Keuntungan Ban Tubeless untuk Motor

Kelebihan penggunaan ban tubeless untuk sepeda motor

Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless – Penggunaan ban tubeless sudah barang tentu kini menjadi hal yang lumrah digunakan oleh sebagian besar kendaraan, termasuk sepeda motor.

Tentu saja, hal itu tak bisa dilepaskan dari beberapa kelebihan atau keuntungan ban tubeless untuk sepeda motor yang dinilai lebih berkualitas dibandingkan ban biasa.

Maka dari itu, di pasaran saat ini banyak para pemilik kendaraan bermotor yang beralih dari ban biasa ke ban tubeless. Sehingga, tak heran bilamana model ban ini sangat laris di pasaran dengan berbagai merk dan kualitas.

Keuntungan Ban Tubeless

Di sisi lain, pada umumnya ban tubeless dan pelek juga haruslah satu paket alias bertipe tubeless juga, ada satu pelindung dan seal antara pelek dan ban untuk mencegah angin dari dalam ban untuk keluar.

Tak hanya itu saja, banyak sekali keunggulan menggunakan ban tubeless ini. Dimana, beberapa kelebihannya sangat mencolok bila disandingkan dengan penggunaan ban biasa.

Lantas, apa sih keuntungan ban tubeless untuk motor itu?

Berkaitan dengan hal tersebut, perlu disampaikan bahwa ada beberapa keuntungan ban tubeless jika digunakan sebagai ban pada kendaraan bermotor. Kali ini, Mas Sena akan membahas beberapa kelebihannya sebagai keuntungan bagi Anda yang menggunakan ban ini.

Keuntungan Ban Tubeless

Dari sekian banyak ban, tentu saja tipe ban tubeless adalah model ban yang direkomendasikan. Di antaranya karena dari faktor kelebihan dan keuntungan ban tubeless itu sendiri yang akan Anda dapatkan jika diterapkan pada sepeda motor Anda.

Kelebihan Ban Tubeless

Tidak Langsung Kempes ketika Bocor

Keuntungan ban tubeless pada motor adalah ketika ban tersebut mengalami kebocoran maka ban tidak akan langsung kempes pada saat itu juga sebagaimana yang terjadi pada ban biasa.

Bukan tanpa alasan mengingat secara mekansime kinerjanya, angin yang berada di dalam ban tubeless tersebut nantinya akan mampu bertahan untuk waktu yang terbilang sangat lama.

Dengan demikian maka ketika terjadi kebocoran pada ban tubeless, tentu saja Anda masih memiliki waktu untuk mencari tukang tambal ban.

Hal ini sangat berbeda sekali dengan ban konvensional yang mana jika bocor maka seketika angin akan keluar semua.

Ini tentu menjadi kelebihan sekaligus kelebihan dari penggunaan ban tubeless pada motor Anda.

Lebih Mudah Ditambal saat Bocor

Di samping itu, keuntungan ban tubeless jika digunakan pada sepeda motor, tentunya juga ban ini akan lebih mudah ketika ditambal.

Bukan tanpa sebab, mengingat untuk proses penambalan ban sendiri, secara proses juga sangat mudah dan tidak sulit. Sebab, saat akan ditambal, tak perlu mengeluarkan ban dalam dan menambalnya seperti saat menambal ban biasa.

Bahkan, untuk waktu penambalan ban tubeless pun terbilang singkat. Yakni, sekitar 5 – 10 menit saja sehingga tidak banyak memakan waktu.

Hal tersebut membuat ban tubeless menjadi tipe ban yang banyak diminati oleh para pemilik kendaraan bermotor.

Tidak Mudah Bocor

Ban tubeless juga dikenal sebagai ban yang tidak mudah mengalami kebocoran angin. Hal ini sudah barang tentu menjadi kelebihan atau keuntungan menggunakan ban tubeless.

Karena, dalam sistem kinerjanya, di dalam ban tubeless tersebut ada cairan anti bocor yang mana memang menjadi sebuah cairan guna membuat ban ini memiliki kemampuan menambal dengan sendirinya.

Maksudnya, cairan pada ban tubeless tersebut pada umumnya akan dimasukkan bersamaan ketika pemasangan ban untuk pertama kalinya. Sehingga dengan adanya cairan ini, ban tidak akan mudah bocor.

