.

So, bila sudah ada ciri-ciri tersebut ada baiknya untuk membawanya ke bengkel agar bisa diperiksa dan diperbaiki oleh ahli mekaniknya.

Muncul Hentakan saat Transmisi Beroperasi (Pindah Gigi)

Selain itu, kendala pada mobil matic yang bisa menjadi indikasi adanya kerusakan, tentunya dapat kita ketahui dari adanya hentakan saat proses perpindahan gigi.

Hentakan yang dimaksud adalah hentakan yang sering terjadi pada saat perpindahan gigi di awal sebagai indikasi adanya masalah cukup serius.

Dimana, umumnya kondisi seperti adanya hentakan seperti ini biasanya dipicu karena sistm elektronis pada mobil matic sedang dalam keadaan rusak.

Untuk soal ini, hindari untuk melakukan pengecekan secara mandiri. Karena, berkaitan erat dengan kebutuhan akan alat lengkap untuk memperbaikinya serta keahlidan dalam menganalisi kerusakan.

Ada baiknya Anda membawa mobil ke bengkel supaya diketahui penyebab dan solusi untuk mengatasinya.

Pertimbangan Memilih Mobil Matic

Posisi Gigi Sulit untuk Mundur

Bilamana kendala berupa kerusakan pada mobil matic kian parah, itu sudah pasti menunjukkan bahwa bisa saja pada bagian gigi mobil matic tidak bisa muncur.

Salah satu aspek atau faktor penyebab mobil matic tidak bisa mundur pada umumnya dipicu karena adanya kerusakan dalam sistem mekanis transmisi mobil tersebut.

Tak sampai soal itu saja, bahkan indikasi kerusakan pada bagian tuas gigi mundur juga menjadi penyebab lainnya kerusakan ini terjadi.

Hal ini sebenarnya wajar saja, khususnya bagi mobil matic yang sudah berusia lama dan memiliki intensitas penggunaan yang sangat tinggi.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengeceknya melalui bengkel resmi. Apa kendala utama yang memicu gigi mobil matic sulit untuk mundur.

Tuas Gigi Kesulitan Berpindah

Masalah lain yang juga seringkali dialami oleh mobil matic seperti ini pada umumnya jelas barang tentu dikarenakan sistem transmisi otomatis pada mobil mengalami kerusakan.

Pada umumnya, tak bisa dipungkiri pula bahwa cukup banyak pengemudi yang tidak menyadari kerusakan ini sebelum menaiki atau menggunakan sistem transmisi.

Kerusakan ini biasanya membuat posisi tuas gigi menjadi tersangkut bahkan tidak dapat berpindah sedikitpun dari posisi parking.

Hal tersebut sudah jelas wajib mendapat perhatian serius bagi para pemiliknya. Sebab, tuas gigi sulit dipindahkan bisa jadi salah satu faktor yang sangat berkaitan erat dengan performa transmisi pada mobil matic.

Jadi, bilamana Anda mengalami hal ini maka sangat disarankan sekali untuk membawanya segera ke bengkel resmi sebagai tindakan atau upaya dalam mencegah sekaligus meminimalisir maupun mengurangi potensi kerusakan pada sektor transmisi yang memang mudah mendapati masalah.

Jadi, jangan didiamkan saja dalam kurun waktu yang lama. Karena, bila didiamkan maka masalah seperti ini akan merambah ke sektor atau bagian komponen lain di dalam mobil matic.

Sering Tidak Kuat saat Melewati Tanjakan

Sebagaimana diketahui bahwa proses rancangan transmisi pada mobil matic sudah dikonsep sedemikian rupa sehingga mobil pun bisa menyesuaikan kondisi medan jalan yang dilalui.

Walaupun demikian adanya tampaknya hal tersebut bukan lah sesuatu yang serta merta membuat mobil matic “aman”.

Karena, terkadang beberapa kendala yang sering terjadi justru mobil matic seringkali mengalami masalah tidak kuat melewati tanjakan. Apalagi tanjakannya tinggi.

Hanya saja, kondisi seperti ini umumnya hanya terjadi pada beberapa mobil matic yang sudah berusia tua atau yang memiliki intensitas penggunaan yang tinggi.

Tentu saja, hal tersebut menjadi sebuah konsekwensi dari mobil matic itu sendiri yang harus mendapat perhatian dari si pemiliknya.

Kerusakan Pada Mobil Matic

Bila kita mengacu dari pandangan di atas maka jelas bahwa di samping memiliki segala kelebihan dan efisiensi yang tinggi dalam pengendarannya, tentu saja ada berbagai masalah yang mungkin terjadi dan tak disadari banyak orang.

Seperti beberapa kendala pada mobil bertransmisi otomatis tersebut yang tentu perlu mendapat perhatian serius. Paling tidak meminimalisirnya dengan jalan perawatan rutin sesuai prosedur dan kebutuhan.

Oke teman-teman, sampai di sini dulu ulasan dari Mas Sena mengenai kendala mobil matic yang sering terjadi. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa di lain kesempatan.

Bagan