Ketahui Tanda Kampas Ganda Motor Matic Aus

Jangan hiraukan begitu saja. Anda harus memahami gejala atau tanda kampas ganda motor matic yang sudah mulai aus.

Kampas Ganda Motor Matic – Berbicara soal motor matic, tentu saja kendaraan ini menjadi alat transportasi yang saat ini difavoritkan oleh banyak orang.

Bukan tanpa alasan. Mengingat dengan fleksbilitas dan efisiensinya yang tinggi, membuat motor bertransmisi otomatis (CVT) tersebut jadi kendaraan yang kini banyak dikembangkan pula oleh produsen.

Di samping kelebihannya yang lebih praktis tersebut, sudah jelas tak bisa dilepaskan juga dari proses perawatan rutin. Mengingat, potensi kerusakan tetap ada meskipun kecanggihannya ditingkatkan.

Salah satu sektor yang seringkali diabaikan adalah pada sektor kampas ganda motor matic itu sendiri yang memang berperan penting dalam performa.

Tanda Kampas Ganda Motor Matic Aus

Jika sektor ini tidak mendapat perhatian sama sekali maka jangan heran bila tiba-tiba motor mengalami masalah. Meskipun sudah melakukan service dan penggantian oli secara rutin.

Mengingat, secara perannya sendiri, kampas ganda motor matic di sini merupakan bagian dari rangkaian CVT dengan tugasnya sebagai penekan sekaligus menahan mangkuk kopling. Sehingga, tenaga yang ditransfer dari mesin bisa disalurkan ke bagian roda belakang motor matic.

Nah, berikut ini ada beberapa gejala atau tanda kampas ganda motor matic aus yang perlu untuk Anda waspadai.

Gejala Kampas Ganda Motor Matic Aus

Ada beberapa ciri yang cukup jelas dan bisa Anda jadikan indikasi bahwa kampas ganda motor matic Anda sudah waktunya diganti. Berikut beberapa gejalanya yang harus dipahami.

Kampas Kopling Motor Matic

Tarikan Terasa Lemah dan Berat

Biasanya, kondisi kampas ganda motor matic yang sudah mulai menipis, motor akan terasa berat membawa beban. Ini merujuk pada penurunan daripada performa motor itu sendiri.

Khususnya dalam hal ini adalah soal akselerasi atau tarikan motor yang sangat lambat dan lemah sekali.

Secara teknis, jika kondisi kampas ganda motor matic masih normal maka kecepatan 120Km/jam bisa dicapai dalam waktu 10 detik saja.

Berbeda jika kampas yang sudah menipis atau aus, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai rpm tersebut justru lebih lama. Misalnya lebih lambat 5 detik menjadi 15 detik yang awalnya hanya butuh waktu 10 detik saja.

Bila hal ini terjadi maka sebaiknya Anda segera mengganti kampas ganda untuk mengembalikan performanya.

Sering Mengalami Kopling Terselip

Di satu sisi, kampas ganda pada motor matic yang mengalami masalah, juga bisa diketahui dari tanda pada kopling yang sudah mulai terselip.

Hal itu wajar saja mengingat jika kampas sudah menipis atau aus maka kopling akan mudah terselip. Khususnya saat motor digeber tinggi atau menaiki tanjakan yang curam.

Hanya saja, dalam beberapa kondisi, masalah seperti ini juga bisa saja terjadi akibat dari oli mesin yang sudah tak layak pakai.

Meski demikian namun kondisi kopling yang selip secara umum lebih cenderung kepada soal kampas kopling yang mulai menipis seiring berjalannya waktu.

Maka dari itu, bilamana kondisi ini terjadi pada skutik Anda, sangat disarankan untuk dicek kembali. Apakah masalah tersebut disebabkan oleh oli mesin yang sudah usang atau benar-benar dikarenakan kampas ganda.

Kick Starter Loss

Saat Anda akan memanasi motor matic, tentu akan lebih baik menggunakan kick starter ketimbang elektrik starter. Hal ini tentu menjadi cara untuk menjaga performa kelistrikan, terutama aki.

Namun, perlu sekali untuk Anda ketahui bahwa ternyata jikalau Anda menginjak kick starter namun terasa loss maka sangat berpotensi sekali bahwa itu merupakan gejala jika kampas ganda sudah mulai aus.

