Ketahui Ciri Oli Mobil Harus Diganti

Merawat mobil harus mengetahui kapan penggantian oli dilakukan. Berikut ciri oli mobil yang harus diganti.

Ciri Oli Mobil Harus Diganti – Dalam proses perawatan mobil, Anda tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya penggantian oli mesin.

Yapz, langkah seperti ini merupakan tahapan wajib yang perlu dilakukan secara rutin dan berkala.

Mengingat, penggantian oli mesin pada mobil akan memberikan dampak positif bagi performa mobil sekaligus menjaga keawetan mesin.

Namun, terkadang tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu dipahami saat penggantian oli mesin pada mobil.

Ciri Oli Mobil Harus Diganti

Salah satunya yakni terkait dengan ciri oli mobil harus diganti. Khususnya beberapa mobil yang sudah berusia tua.

Bukan tanpa alasan, selain berpatokan pada jarak tempuh tertentu, sudah jelas ada beberapa tanda yang mungkin saja tak harus menunggu waktu sampai menginjak pada jarak Km tertentu.

Nah, di sinilah Anda perlu memahami beberapa tanda yang mengisyaratkan bahwa oli mobil harus sesegera mungkin untuk diganti.

Untuk lebih jelas dan detailnya, berikut ini Mas Sena akan memaparkan beberapa tanda atau ciri oli mobil harus diganti. Yuk, kita simak bersama-sama ulasan lengkapnya.

Tanda Oli Mesin Mobil Harus Diganti

Ada beberapa indikasi yang memberikan suatu isyarat bahwa oli mesin mobil harus segera mendapatkan penggantian. Nah, apa saja tanda-tandanya? Simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini.

Oli Untuk Mobil

Lampu Indikator Dashboard Mulai Menyala

Pertama, tanda yang memberikan bahwa oli mesin pada mobil harus segera diganti bisa diketahui ada menyalanya instrumen dashboard berbentuk corong oli (dengan tetesan oli) berwarna kuning.

Jika indikator ini menyala maka itu menandakan bahwa ada kendala pada sistem oli mesin mobil itu sendiri.

Dimana, ada beberapa kemungkinan, bisa saja oli mulai habis, menurunnya tekanan oli, atau bisa jadi sudah melewati batas waktu penggantian oli mesin.

Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda sesegera mungkin untuk melakukan penggatian oli mesin pada mobil sebelum terlambat.

Suara Mesin Mobil Kasar saat Mobil Dihidupkan.

Ciri oli mobil harus diganti berikutnya bisa diketahui dari bagaimana suara yang muncul dari mesin mobil itu sendiri.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa oli mesin memiliki peran penting sebagai pelapis sekaligus melumasi dua komponen dalam sistem ruang pacu yang saling bergesekan satu sama lain.

Yang mana, adanya oli yang melapisi di antara dua komponen tersebut sudah pasti akan mencegah gesekan langsung di antara dua komponen mesin. Sehingga, suara gesekan mesin pun bisa diredam saat mesin mobil dihidupkan.

Akan tetapi, hanya saja seiring berjalannya waktu, sudah barang tentu kualitas oli mesin mobil akan mengalami penurunan. Khususnya kandungan dari oli itu sendiri.

Yang dalam soal ini, kandungan sintesis oli mesin mobil akan kian terkontaminasi dari dampak adanya panas yang terjadi di dalam ruang pembakaran.

Bila sudah demikian terjadi maka indikasinya akan membuat gesekan suara antar komponen dalam sistem permesinan menjadi terdengar sangat berisik mengingat fungsi oli yang menjadi layer di antara keduanya mengalami degradasi.

Nah, tandanya jelas, suara mesin mobil pun bakal terdengar begitu kasar saat mesin dihidupkan. Bahkan, biasanya juga dibarengi dengan adanya getaran yang cukup kuat saat mesin dihidupkan.

Bila sudah demikian adanya maka itu menandakan oli mobil harus segera diganti dengan yang baru. Jangan menunggu waktu lama jika sudah terjadi suara mesin yang kasar karena bila dibiarkan justru akan memicu berbagai masalah baru pada sistem rangkaian permesinan.