Fungsi cairan ini secara mekanis tentu saja sebagai penutup permukaan ban yang mengalami kebocoran karena benda tajam.

So, dari kelebihan ini, ban tubeless sangat menjadi tipe ban yang direkomendasikan meskipun harganya jauh lebih mahal ketimbang ban biasa.

Perawatan Ban Tubeless

Punya Kemampuan untuk Menunjang Kestabilan

Lalu, dalam soal lain perlu diketahui bahwa keuntungan ban tubeless sendiri juga bisa dilirik dari kemampuannya akan penjagaan kestabilan.

Bukan tanpa sebab, karena ban tubeless sendiri pada umumnya dirancang dengan permukaan ban yang lebih keras dan tebal sehingga bisa digunakan untuk manuver di kecepatan yang cukup tinggi.

Sedangkan di lain sisi, untuk ban biasa tidak akan sanggup melakukan hal seperti ini. Sehingga, menjadi nilai plus tersendiri di mata konsumen.

Anti Selip

Tak hanya itu saja, jalan yang basah karena air hujan biasanya akan membuat ban mudah terselip, apalagi ketika dikendarai dalam mode kecepatan tinggi.

Namun, dengan ban tubeless ini, kenyamanan berkendara di jalan yang basah karena air hujan lebih berpotensi aman.

Hal itu sebabkan karena ban tubeless memiliki motif yang mana memang dirancang lebih dalam dibandingkan dengan ban biasa.

Yang mana dalam hal ini, motif pada ban tubeless sendiri dibuat bukan hanya untuk keindahan tapi juga memiliki fungsi untuk menjaga ban agar dapat melaju dengan stabil.

Tak sampai di situ, struktur motif pada ban tubeless pun memang dirancang guna memudahkan pengeluaran air. Dengan demikian maka ban pun akan memiliki kemampuan cengkeraman pada medan jalan yang lebih kuat.

Perawatan Jauh Lebih Mudah

Kemudian, dalam soal perawatan pun juga jauh dirasa lebih simple dan mudah. Ini adalah salah satu keuntungan ban tubeless.

Mengingat, perawatan kebersihan pada ban tubeless hanya terfokus pada kebersihan ban dan plak kotoran yang menempel di area sekat antara velg dan ban dengan memastikan bahwa tidak ada kotoran yang masuk ke dalam ban melalui celah tersebut.

Dari sini saja, banyak sekali kelebihan dan keuntungan yang bisa diperoleh dengan penggunaan ban tubeless.

Ban Tubeless Memiliki Sistem Tekanan Ban yang Baik

Keuntungan ban tubeless jika digunakan pada sepeda motor tentu saja juga tak lepas dari sistem tekanan ban yang dimilikinya.

Bukan tanpa alasan karena ban tubeless didesain sedemikian rupa dengan motif dan konsep yang memang untuk meminimalisir berkurangnya tekanan pada ban.

Tak sampai di situ saja, bahkan tekanan ban pada ban tubeless juga dinilai mampu memenuhi setiap sisi permukaan dalam sehingga kestabilan dalam berkendara pun menjadi jauh lebih maksimal.

Menariknya, menurut beberapa pengalaman, tekanan ban bisa bertahan di tekanan yang sama dalam waktu hingga 3 bulanan. Ini adalah keuntungan tersendiri yang membuatnya banyak digemari oleh pengguna sepeda motor karena dinilai jauh lebih ekonomis dibanding ban biasa meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Keunggulan Ban Tubeless Untuk Motor

Bila melihat beberapa kelebihan ban tubeless di atas, sudah jelas sekali banyak keuntungan ban tubeless yang bisa dijadikan pilihan terbaik untuk jangka panjang.

Hal tersebut tentu saja tak lepas dari daya tahannya yang terbilang cukup lama. Apalagi, kualitasnya yang sangat cocok di beberapa medan jalan, sudah barang tentu akan menjadikan model ban tubeless ini kian diminati para pengguna sepeda motor.

Bagaimana kawan? Sudahkah mempertimbangkan penggunaan ban tubeless?

Demikian tadi ulasan dari Mas Sena mengenai keuntungan ban tubeless yang bisa dijadikan pertimbangan bagi teman-teman sekalian. Sekian dan semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Bagan