Apalagi, bila kondisi ini terjadi berkali-kali saat Anda menggunakan kick starter. Sehingga, jangan menunggu waktu lagi jika sudah terjadi demikian. Segeralah untuk cek ke bengkel dan perbaiki komponen yang bermasalah tersebut.

RPM Tiba-Tiba Semakin Tinggi (Ngeden)

Gejala bahwa kampas ganda pada motor matic sudah mulai menipis biasanya juga diandai dengan putaran mesin yang semakin tinggi.

Sangat perlu untuk Anda ketahui dan pahami bahwa kondisi putaran mesin yang semakin tinggi tersebut tak secara otomatis begitu saja. Melainkan, lebih disebabkan oleh akselerasi yang melemah serta kondisi kampas kopling yang mulai licin.

Misalnya, untuk kecepatan 50 Km/jam, normalnya membutuhkan putaran 5000 rpm. Namun, dikarenakan kampas koling sudah menipis maka putaran mesin membutuhkan waktu lebih lama, misalnya hingga 8000 rpm.

Maka dari itu, jika Anda merasa bahwa rpm atau putaran mesin terasa sangat tinggi maka itu pertanda jika kampas kopling mulai mengalami masalah atau kendala.

Yang sudah barang tentu solusinya adalah melakukan penggantian dengan kampas ganda atau kampas kopling baru original.

Mengatasi Kampas Ganda Motor

Tenaga Mesin Berkurang/Terbebani

Tak hanya itu saja, ciri kampas ganda motor matic mulai bermasalah juga bisa Anda ketahui dari bagaimana tenaga mesin pada motor yang perlahan mengalami penurunan.

Biasanya, tenaga yang menurun seperti ini terasa saat hendak menaiki jalan yang naik turun, seperti di area pegunungan atau kawasan perbukitan.

Memang, tak serta merta masalah seperti ini disebabkan karena adanya masalah pada kmapas ganda. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa kampas ganda adalah sektor yang berpengaruh pada tenaga mesin itu sendiri.

So, akan jauh lebih baik bilamana Anda melakukan pengecekan secara lebih mendalam dan detail terkait dengan kondisi daripada kampas ganda.

Bila memang dirasa masih normal maka kemungkinan masalah disebabkan karena faktor lain. Akan tetapi, bila dipastikan bahwa kondisi kampas ganda sudah tampak aus dan tipis, tentu Anda wajib menggantinya dengan yang baru.

Gas Terasa Brebet

Kemudian, terkadang juga bahwa kondisi dimana kampas kopling bermasalah juga bisa diketahui dari nada atau gas yang terasa brebet. Apalagi, pada saat gas digeber.

Bahkan, gas motor terasa seperti tidak sesuai dengan tarikan tuas gas. Artinya, tidak ada sinkronisasi antara tuas dengan putaran mesin.

Tak sampai di situ saja, bahkan tak menutup kemungkinan kondisi kampas ganda yang bermasalah ini juga bisa memicu kendala pada sektor ruang pembakaran yang kurang sempurna.

Kondisi ini menjadi sebuah indikasi kuat bahwa kampas ganda motor matic sudah waktunya mendapatkan penggantian yang lebih baru. Jadi, sebaiknya jangan tunggu sampai benar-benar aus.

Mengingat, sangat riskan atau beresiko sekali jika kerusakan atau kampas ganda pada motor matic ini mengalami kendala akan bisa berpengaruh pada penurunan performa di komponen lain.

Kampas Ganda Motor Matic

Setelah kita mengetahui berbagai gejala atau ciri dari kondisi kampas ganda motor matic yang bermasalah di atas, tentu Anda lebih bisa mcncermati apa saja ciri utama yang menyebabkan kampas ganda pada motor matic mengalami masalah.

Hanya saja, dari beberapa gejala tersebut, satu masalah paling utama yang tentunya perlu diperhatikan adalah gejala tenaga mesin yang melemah dan rpm menurun.

Karena, kondisi tersebut selain menandakan melemahnya kampas ganda, tentu menjadi indikasi jika ada permasalahan dari sektor lain.

Oke kawan. Demikian ulasan mengenai tanda kampas motor matic aus yang perlu untuk Anda pahami dan kenali secara mendalam. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa lagi.

Bagan