Mau Beli Mobil Matic Bekas? Kenali Dulu Ciri Mobil Matic Masih Bagus

Sebelum membeli mobil second, tentu Anda sebaiknya memahami ciri mobil matic yang masih bagus untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan ke depannya

Ciri Mobil Matic Bekas Masih Bagus – Punya keinginan beli mobil matic bekas? Tapi, takut kalau kena tipu-tipu penjualnya?

Jangan khwatir kawan. Sebagai seorang konsumen yang ingin membeli mobil second, tentu harus bijak dalam memilih dan menentukan mobil apa yang hendak dibeli.

Salah satu di antaranya yakni dengan memahami gejala atau ciri daripada mobil matic bekas yang masih bagus dan berpotensi minim kerusakan.

Kenapa demikian? Tentu, dengan memahami ciri-cirinya, Anda tak akan mudah kena tipu oknum penjual yang nakal.

Di sisi lain, dengan mengenali apa saja ciri mobil second yang masih bagus, sudah barang tentu secara tak langsung Anda mampu memilih aset kendaraan yang berguna di masa depan.

Ciri Obil Matic Masih Bagus

Yakni, kendaraan berupa mobil yang masih berkualitas meski dalam kondisi bekas. Di sinilah letak daripada memahami apa saja gejala umum yang biasa ditimbulkan oleh mobil matic bekas.

Lalu, apa saja sih ciri-cirinya itu? Semakin penasaran bukan?

Nah, melalui artikel kali ini, Mas Sena akan memberikan penjelasan terkait dengan ciri apa saja yang menjadi gejala atau ciri mobil matic masih bagus agar Anda tidak mudah tertipu.

Ciri Mobil Matic Masih Bagus

Ada beberapa tanda yang bisa Anda jadikan patokan untuk menganalisa kondisi mobil matic second apakah masih bagus atau tidak. Berikut ciri-cirinya.

Tanda Mobil Matic Masih Bagus

Tidak Ada Bekas Kebocoran di Celah Blok Transmisi

Ciri pertama yang jadi tanda bahwa mobil matic masih dalam kondisi normal dan bagus, bisa Anda lihat dan pastikan di bagian celah blok transmisi.

Dimana, tidak adanya kebocoran oli seperti adanya belepotan cairan oli di area tersebut, menandakan bahwa oli pada mobil tidak mengalami perembesan.

Dalam soal ini, tentunya Anda bisa mengeceknya pada unit transmisi di bodi mobil, apakah ada yang belepotan atau tidak.

Bila saat melakukan pengecekan Anda menemui adanya bekas-bekas kebocoran dari celah blok transmisi, lebih baik mundur, atau harus siap dengan segala konsekuensinya

Ciri seperti ini harus Anda cermati dengan benar dan teliti agar ke depannya Anda tak perlu banyak mengeluarkan biaya perbaikan jika sewaktu-waktu sektor olinya bermasalah.

Warna Oli Tidak Hitam Pekat

Perlu untuk digarisbawahi, sektor oli memang memegang peranan yang sangat penting mengingat sangat banyak berpengaruh pada kondisi mobil, terutama pada sektor permesinannya.

Mengenai soal oli, tentu saja mobil matic bekas yang masih bagus olinya selalu memiliki warna gelap sedikit merah segar.

Dimana, itu menunjukkan bahwa kondisi oli masih dalam keadaan yang normal atau paling tidak sering diganti rutin oleh pemilik lama.

Akan tetapi, bilamana dalam hal ini Anda mendapati bahwa warna oli sudah menghitam meski pemakaiannya berlum lama, maka patut dicurigai adanya kerusakan mesin. Pasalnya, warna oli yang baik dan masih berkualitas, biasanya memiliki warna merah segar.

Dengan melihat dari kondisi oli, sebenarnya Anda bisa mengenali track record dari pengguna mobil tersebut. Bagaimana perawatannya, apakah rutin diservice, dan adakah kerusakan parah di sektor permesinannya.

Maka dari itu, untuk memastikan segala hal yang mencakup banyak aspek pada mobil, Anda bisa melihat kondisi oli mobil secara detail. Mengingat, segala informasi terkait aktivitas mobil akan bisa dilihat dari kondisi oli mobil itu sendiri.