Warna Oli Berubah Hitam Pekat

Biasanya, kondisi oli yang sudah menurun kualitasnya ditandari dari bagaimana warna daripada oli itu sendiri.

Jika memang sudah waktunya diganti maka oli akan menunjukkan warna hitam pekat yang awalnya berwarna coklat kekuningan.

Perubahan warna cairan pelumas oli mesin ini tak lepas dari adanya proses pembakaran pada mesin yang memicu peningkatan suhu. Sehingga, membuat kandungan oli pun terkena radiasi dari panas suhu.

Selain itu, dikarenakan intensitas penggunaan mobil yang tinggi maka hal itu juga bisa menjadi penyebab warna oli berubah hitam pekat.

Oleh sebab alasan itu, sebaiknya Anda rutin melakukan pengecekan oli mesin mobil dengan melihat warnanya.

Bila sudah berubah warna menjadi gelap pekat maka segera ganti oli dengan yang baru meskipun belum mencapai batas km yang ditetapkan.

Langkah ini tentu menjadi tindakan preventif untuk meminimalisir masalah atau kendala yang mungkin saja terjadi pada sistem rangkaian mesin, khususnya di sistem ruang pembakaran mesin itu sendiri.

Oli Mobil Harus Diganti

Mobil Keluar Asap Putih

Di sisi lain, tanda yang memberikan indikasi bahwa masa penggantian oli sudah sampai, bisa dilihat atau diketahui dari warna asap yang keluar dari knalpot mobil.

Pada mobil normal biasanya asap yang keluar akan transparan. Akan tetap, bila asap sudah mulai menunjukkan warna, misalnya putih atau hitam maka itu menunjukkan bahwa ada penguapan oli mesin yang ikut terbakar di saat proses pembakaran sedang terjadi.

Penguapan oli mesin ini terjadi karena kualitas daripada oli mobil itu yang sudah menurun sehingga memicu kondisi dimana mengeluarkan asap berwarna putih.

Bahkan, bila sudah parah benar maka warna asap akan berubah menjadi hitam. Maka oleh sebab itu, jika sudah ada keluar asap putih, segeralah untuk mengganti oli mesin mobil Anda tanpa perlu menunggu waktu lama.

Mesin Terasa Berat

Sebagaimana diketahui bahwa peran oli sendiri sangat penting di dalam proses dapur pacu mobil.

Dimana, cairan oli sangat diperlukan untuk melumasi setiap sela-sela dalam komponen dengan sifat licin. Sehingga, gerak antara komponen pun menjadi jauh lebih ringan.

Hal ini akan membuat mesin pada mobil menjadi terasa ringan ketika dikendarai di berbagai medan.

Berbeda jika kualitas oli sudah menurun. Meski kapasitas oli masih berada di batas normal namun hal itu tak mampu menjadi patokan lagi.

Karena, seiring menurunnya kualitas maka gesekan antar komponen menjadi lebih kasar mengingat pelumas atau oli di sini tak mampu bekerja secara sempurna sebagaimana mestinya.

Jika sudah demikian terjadi, umumnya mesin pada mobil akan terasa sangat berat dan kurang responsif. Dengan begitu maka Anda diwajibkan untuk sesegera mungkin mengganti oli mesin dengan oli yang baru.

Ganti Oli Mesin Mobil

Bila kita berkaca dari beberapa tanda oli mesin pada mobil yang sudah menurun kualitas di atas, agaknya Anda sudah jauh lebih memahami gejala-gejala tertentu sebagai indikasi bahwa kualitas oli mesin mobil mengalami penurunan.

Namun, dari beberapa tanda di atas, satu indikasi yang paling kuat adalah dari lampu indikator mobil itu sendiri. Dimana, indikator oli mesin yang menyala, tentu itu merupakan indikasi kuat bahwa oli sudah wajib diganti.

Kemudian, ciri lain yang perlu diperhatikan juga bisa diketahui dari warna oli yang hitam pekat dan tarikan gas yang sudah mulai terasa berat.

Nah, itulah tadi beberapa faktor yang menjadi ciri oli mobil harus diganti. Semoga rangkaian ulasan di atas bisa memberikan manfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai jumpa.

Bagan