So, jangan remehkan hal ini karena sangat diperlukan untuk memastikan bahwa kondisi mobil matic bekas yang hendak dibeli masih dalam keadaan yang normal.

Tidak Muncul Suara atau Bunyi Selain Suara Mesin

Tanda lain yang bisa dijadikan Anda patokan tentu bisa dideteksi dari bagaimana kondisi mesinnya. Dimana, Anda harus fokus dan teliti apakah ada suara getaran atau klitik-klitik tidak.

Bila tidak ada maka itu tandanya tidak ada banyak masalah pada mobil matic tersebut yang menandakan bahwa sering diservice secara rutin.

Akan tetapi, bila Anda mendapati ada suara atau bunyi pada area tertentu saat mobil digas, itu merupakan sebuah ciri jika ada masalah cukup serius yang ada pada mobil tersebut.

Untuk itu, sangat Mas Sena sarankan untuk mundur saja karena sangat berpotensi adanya kerusakan lebih parah yang tentu nantinya jika terbeli oleh Anda akan banyak menguras tenaga, waktu dan tentunya biaya.

Ciri Mobil Matic Bekas Yang Masih Bagus

Permukaan Bodi Masih Mulus

Sementara itu di aspek lain, Anda juga perlu untuk mengenali sektor eksterior pada mobil matic yang hendak akan Anda beli.

Tidak bisa dipungkiri bahwa permukaan cat bodi pada mobil bisa menjadi indikator terkait dengan terawat atau tidaknya mobil tersebut.

Anda harus memastikan bahwa cat mobil masih dalam kondisi mulus, rata (tidak ada lekukan), dan memiliki warna yang masih cerah (tidak luntur).

Pengecekan seperti ini tentunya dimaksudkan agar Anda bisa memastikan bahwa mobil tidak pernah mengalami benturan.

Bukan tanpa alasan, jika ada permukaan bodi yang tidak rata seperti bekas dempulan, itu pertanda bahwa mobil tersebut pernah mengalami benturan atau bahkan kecelakaan.

Akan tetapi, jika permukaan mobil saat Anda sentuh masih mulus sesuai dengan lekukan eksteriornya maka dipastikan aman-aman saja. Dengan kata lain tidak ada potensi benturan keras yang pernah terjadi pada mobil tersebut.

Jadi, tak salah bila Anda terus mengecek bagian eksterior ini sampai benar-benar yakin bahwa tidak ada cacat yang berarti pada sisi permukaan bodi mobil yang hendak Anda beli.

Tentu saja, hal itu sebagai indikasi bahwa tidak ada masalah atau dengan kata lain kondisi mobil matic tersebut masih bagus.

Rangka Presisi dan Tidak Bekas Bengkokan

Menelusuri setiap aspek pada mobil matic bekas yang hendak Anda beli adalah hal yang wajib untuk mengetahui bahwa kondisi mobil matic second tersebut masih dalam keadaan bagus.

Salah satunya dari rangka bodi mobil itu sendiri yang memang dalam hal ini menjadi aspek sangat vital mengingat perannya sebagai penopang beban.

Biasanya, rangka pada mobil matic yang masih bagus masih dalam keadaan yang presisi. Tidak ada bekas bengkokan sama sekali.

Bahkan, bila dicek lebih mendalam, mobil masih nyaman ketika membawa penumpang atau beban berat.

Hal ini perlu mendapat perhatian lebih dari Anda dalam menjamin sekaligus memastikan bahwa mobil matic tersebut masih dalam kondisi yang normal/baik-baik saja.

Mobil Matic Masih Bagus

Bagaimana teman-teman? Sudah jelas bukan penjelasan mengenai tanda mobil matic second yang masih bagus di atas?

Tentu saja, beberapa tanda atau ciri yang telah Mas Sena sebutkan di atas bisa Anda jadikan patokan saat akan membeli atau sekedar survey terlebih dahulu mobil matic.

Artinya, beberapa tanda di atas harus Anda cek secara mendalam untuk memastikan bahwa kondisi mobil matic tersebut masih dalam keadaan yang waras.

Nah, demikian ulasan mengenai tanda atau ciri mobil matic masih bagus yang harus Anda pahami secara mendalam. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan